KATA OMED

Daftar 10 Kota Terbesar di Sulawesi

Kota Terbesar di Sulawesi saat ini masih dipegang oleh kota-kota dengan kawasan ekonomi dan pusat pemerintahan Provinsi. Umumnya, Kota Terbesar di Sulawesi ini masih dihubi oleh mereka yang mempunyai pelabuhan besar atau kawasan pesisir pantai yang mempengaruhi pendistribusian barang dan jasa ke kotanya.

Sekilas Tentang Pulau Sulawesi

Menurut catatan Wikipedia, Pulau Sulawesi atau yang dahulu dikenal sebagai Celebes adalah salah satu pulau besar yang ada di Indonesia. Pulau Sulawesi merupakan salah satu dari empat Kepulauan Sunda Besar dan merupakan pulau terbesar kesebelas di dunia. Suku Bugis-Makassar adalah suku yang lebih dominan di Pulau Sulawesi ini. Di mana suku ini dapat ditemui di mana-mana di Pulau Sulawesi.

Peta Pulau Sulawesi

Peta Pulau Sulawesi – foto wikipedia

Pulau Sulawesi terletak di sebelah timur Kalimantan, sebelah barat Kepulauan Maluku, dan sebelah selatan Mindanao dan Kepulauan Sulu, Filipina. Di Indonesia, hanya Pulau Sumatra, Kalimantan, dan Papua yang lebih besar luas wilayahnya serta hanya Pulau Jawa dan Sumatra yang memiliki populasi lebih banyak dari Sulawesi.

Sulawesi adalah pulau terbesar kesebelas di dunia dan meliputi area seluas 174.600 km2. Pemerintahan di Sulawesi dibagi menjadi enam provinsi berdasarkan urutan pembentukannya yaitu provinsi Sulawesi Selatan, Sulawesi Utara, Sulawesi Tengah, Sulawesi Tenggara, Gorontalo, dan Sulawesi Barat.

Sulawesi Tengah merupakan provinsi terbesar dengan luas wilayah daratan 68,033 kilometer persegi dan luas laut mencapai 189,480 kilometer persegi yang mencakup semenanjung bagian timur dan sebagian semenanjung bagian utara serta Kepulauan Togean di Teluk Tomini dan pulau-pulau di Banggai Kepulauan di Teluk Tolo.

Pelabuhan Makassar

Pelabuhan Makassar – foto @pelindo_4

10 Kota Terbesar di Sulawesi

Berikut  ini adalah daftar 10 kota besar di Sulawesi berdasarkan jumlah populasi tahun 2012-2018 lalu.

1.  Makassar, Sulawesi Selatan 1.769.920 Jiwa (2018)
2.  Manado, Sulawesi Utara 469.910 Jiwa (2018)
3 . Kendari, Sulawesi Tenggara 359,371 Jiwa (2017)
4 . Palu, Sulawesi Tengah 342,754 Jiwa (2015)
5.  Gorontalo, Gorontalo 210.882 Jiwa (2018)
6 . Bitung, Sulawesi Utara 269.396 Jiwa (2015)
7 . Palopo, Sulawesi Selatan 168.830 Jiwa (2015)
8 . Baubau, Sulawesi Tenggara 167.519 Jiwa (2018)
9.  Parepare, Sulawesi Selatan 132.048 Jiwa(2012)
10.  Kotamobagu, Sulawesi Utara 116.194 Jiwa (2015)

***

Berikut ini adalah daftar selengkapnya 10 Kota besar di Pulau Sulawesi beserta dengan jumlah penduduk dan asal provinsinya sekaligus ulasan singkatnya.

1. KOTA MAKASSAR

Di Urutan pertama Kota Terbesar di Sulawesi adalah Kota Makassar yang merupakan ibukota Provinsi Sulawesi Selatan sekaligus menjadi kota yang paling besar di Sulawesi dengan jumlah penduduk mencapai 1.398.804 berdasarkan data tahun 2015.

