KATA OMED

Curug Sawer, Wanawisata Mistis yang Eksotis

Published · Updated

Air Terjun dalam bahasa Sunda disebut curug. Ada banyak wisata alam curug di Jawa Barat. Semuanya indah dan bisa jadi destinasi wisata Anda sekeluarga. Uniknya, ada satu curug yang populer dan sering dikunjungi warga lokal sampai turis luar Jawa Barat. Namanya Curug Sawer, yang dikenal mistis tapi eksotis. Seperti apa mistis eksotisnya?

image source: Google Review/M Ramdani18

 

Jawa Barat, provinsi dengan ibukota Bandung ini memiliki banyak wisata. Dari wisata kuliner hingga wisata keluarga, semuanya ada di Jawa Barat.

Kali ini, saya ingin mengenalkan satu destinasi wisata alam yang patut Anda kunjungi jika berencana liburan ke Jawa Barat. Namaya, Curug Sawer.

Orang Jawa Barat, yang sering berbahasa Sunda, menyebut curug yang artinya sama dengan air terjun.

Di pintu masuknya disebut “wanawisata”, sih.

Terkenal dengan mistisnya, menjadikan wisata alam ini selalu ramai dikunjungi turis lokal maupun luar Jawa Barat.

Penasaran?

 

Wanawisata Milik Perhutani

Curug Sawer disebut sebagai wanawisata, yang artinya terdapat hutan dalam area wisata ini.

Hal ini dikarenakan lokasinya yang berada di dalam hutan milik perhutani.

Tepatnya Curug Sawer berlokasi di Desa Karangtanjung, Kecamatan Cililin, Kabupaten Bandung Barat. Memiliki luas area 8 hektare, wanawisata ini dikelola oleh Perhutani Cililin sejak 1970.

Selain curug yang menjadi sorotan utamanya, wanawisata Curug Sawer juga dikelilingi hutan pinus yang dijadikan sebagai lokasi jogging dan jalan santai.

image source: Google Review/Quiinthan In

Air Terjun Bertingkat

Curug Sawer tergolong air terjun yang unik. Air terjun pada umumnya memiliki bentuk aliran air yang lurus dari atas ke bawah. Sedangkan wanawisata ini berbentuk tingkat.

Karena keunikan ini, pengunjung bisa berfoto dengan spot foto tepat di depan curug.

Seringnya, area penampungan air di bagian bawah curug digunakan berenang oleh warga lokal dan wisatawan.

Berenang sambil menikmati pemandangan hutan ditemani dengan udara sejuk di ketinggian 1700 Mdpl, membuat Curug Sawer eksotis di mata para wisatawan.

 

Baca juga: Pesona Air Terjun Bukit Gibeon di Kabupaten Tobasa

 

Kabar Mistis yang Menarik

Bagi orang Sunda, mistisnya suatu tempat tidak menjadikannya sepi pengunjung. Justru semakin ramai karena rasa penasaran wisatawan.

Tentu saja ini bergantung pada jenis mistisnya, ya.

Misalnya mistis yang beredar tentang Curug Sawer.

image source: Google Review/Andi Man

Konon, nama “sawer” digunakan karena dulunya ada seorang sesepuh yang menikahkan anaknya di curug ini.

Sawer sendiri artinya ritual melemparkan uang logam, permen, dan beras ke arah tamu undangan setelah akad nikah oleh mempelai, sebagai simbol berbagi rezeki.

Karenanya, diyakini jika Anda mengajak pasangan ke Curug Sawer, maka hubungan Anda akan awet sampai menikah.

Mistis kedua yang beredar juga mengatakan jika Anda tidak punya pasangan, setelah berkunjung ke wanawisata ini Anda bisa segera bertemu dengan jodoh Anda.

Ada juga cerita mistis lainnya, yang menyebut bahwa jauh sebelum dikenal dengan nama “sawer”, dulunya curug ini dikenal dengan nama “Curug Orok”.

Hal ini dikarenakan ada seorang wanita hamil yang melahirkan di curug sawer kemudian ditolong oleh sosok manusia dengan badan setengah ikan.

Satu demi satu cerita mistis ini membuat area ini dipercaya sebagai area yang keramat. Bahkan, menurut warga lokal, setiap malam Kliwon, ada yang melakukan ritual ngabumbang, untuk menguji kekuatan tubuh, awet muda, asihan, hingga meningkatkan ilmu kebatinan.

 

Rute ke Wanawisata

Jika Anda berasal dari luar Jawa Barat, untuk bisa ke Curug Sawer, Anda bisa memilih rute terdekat yakni dari Stasiun Cimahi.

Sekitar 45 menit hingga 1 jam, Anda bisa menggunakan kendaraan berupa mobil untuk menuju ke Cililin melalui jalur Cililin – Cihampelas.

Dari pintu masuk wanawisata, Anda harus berjalan kaki sekitar 2,5 km untuk sampai ke lokasi Curug Sawer.

Harga tiket masuknya murah meriah, hanya Rp 7.500,- saja. Sedangkan untuk parkir, Anda akan dikenai biaya Rp 2.500  untuk roda dua dan Rp 5.000,- untuk roda empat.

image source: Google Review/Sachi Airly Lasena

 

Baca juga:  Curug Caweni, Air Terjun Legendaris dari Sukabumi

 

Bagaimana, tertarik untuk datang?

Di area wanawisata Curug Sawer, sudah disediakan area rehat berupa saung, toilet, musala, dan warung makan dan minum. Jadi, Anda tidak perlu khawatir untuk membawa keluarga Anda berlibur ke sini.

Jika Anda berwisata dengan keluarga, pasti Anda ingin mengunjungi wisata lainnya, bukan?

Tenang saja.

Selain wanawisata Curug Sawer, Anda juga bisa menemukan wisata alternatif terdekat, lho. Ada Stone Garden Citatah, Farmhouse Susu Lembang, Dago Dreampark, Rabbit Town, hingga Orchid Forest Cikole.

Jangan lupa untuk selalu menjaga kebersihan dan kelestarian lingkungan wisata, ya, travellers. Senantiasa awasi anak-anak Anda dan jaga kesehatan.

Semoga liburan Anda menyenangkan, travellers.

 

Baca juga artikel menarik lainnya, ya!

 

Share Artikel ini lewat
  •  
  •  
  •  
  •  

Leave a Reply

avatar
  Subscribe  
Notify of