KATA OMED

Jadwal kapal Pelni KM Labobar dari Jayapura ke Bitung dan Jayapura ke Ternate September 2019

Rute pelayaran paling yimur Indonesia adalah Kota Jayapura. Dari kota ini ada beberapa pelayaran yang melayani rute kekota jauh seperti ke Bitung di Manado Sulawesi Utara dan juga Ke Kota Ternate Maluku utara. Saat ini hanya ada 1 kapal pelni yang melayani rute Jayapura bitung dan Jayapura Ternate yakni KM Labobar yang berlayar setiap 1-2 kali dalam sebulan.

TENTANG KOTA JAYAPURA

Kota Jayapura adalah ibu kota provinsi Papua, Indonesia. Kota ini merupakan ibu kota provinsi yang terletak paling timur di Indonesia. Kota ini terletak di teluk Jayapura. Kota ini didirikan oleh Kapten Infanteri F.J.P Sachse dari kerajaan Belanda pada 7 Maret 1910. Luas Kota Jayapura adalah 940 Km2 atau 940.000 Ha, terdiri dari 5 distrik, terbagi habis menjadi 25 kelurahan dan 14 kampung.

Baca juga :

Pelabuhan teluk kota Jayapura – foto Tribun Travel – Tribunnews.com

Kota Jayapura memiliki beberapa dua pelabuhan laut yakni Pelabuhan Yos Sudarso Jayapura dan Pelabuhan Porasko Jayapura. Pelabuhan Jayapura merupakan pusat bongkar muat kapal peti kemas dan bersandarnya kapal Pelni. Sementara pelabuhan porasko adalah pusat bersandarnya Kapal Perintis Papua dan kapal-kapal militer milik TNI dan Polri (wikipedia).

JAYAPURA – BITUNG

Kota Bitung adalah salah satu kota di provinsi Sulawesi Utara. Kota ini memiliki perkembangan yang cepat karena terdapat pelabuhan laut yang mendorong percepatan pembangunan. Kota Bitung terletak di timur laut Tanah Minahasa. Wilayah Kota Bitung terdiri dari wilayah daratan yang berada di kaki gunung Dua Saudara dan sebuah pulau yang bernama Lembeh.

Baca Juga :

Pelabuhan laut Bitung foto emaritim.com

Pelabuhan Bitung terdiri dari pelabuhan penumpang dan pelabuhan peti kemas. Adanya PT.Pelindo IV membuat kota Bitung lebih maju pesat perekonomiannya karena direncanakan akan dibuka sebagai Gerbang Timur Internasional. Pelabuhan Bitung merupakan satu-satunya pelabuhan di Sulawesi Utara yang disinggahi dan dilabuhi oleh kapal-kapal penumpang antar kota-kota besar di Indonesia dan Internasional (wikipedia).

Berikut ini jadwal keberangkatan kapal pelni KM Labobar dari Jayapura ke kota Bitung

Rute Lintasan Pelayaran : JAYAPURA – SERUI – NABIRE – MANOKWARI – SORONG – TERNATE – BITUNG
Nama Kapal Pelni: KM.LABOBAR
Berangkat dari pelabuhan Jayapura : Tanggal : 06-09-2019 | 07:00 Dan Tanggal : 20-09-2019 | 06:00
Tiba dipelabuhan Bitung :  10-09-2019 | 02:00 dan  24-09-2019 | 03:00
Tarif penumpang KM Labobar dari Jayapura ke Ternate : Dewasa Rp 512.000 dan Balita Rp 56.000

JAYAPURA – TERNATE

Ternate adalah salah satu kota Besar dikepulauan Maluku khususnya Maluku Utara yang mempunya jadwal pelayaran terpadat sama halnya dengan pelabuhan Bitung yang ada di Sulawesi Utara. Kota Ternate adalah sebuah kota yang berada di bawah kaki gunung api Gamalama pada sebuah Pulau Ternate di Provinsi Maluku Utara, Indonesia.

Ternate merupakan Ibukota sementara Provinsi Maluku Utara secara de facto dari tahun 1999 hingga 2010. Pada tanggal 4 Agustus 2010, Sofifi diresmikan menjadi ibukota pengganti Ternate.

Baca Juga :

Pelabuhan Moti Ternate – foto @anak_esa

Kota Ternate juga memiliki pelabuhan laut A. Yani dengan jalur pelayaran yang dilalui kapal Pelni dua kali perminggu. Dua perusahaan ekspedisi kapal angkutan adalah Mentari dan Tanto. Untuk menyeberang ke pulau-pulau sekitar seperti Halmahera, Tidore, Hiri, Moti, Meitara, dapat menggunakan perahu kecil dari fiberglass yang umum di sebut Speed.

Berikut ini jadwal keberangkatan kapal pelni KM Labobar dari Jayapura ke kota Ternate :

Rute Lintasan Pelayaran : JAYAPURA – SERUI – NABIRE – MANOKWARI – SORONG – TERNATE
Nama Kapal Pelni: KM.LABOBAR
Berangkat dari pelabuhan Jayapura : Tanggal 06-09-2019 | 07:00 Dan Tanggal 20-09-2019 | 06:00
Tiba dipelabuhan Ternate : 09-09-2019 | 10:00 Dan 23-09-2019 | 19:00
Tarif penumpang KM Labobar dari Jayapura ke Ternate : Dewasa Rp 431.000 dan Balita Rp 48.000

kota jayapura – foto @anggocc201

CATATAN PENTING

1. Harga, Jadwal Kapal dapat berubah sewaktu2 disesuaikan Keadaan dan waktu.
2. Jika kalian tahu ada update atau perubahan terbaru baik harga tiket maupun Jadwal kapal, silahlan komen dibawah ini agar bisa segera saya update juga.
3. Tetap hati-hati dan selalu waspada selama diperjalanan. Jangan gampang terbujuk rayu oleh orang yang menawarkan bantuan Apalagi menerima ajakan dan tawaran orang gak dikenal.
4. Biar hemat bawa makanan atau minuman saja dari luar dan bisa kalian makan saat sudah berada diatas kapal. Dikapal Pelni ada air panas gratis kok jadi bisa nyeduh kopi atau mie instan.
5. Jadwal kapal diatas hanya contoh Sebagian saja. Untuk Jadwal lengkap dan realnya silahkan dicek disitus pelni.co.id

Share Artikel ini lewat
  •  
  •  
  •  
  •  

Leave a Reply

avatar
  Subscribe  
Notify of