Dahulu kala, Kota Makassar secaraa resmi dikenal sebagai nama Kota Ujung Pandang. Makassar merupakan kota metropolitan terbesar di kawasan Indonesia Timur dan pada masa lalu pernah menjadi ibu kota Negara Indonesia Timur dan Provinsi Sulawesi.

Makassar terletak di pesisir barat daya Pulau Sulawesi dan berbatasan dengan Selat Makassar di sebelah barat, Kabupaten Kepulauan Pangkajene di sebelah utara, Kabupaten Maros di sebelah timur dan Kabupaten Gowa di sebelah selatan. Kota Makassar terdiri dari 15 kecamatan dan 153 kelurahan.

Kota Makassar

Kota Makassar di Sulawesi selatan – foto CIO.com

Menurut Bappenas, Makassar adalah salah satu dari empat pusat pertumbuhan utama di Indonesia, bersama dengan Medan, Jakarta, dan Surabaya. Dengan memiliki wilayah seluas 175,77 km² dan jumlah penduduk lebih dari 1,5 juta jiwa, kota ini berada di urutan kelima kota terbesar di Indonesia setelah Jakarta, Surabaya, Bandung dan Medan.

Secara demografis, kota ini tergolong tipe multi etnik atau multi kultur dengan beragam suku bangsa yang menetap di dalamnya, di antaranya yang signifikan jumlahnya adalah Suku Makassar, Bugis, Toraja, Mandar, Buton, Jawa, dan Tionghoa.

Jumlah Penduduk : 1.398.804 jiwa (2015)
Provinsi : Sulawesi Selatan.

2. KOTA MANADO

Kota Terbesar di Sulawesi selanjutnya atau berada di urutan kedua adalah Kota Manado. Manado adalah ibu kota dari provinsi Sulawesi Utara. Kota Manado memiliki 11 kecamatan serta 87 kelurahan dan desa, kota ini sering kali disebut sebagai Kota Menado.

Manado terletak di Teluk Manado, dan dikelilingi oleh daerah pegunungan. Kota ini memiliki 408.354 penduduk pada Sensus 2010, menjadikannya kota terbesar kedua di Sulawesi setelah Makassar. Jumlah penduduk di Manado diperkirakan (berdasarkan Januari 2014) adalah 430.790 jiwa [3] dan bertambah menjadi 433.635 jiwa ditahun 2019. Luas wilayah daratan adalah 15.726 hektare.

Kota Manado Sulawesi Utara

Kota Manado Sulawesi Utara – handysulandagie12.blogspot

Saat ini mayoritas penduduk kota Manado berasal dari suku Minahasa, karena wilayah Manado merupakan berada di tanah/daerah Minahasa. Sebagai kota terbesar di wilayah ini, Manado merupakan tempat pariwisata yang penting bagi pengunjung. Ekowisata merupakan atraksi terbesar Manado.

Selam Scuba dan snorkelling di pulau Bunaken juga merupakan atraksi populer. Tempat lain yang menarik adalah Danau Tondano, Gunung Lokon, Gunung Klabat dan Gunung Mahawu.

Jumlah Penduduk : 423.257 jiwa (2014)
Provinsi : Sulawesi Utara.

3. KOTA PALU

Kota Palu adalah Ibukota Provinsi Sulawesi Tengah, Indonesia.  Palu merupakan kota yang terletak di Sulawesi Tengah, berbatasan dengan Kabupaten Donggala di sebelah barat dan Utara, Kabupaten Sigi di sebelah selatan, dan Kabupaten Parigi Moutong di sebelah timur.

Sebagai salah satu Kota Terbesar di Sulawesi, Kota Palu merupakan kota lima dimensi yang terdiri atas lembah, lautan, sungai, pegunungan, dan teluk. Koordinatnya adalah 0,35 – 1,20 LU dan 120 – 122,90 BT. Kota Palu dilewati oleh garis Khatulistiwa. Penduduk Kota Palu berjumlah 342.754 jiwa (2012).

