KATA OMED

Inilah Pelabuhan Wae Kelambu Labuan Bajo Yang Baru Dan Megah

Pelabuhan Wae Kelambu – Pemerintah Labuan Bajo di Manggarai Barat, kini semakin terus menggalakan pembangunan diberbagai sektor guna melancarkan program pemerintah tentang wisata premium Labuan Bajo.

Salah satunya adalah dengan membangun banyak dermaga dan pelabuhan pelabuhan berbagai sektor baik itu pariwisata, logistik dan sektor ekonomi lainnya.

Salah satu pelabuhan yang baru dibangun pemerintah dan diresmikan pada Oktober 2022 lalu adalah Pelabuhan Wae Kelambu.

Baca juga : Catat jadwal kapal pelni dari Labuan Bajo ke semua kota dan harga tiketnya

Pelindo 3 Labuanbajo

Pelindo 3 Labuanbajo – foto ROMI ADU

Pelabuhan Wae Kelambu ini merupakan pelabuhan khusus logistik pertama yang ada di NTT dan telah diresmikan oleh Presiden Joko Widodo.

Terminal Multipurpose pelabuhan Wae Kelambu ini dibangun untuk memisahkan kegiatan logistik/barang dengan angkutan penumpang yang sebelumnya bercampur di pelabuhan yang lama.

Salah satu kapal yang akan beroperasi disini adalah kapal roro ferry milik ASDP dan kapal kapal Tol Laut maupun kapal pelni lainnya yang sementara waktu akan dipindahkan kesini.

Hal ini dikarenakan pelabuhan lama sedang dibangun terminal penumpang yang baru.

Fasilitas Pelabuhan Wae Kelambu

Pelabuhan Wae Kelambu

Pelabuhan Wae Kelambu – foto Rein Santosi

Selain Pelabuhan utama Labuan Bajo, kini dikawasan Manggarai Barat juga ada pelabuhan baru lagi yang baru selesai dibangun bernama Pelabuhan Wae Kelambu.

Lokasi Pelabuhan Wae Kelambu ini berada tak jauh dari pusat kota Labuan Bajo atau berada di desa Wae Kelambu, Kecamatan Komodo, Kabupaten Manggarai Barat, Nusa Tenggara Timur.

Pelabuhan Wae Kelambu ini berfungsi sebagai pelabuhan kargo yang dilengkapi fasilitas sebagai terminal multifungsi.

Pelabuhan Wae Kelambu juga memiliki fasilitas utama dari infrastruktur sisi laut yang telah dibangun.

Beberapa diantaranya seperti Dermaga (120×20) meter persegi, Trestle (60×12) meter persegi, Causeway (690×20) meter persegi dengan lebar jalan 10,5 meter.

Baca juga : Inilah info jadwal kapal dari labuan bajo ke bali dan harga tiketnya

Dermaga Pelabuhan Wae Kelambu

Dermaga Pelabuhan Wae Kelambu – foto CARAMEL GAMING

Selain itu Container Yard (3 Hektar), Gedung KSOP Kelas III Labuan Bajo 378 meter persegi.

Bahkan area kolam pelabuhan yang dapat disandari kapal hingga berukuran 25.000 DWT.

Fasilitas Pelabuhan pada sisi darat Terminal Multipurpose Wae Kelambu juga dilengkapi dengan fasilitas seperti Power House, Workshop, Gate Utama dan Gate in/out, Kantor Operasional.

Ada juga Signage, Base Transceiver Station (BTS), Sea Water Reverse Osmosis (SWRO), Gudang, Masjid, Terminal BBM dan fasilitas pendukung lainnya.

Pelabuhan Wae Kelambu Pengganti Pelabuhan Bajo

Pelabuhan Wae Kelambu di Manggarai Barat

Pelabuhan Wae Kelambu di Manggarai Barat – foto CARAMEL GAMING

Pihak Kepala Kantor Kesyahbadaran dan Otoritas Pelabuhan (KSOP) Kelas III Labuan Bajo menjelaskan jika  Pelabuhan Labuan Bajo yang lama akan menjadi pelabuhan untuk kepentingan penumpang dan wisata.

Dan untuk Pelabuhan Wae Kelambu sendiri akan digunakan sebagai pelabuhan kargo yang dilengkapi fasilitas sebagai terminal multifungsi.

Terminal Multipurpose Wae Kelambu yang berfungsi sebagai terminal khusus logistik ini juga bertujuan untuk memperkuat konektivitas maritim dan menopang kelancaran arus logistik di Provinsi Nusa Tenggara Timur.

Fungsi lain dari Pelabuhan ini adalah fokus melayani lalu lintas logistik dan kegiatan bongkar muat komoditas seperti peti kemas, general cargo dan curah cair.

Baca juga : Catat inilah jadwal kapal dari Bajo ke Makassar beserta info harga tiketnya

Pelabuhan Wae Kelambu Pelindo 3

Pelabuhan Wae Kelambu Pelindo 3

Pelabuhan khusus logistik yang dibangun di Wae Kelambu ini berjarak kurang lebih 10-12 Km dari Pelabuhan Labuan Bajo atau pelabuhan yang lama.

Pembangunan terminal Pelabuhan Wae Kelambu ini menggunakan dana APBN dan BUMN.

Dimana pembangunan sisi laut dilaksanakan oleh PT Brantas Abipraya.

Sedangkan pembangunan infrastruktur dari sisi darat dikoordinasikan oleh PT Pelindo dan dilaksanakan oleh PT Wijaya Karya.

Leave a Reply

avatar
  Subscribe  
Notify of