KATA OMED

Jadwal dan Rute Kapal KM Bukit Patung

Kapal Bukit Patung adalah salah satu kapal pelayaran perintis atau biasa disebut kapal Tol Laut  yang beroperasi di kawasan Indonesia Tengah dan juga Timur khususnya di wilayah perairan Laut Jawa Timur seperti Kepulauan Kangean & Sapeken hingga ke provinsi Bali, NTB dan bahkan sampai ke Sumba di NTT.

Kapal KM Bukit Patung atau yang juga biasa disebut Kapal perintis melayani pelayaran dari pelabuhan Tanjung Perak Surabaya menuju Kalianget Madura, kangen, Sapeken hingga ke Buleleng Bali. Tak hanya itu saja KM Bukit Patung bahkan melayani rute hingga ke Carik, Badas Sumbawa, Kota Bima, Labuan Bajo hingga ke Waikelo Sumba di NTT.

Salah satu pelabuhan yang akan disinggahi oleh Kapal KM Bukit Patung adalah pelabuhan Carik. Pelabuhan Carik adalah sebuah pelabuhan yang berada di Desa Anyar, Kecamatan Bayan, Kabupaten Lombok Utara, Nusa Tenggara Barat.  Meski pelabuhan Carik masih tergolong baru namun Fasilitas di Pelabuhan Carik sudah sangat lengkap dan juga arealnya cukup luas.

Tentang Kapal Bukit Patung

kapal KM Bukit patung

kapal KM Bukit patung – foto lintas10.com

Kapal Bukit Patung merupakan salah satu kapal perintis atau kapal penghubung pulau-pulau terluar Indonesia dengan kawasan pelabuhan perkotaan terdekat guna menjadi moda transportasi yang murah bagi masyarakat terpencil di kepulauan atau daerah yang sulit dijangkau.

Kapal Sabuk Nusantara selain tentunya memiliki peranan penting sebagai kapal pengankut penumpang juga memiliki peranan sebagai kapal pembawa barang-barang kebutuhan sembako hingga kendaraan dari dan menuju ke wilayah yang akan dilintasinya. Apalagi harga tiket atau biaya kapal Bukit Patung juga sangat terjangkau oleh siapa saja.

Kapal Bukit Patung  memiliki banyak fasilitas umum bagi para penumpangnya seperti fasilitas kamar, tempat duduk, kantin hingga fasilitas toilet dan ruang sholat. Kapal Bukit Patung memiliki kapasitas angkut penumpang hingga mencapai 500 orang.

BACA JUGA :

Rute Bukit Patung

Rute Bukit Patung sama dengan rute kapal KM sabuk Nusantara 51 – foto fb group

Dengan bertambahnya kapal perintis atau kapal Bukit Patung yang di telah di operasikan maka diharapkan mampu menunjang kelancaran program tol laut sehingga disparitas harga di Indonesia Bagian Barat, tengah atau timur dan juga wilayah kepulauan Indonesia terluar lainnya bisa diturunkan.

Rute Kapal Bukit Patung

Untuk rute pelayaran Kapal Bukit Patung adalah dari pelabuhan : Surabaya – Kalianget – Kangean – Sapeken – Buleleng – Carik –Badas – Bima – Labuhan Bajo – Waikelo Sumba (PP)

Berikut ini daftar lintasan pelabuhan kota atau pulau yang akan disinggahi oleh Kapal Bukit Patung :

  • Pelabuhan Surabaya
  • Pelabuhan Kalianget
  • Pelabuhan Kangean
  • Pelabuhan Sapeken
  • Pelabuhan Buleleng
  • Pelabuhan Carik
  • Pelabuhan Badas
  • Pelabuhan Bima
  • Pelabuhan Labuhan Bajo
  • Pelabuhan Waikelo

Jadwal Kapal Bukit Patung

Untuk jadwal keberangkatan Kapal Bukit Patung sendiri tidak tetap alias selalu berubah-ubah setiap bulannya. Kapal Bukit Patung biasanya berlayar setiap 2-3 kali dalam sebulan sesuai jalur atau lintasnya. Untuk lebih jelasnya bisa kalian lihat jadwal kapal Bukit Patung di pelabuhan terdekat atau melalui call center pelni.

Baca Juga ya :

Pelabuhan Carik Lombok

Pelabuhan Carik Lombok Utara – foto redarlombok.com

Untuk jadwal Kapal Bukit Patung sendiri hanya bisa langsung dilihat di pelabuhan terdekatnya atau melalui kantor cabang pelni di kota masing-masing. Hal ini dikarenakan faktor cuaca dan keadaan saat pelayaran di perairan lintas kapal Kapal Bukit Patung yang tentuya sering berubah-ubah juga.

Sekali lagi perlu di pahami jika Kapal perintis ini sering kali docking dan tidak berlayar sehingga untuk memastikan keberangkatan atau pengoperasian kapal Bukit Patung harus langsung kekantornya. Dan bagi kalian yang ingin membeli tiket kapal Bukit Patung, jangan lupa siapkan identitas diri ya dan tiket juga bisa dibeli di hari sebelum kebarangkatan kapal.

Catatan Penting Saat Naik Kapal Bukit Patung

  1. Harga Tiket, Jadwal Kapal dapat berubah sewaktu2 disesuaikan Keadaan dan waktu.
  2. Jika kalian tahu ada update atau perubahan terbaru baik harga tiket maupun Jadwal kapal, silahlan komen dibawah ini agar bisa segera saya update juga.
  3. Tetap hati-hati dan selalu waspada selama diperjalanan. Jangan gampang terbujuk rayu oleh orang yang menawarkan bantuan Apalagi menerima ajakan dan tawaran orang gak dikenal.
  4. Biar hemat bawa makanan atau minuman saja dari luar dan bisa kalian makan saat sudah berada diatas kapal. Dikapal Tol Laut / Sabuk Nusantara hanya ada warung seadanya.
  5. Bawa selalu Ientitas Diri
  6. Jika ada yang ingin ditanyakan mengenai rute, jadwal kapal dan lainnya silahkan tinggalkan komentar. 1×24 jam insyallah dibales.
Share Artikel ini lewat
  •  
  •  
  •  
  •  

Leave a Reply

avatar
  Subscribe  
Notify of