Kota Palu Sulawesi Tengah, salah satu Kota Terbesar di Sulawesi

Kota Palu Sulawesi Tengah, salah satu Kota Terbesar di Sulawesi – foto kailipost.com

Masyarakat Kota Palu sangat heterogen. Penduduk yang menetap di kota ini berasal dari berbagai suku bangsa seperti Bugis, Toraja, dan Mandar yang berasal dari Sulawesi Selatan dan Sulawesi Barat, Gorontalo, Manado, Jawa, Arab, Tionghoa, dan Kaili yang merupakan suku asli dan terbesar di Sulawesi Tengah.

Kota Palu saat ini juga menjadi salah kawasan ekonomi khusus (KEK) di Indonesia bagian timur. Berbagai persiapan untuk ditetapkan Kota Palu sebagai kawasan ekonomi khusus

Jumlah Penduduk : 367.342 jiwa (2015)
Provinsi : Sulawesi Tengah.

4. KOTA KENDARI

Salah satu Kota Terbesar di Sulawesi slanjutnya atau di posisi ke 4 adalah Kota Kendari. Kendari adalah ibu kota Provinsi Sulawesi Tenggara, Indonesia. Kendari diresmikan sebagai kotamadya (kini kota) dengan UU RI No. 6 Tahun 1995 tanggal 27 September 1995. Kota ini memiliki luas 296,00 km² (29.600 Ha) dan berpenduduk 359.371 jiwa (2017).

Kota Kendari Sulawesi Tenggara

Kota Kendari Sulawesi Tenggara – foto kendari.simda.online

Kota Kendari memiliki luas ± 295,89 km² atau 0,70 persen dari luas daratan Provinsi Sulawesi Tenggara, merupakan dataran yang berbukit dan dilewati oleh sungai-sungai yang bermuara ke Teluk Kendari sehingga teluk ini kaya akan hasil lautnya. Kota Kendari memiliki salah satu icon Masjid Apung terbesar di Indonesia yang berada tepat di teluk Kendari.

Jumlah Penduduk : 289.709 jiwa (2014)
Provinsi : Sulawesi Tenggara.

5. KOTA GORONTALO

Kota Gorontalo merupakan Ibu Kota Provinsi Gorontalo, Indonesia. Kota Gorontalo juga merupakan kota terbesar dan terpadat penduduknya di wilayah Teluk Tomini, sehingga menjadikan Kota Gorontalo sebagai pusat ekonomi dan jasa, perdagangan, pendidikan, hingga pusat penyebaran agama Islam di Kawasan Indonesia Timur.

Kota Gorontalo

Kota Gorontalo – foto zonautara.com

Dalam catatan sejarah “Hikayat Gorontalo”, Kota Gorontalo secara resmi terbentuk pada hari Kamis, 06 Syakban 1140 Hijriah (Kamis, 18 Maret 1728 M). Adapun pada tanggal 5 Desember tahun 2000, Kota Gorontalo secara resmi ditetapkan sebagai ibu kota Provinsi Gorontalo melalui UU Nomor 38 Tahun 2000.

Kota ini memiliki luas wilayah 79,03 km² (0,65% dari luas Provinsi Gorontalo) dan pada tahun 2018, Kota Gorontalo memiliki penduduk sebanyak 210.882 jiwa. Kota Gorontalo merupakan salah satu kota tua di Sulawesi selain Kota Makassar dan Manado, serta merupakan kota terbesar di kawasan Teluk Tomini.

Dalam catatan sejarah, Semenanjung Gorontalo secara umum dan Kota Gorontalo secara khusus merupakan salah satu pusat penyebaran agama Islam di Kawasan Indonesia Timur yaitu selain Ternate, dan Bone. Kini Kota Gorontalo semakin terus tumbuh dan berkembang menjadikanya sebagai salah satu Kota Terbesar di Sulawesi yang memiliki banyak peluang.

Jumlah Penduduk 210.882 jiwa (2018)
Provinsi : Gorontalo.

6. KOTA BITUNG

Kota Bitung adalah salah satu kota Besar di provinsi Sulawesi Utara. Kota ini memiliki perkembangan yang cepat karena terdapat pelabuhan laut yang mendorong percepatan pembangunan.

