KATA OMED

Jadwal KM Cantika Lestari 10C Dari Ambon ke Bemo, Geser, Gorom dan Fakfak Papua

Published · Updated

Kapal KM Cantika Lestari 10C adalah salah satu kapal berjenis kapal Fery yang dimiliki oleh PT Pelayaran Dharma Indah yang melayani lintasan perairan dikawasan Maluku khususnya wilayah Seram Bagian Timur hingga ke kawasan Kota Fakfak Papua Barat. Selain rute di sekitaran Seram dan Fakfak, Kapal KM Cantika Lestari 10C juga melayani rute lainnya yakni ke kawasan kepulauan di Kabupaten Maluku Barat Daya.

Kabupaten Seram Bagian Timur adalah salah satu kabupaten di provinsi Maluku, Indonesia. Ibukota kabupaten ini menurut UU tersebut terletak di Dataran Hunimoa, akan tetapi pusat kegiatan termasuk pemerintahan sementara berlangsung di Bula. Luas Wilayah Kabupaten Seram Bagian Timur seluruhnya kurang lebih 15.887,92 Km2 yang terdiri luas laut 11.935,84 Km2 dan luas daratan 3.952,08 Km2.

Peta kabupaten Seram Bagian Timur

Peta kabupaten Seram Bagian Timur

Jumlah penduduk Kabupaten Seram Bagian Timur pada pendataan terakhir tahun 2005 adalah sebesar 81.320 jiwa yang terdiri dari  Laki-laki 40.602 Jiwa dan Perempuan 40.718 Jiwa. Saat ini Pelayanan transportasi laut menuju pelabuhan-pelabuhan di Kabupaten ini masih tergantung pada pelayaran lintas Laut.

Tercatat ada beberapa lintasan pelayaran baik nasional dan juga pelayaran swasta menuju kabupaten SBT. Frekuensi kedatangan dan keberangkatan untuk rute Ambon – Bula – Geser – Gorom adalah 3-4 kali dalam sebulan dilayani oleh swasta. Sedangkan frekuensi pelayaran nasional dari Geser ke Bula sementara ini masih satu kali dalam seminggu.

Baca Juga ya :

Peta Kabupaten Maluku Barat Daya MDB

Peta Kabupaten Maluku Barat Daya MDB

Sedangkan Kabupaten Maluku Barat Daya adalah sebuah kabupaten di Provinsi Maluku, Indonesia. Ibu kotanya adalah Tiakur,Moa Lakor. Kabupaten ini dibentuk berdasarkan Undang-Undang Nomor 31 Tahun 2008 yang merupakan pemekaran dari Kabupaten Maluku Tenggara Barat.

Kapal Cantika Lestari 10C

Kapal Cantika Lestari 10C adalah bagian dari kapal yang dioperasikan oleh PT Pelayaran Dharma Indah yang juga banyak mengoperasikan berbagai kapall diwilayah perairan indonesia lainnya. Kapal Cantika Lestari 10C merupakan jenis kapal yang lajunya cukup cepat dan bisa memuat banyak penumpang maupun barang bahkan Kendaraan.

Kapal Cantika Lestari 10C

Kapal Cantika Lestari 10C – foto @Randy suardy

Tercatat kapasitas Kapal Cantika Lestari 10C mampu mengangkut hingga 700 penumpang dimana masing-masing penumpang akan mendapatkan ranjang masing-masing untuk beristirahat. Kapal Cantika Lestari 10C juga sudah dilengkapi berbagai fasilitas pendukung yang membuat nyaman penumpangnya seperti Kamar atau ruangan VVIP full AC hingga ada ruangan karoke.

Sangking besarnya Kapal Cantika Lestari 10C memiliki 39 Kamar VIP AC dan 2 kamar VVIP . Untuk ruangan atau tempat duduk ber AC alias ruangan private mampu menampung hingga 40 kursi. Intinya, Kapal Cantika Lestari 10C ini dibuat dan dirancang untuk melayani pelayaran jarak jauh namun tetap nyaman dan aman bagi penumpangnya.

Rute Kapal Cantika Lestari 10C

Kapal Cantika Lestari 10C melayani rute wilayah maluku yakni di kabupaten SBT atau Seram bagain timur seperti pelabuhan Bula, Gesar dan Gorom hingga menuju pelabuhan Kota Fak-Fak. Rute ini juga sudah dilayari oleh Kapal KM Cantika Lestari 77. Selain Itu juga Rute Kapal Cantika Lestari 10C melayani pelayaran dari pelabuhan Ambon menuju pelabuhan Damer berlanjut ke pelabuhan Moa dan berakhir dipelabuhan Tepa (PP).

Salah satu pelabuhan yang dilintasi oleh Kapal Cantika Lestari 10C adalah Pelabuhan Gorom yang berada di wilayah kabupaten Seram Bagian Timur atau SBT provinsi Maluku. Pelabuhan Gorom adalah sebuah pelabuhan kecil yang ada di Pulau Gorom bagian dari wilayah Kabupaten Seram Bagian Timur, Maluku, Indonesia.

Baca Juga : 

Pelabuhan Gorom

Pelabuhan Gorom – foto sewukuto.id

Seperti yang sudah disampaikan diatas jika Kapal Cantika Lestari 10C melayani pelayaran dari pelabuhan Ambon menuju pelabuhan di wilayah kabupaten Seram Bagian Barat atau SBT hingga ke kota Fakfak. Brikut ini pelabuhan-pelabuhan yang akan di singgahi oleh Kapal Cantika Lestari 10C :

  • Pelabuhan Bula
  • Pelabuhan Geser
  • Pelabuhan Gorom
  • Pelabuhan Fakfak

Selain rute ke kawasan SBT, Kapal Cantika Lestari 10C juga melayani rute lainnya yakni dari pelabuhan Ambon menuju pelabuhan Damer, Pelabuhan Moa, dan Pelabuhan Tepa setiap 1-2 kali seminggu. Kapal Kapal Cantika Lestari 10C akan singgah di beberapa pelabuhan diwilayah Maluku Barat Daya sesuai rutenya seperti:

  • Pelabuhan Damer
  • Pelabuhan Moa
  • Pelabuhan Tepa

Jadwal Kapal Cantika Lestari 10C

Jadwal Kapal Cantika Lestari 10C

Jadwal Kapal Cantika Lestari 10C

Saat ini jadwal keberangkatan Kapal Cantika Lestari 10C dari pelabuhan Ambon menuju pelabuhan di wilayah kabupaten Seram Bagian Barat atau SBT seperti Bula, Gorom, Gesar hingga ke kota Fakfak adalah seminggu 1-2 kali. Dan Berikut ini adalah jadwal detail Kapal Cantika Lestari 10C :

Hari Selasa pukul 12.00 Wit

Rute dari kota Ambon tujuan : Bula, Gorom, Gesar & Fakfak

Hari Jumat pukul 14.00 wit

Rute dari pelabuhan Ambon tujuan : Damer- Tepa- Moa

**

CATATAN PENTING

  1. Datang 1-2 jam sebelum jam keberangkatan agar mendapat tempat yang nyaman dan tidak ketinggalan kapal
  2. Tiket bisa dibeli diloket pelabuhan terdekat atau hari H saat akan naik kapal
  3. Jaga sellau barang2 bawaan karena dikapal banyak sekali orang yang naik dan berlalu lalang.
  4. Bawa Makanan,  minuman dan cemilan sendiri untuk bekal selama di kapal
  5. Bawa sesuatu yang bikin nyaman karena perjalanan cukup panjang
  6. Bawa Identitas diri yang lengkap

Leave a Reply

avatar
  Subscribe  
Notify of