Kota Bitung terletak di timur laut Tanah Minahasa. Wilayah Kota Bitung terdiri dari wilayah daratan yang berada di kaki gunung Dua Saudara  dan sebuah pulau yang bernama Lembeh.

Kota Bitung Sulawesi Utara

Kota Bitung Sulawesi Utara – jalanjalanyuk.com

Banyak penduduk Kota Bitung yang berasal dari suku Sangir, sehingga kebudayaan yang ada di Bitung tidak terlepas dari kebudayaan yang ada di wilayah Nusa Utara tersebut.

Kota Bitung merupakan kota industri, khususnya industri perikanan. Sebagai salah satu Kota Terbesar di Sulawesi, Kota Bitung memiliki banyak sekali potensi pertumbuhan Ekonomi dan pendistribusian khsuusnya dikawasan Utara Sulawesi.

Jumlah Penduduk : 198.257 jiwa (2013)
Provinsi : Sulawesi Utara.

7. KOTA PALOPO

Kota Palopo adalah salah satu kota di provinsi Sulawesi Selatan, Indonesia. Kota Palopo sebelumnya berstatus kota administratif sejak 1986 dan merupakan bagian dari Kabupaten Luwu yang kemudian berubah menjadi kota pada tahun 2002 sesuai dengan Undang-Undang Nomor 11 Tahun 2002 tanggal 10 April 2002.

Pada awal berdirinya sebagai kota otonom, Palopo terdiri atas 4 kecamatan dan 20 kelurahan. Kemudian, pada tanggal 28 April 2005, berdasarkan Peraturan Daerah Kota Palopo Nomor 03 Tahun 2005, dilaksanakan pemekaran menjadi 9 kecamatan dan 48 kelurahan.

Kota Palopo Sulawesi Selatan

Kota Palopo Sulawesi Selatan – foto youtube Miswar Rasyid,

Kota ini memiliki luas wilayah 247,52 km²dan pada akhir tahun 2019 berpenduduk sebanyak 182.107 jiwa. Sebagian besar suku yang mendiami daerah ini meliputi Suku Bugis, Jawa, dan Konjo Pesisir dan sebagian kecil meliputi Suku Toraja, Minangkabau, Batak, dan Melayu. Kota Palopo juga masuk kedalam daftar Kota Terbesar di Sulawesi dan berada diurutan ke 7 sebagai kota besar Sulawesi.

Agama Islam adalah salah satu mayoritas agama yang dianut sebagian besar masyarakat Kota Palopo. Sedangkan Kristen, Katolik, Hindu, Buddha, dan Kong Hu Cu dianut oleh sebagian kecil masyarakat di Kota Palopo. Berikut jumlah penduduk menurut agama/kepercayaan.

Jumlah penduduk : 182.107 jiwa (2019)
Provinsi : Sulawesi Selatan.

8. KOTA BAUBAU

Kota Terbesar di Sulawesi selanjutnya adalah Kota Baubau. Kota Baubau adalah sebuah kota di Pulau Buton, Sulawesi Tenggara. Baubau memperoleh status kota pada tanggal 21 Juni 2001 berdasarkan UU No. 13 Tahun 2001. Luas kota ini 295,072 km² dengan jumlah penduduk 167.519 jiwa (2018).

Berdasarkan Perda No. 02 tahun 2010 tentang Penetapan Hari Jadi Kota Baubau dan Perubahan Penulisan Baubau, ditetapkan pada pasal 5 ayat 1 dan 2 bahwa nama penulisan nama Kota Bau-Bau menjadi Baubau, sesuai dengan Ejaan Yang Disempurnakan.

Pada Perda tersebut juga ditetapkan bahwa hari jadi Kota Baubau pada tanggal 17 Oktober 1541. Pemilihan tahun 1541 karena tahun tersebut merupakan tahun bersejarah di bumi seribu benteng ini.

Kota-Bau-Bau

Kota Baubau dipulau Buton – foto p4w.acb

Hal ini ditandai dengan terjadinya transformasi pemerintahan Kerajaan Buton menjadi Kesultanan Buton sebagai pembaharuan, yang ditandai dengan dilantiknya Lakilaponto sebagai Sultan Buton I dengan Gelar Sultan Murhum Kaimuddin Khalifatul Khamis.

Baubau menduduki peringkat ke-8 sebagai kota terbesar di Sulawesi berdasarkan jumlah populasi tahun 2010 atau urutan ke-2 untuk Provinsi Sulawesi Tenggara. Hasil registrasi penduduk pada akhir tahun 2006 berjumlah 122.339 jiwa. Dari jumlah tersebut, terdapat jumlah penduduk laki-laki sebanyak 57.027 jiwa (46,61%) dan perempuan 65.312 jiwa (53,39%).

Berdasarkan sensus penduduk tahun 2010 jumlah penduduk Kota Baubau sebanyak 137.118 jiwa, dengan kepadatan sebesar 1.113 per km², dan pertumbuhan sebesar 2,975% per tahun.

Jumlah Penduduk : 167.519 jiwa (2018)
Provinsi : Sulawesi Tenggara.

9. KOTA PAREPARE

Kota Parepare adalah sebuah Kota di provinsi Sulawesi Selatan, Indonesia. Kota ini memiliki luas wilayah 99,33 km² dan berpenduduk sebanyak 145.178 jiwa (2019). Salah satu tokoh terkenal yang lahir di kota ini adalah B. J. Habibie, presiden ke-3 Indonesia.

Kota Pare-pare juga masuk kedalam daftar 10 Kota Terbesar di Sulawesi dan Urutan ke 3 sebagai kota terbesar di provinsi Sulawesi Selatan setelah Makassar dan Palopo.

Kota Parepare

Kota Parepare – foto skypercity

Kota Parepare terletak di sebuah teluk yang menghadap ke Selat Makassar. Di bagian utara berbatasan dengan Kabupaten Pinrang, di sebelah timur berbatasan dengan Kabupaten Sidenreng Rappang dan di bagian selatan berbatasan dengan Kabupaten Barru. Meskipun terletak di tepi laut tetapi sebagian besar wilayahnya berbukit-bukit.

Jumlah penduduk : 145.178 jiwa (2019)
Provinsi : Sulawesi Selatan.

10. KOTA KOTAMOBAGU

Kota Kotamobagu adalah salah satu kota di provinsi Sulawesi Utara, Indonesia dan juga masuk kedalam 10 besar Kota Terbesar di Sulawesi. Untuk di provinsi Sulawesi Utara sendiri kota Kotamobagu menjadi kota terbesar ke-3 setelah Kota Manado dan Kota Bitung.

Kota ini dibentuk berdasarkan Undang-Undang Nomor 4 Tahun 2007 pada tanggal 2 Januari 2007. Jumlah penduduk dari hasil registrasi pada tahun 2012, yaitu sebesar 108.794 yang terdiri dari penduduk laki-laki 55.415 dan penduduk perempuan 53.379 jiwa. Dan pada Tahun 2015 Pertumbuhan kota Kotamobagu meningkat pesat menjadi 119.427 jiwa.

Sumber pendapatan utama kota ini adalah padi dan jagung. PDRB Kota Kotamobagu atas dasar harga konstan 2000=100 pada tahun 2011 adalah sebesar Rp. 506,39,- Milliar dan sektor jasa memberikan konstribusi terbesar dalam PDRB Kota Kotamobagu.

Kota Kotamobagu sulawesi utara

Kota Kotamobagu sulawesi utara – foto totabuan.news

Kota Kotamobagu merupakan hasil pemekaran dari Kabupaten Bolaang Mongondow yang bertujuan untuk memajukan daerah, membangun kesejahteraan rakyat, memudahkan pelayanan, dan memobilisasi pembangunan bagi terciptanya kesejahteraan serta kemakmuran rakyat totabuan. Kota Kotamobagu mencakup wilayah daratan dan kepulauan yang memiliki daratan seluas 184.33 km2.

Jumlah penduduk : 119.427 jiwa (2015)
Provinsi : Sulawesi Utara.

***

Sumber : Wikipedia dan berbagai media

Leave a Reply

avatar
  Subscribe  
Notify of