KATA OMED

Info Lengkap Bukit Cinta Rawa Pening

Published · Updated

Bukit Cinta di Rawa Pening merupakan tempat wisata yang menyajikan pemandangan rawa pening dengan latar belakang perbukitan Brawijaya. Nama bukit cinta diambil dari banyaknya muda mudi yang pacaran di tempat ini.

Bukit ini sendiri pada jaman kolonial Belanda digunakan untuk mengontrol pertumbuhan eceng gondok yang tumbuh subur di danau rawa pening. Seiring berjalannya waktu, bukit ini beralih fungsi.

Saat ini, Bukit Cinta di Rawa Pening sudah sangat ramai di kunjungi pengunjung yang ingin berburu pemandangan danau Rawa Pening.

Lokasi ini semakin ramai setelah danau rawa pening direnovasi habis-habisan sehingga menyajikan pemandangan yang tentunya lebih indah dan tertata daripada sebelumnya.

Bukit Cinta Rawa Pening

Bukit Cinta Rawa Pening – foto ig @faridachusnia

Untuk menikmati pemandangan melalui bukit Cinta pengunjung tak lagi perlu tracking di jalur curam.

Di bukit Cinta sudah dibangun anak tangga pada jalur ke puncak sehingga pengunjung dapat dengan mudah mencapai puncak yang merupakan lokasi untuk sight seeing.

Sepanjang perjalanan pengunjung akan di ditemani rimbunnya pepohonan pinus yang akan menyejukkan dan menaungi para pengunjung dari teriknya matahari.

Sejarah Bukit Cinta Rawa Pening

tiket masuk Bukit Cinta, Rawa Pening Banyubiru

gerbang masuk Bukit Cinta, Rawa Pening Banyubiru – foto ig @alwy498

Ikon bukit cinta adalah ular raksasa yang membuka mulutnya. Ikon ini merupakan tempat penjualan tiket loh. Unik kan? Loket tiket yang berbentuk ular raksasa ini terispirasi dari mitos di bukit Cinta.

Konon dahulu ada seekor ular yang menunggu ibunya di Bukit Cinta ini. Ular tersebut terus menunggu hingga tubuhnya semakin besar dan melilit bukit cinta.

Sayangnya ular tersebut dibunuh sebelum bertemu dengan ibunya.

Bermula dari cerita ini pula terdapat mitos bahwa pasangan yang belum menikah akan berpisah setelah mengunjungi tempat ini. recommended nih buat yang pengen mutusin pacar, ups! Bercanda. Lanjut…

baca jug :

Bukit Cinta, Rawa Pening

Bukit Cinta, Rawa Pening – foto ig @afidzotul

Tempat wisata bukit cinta buka setiap hari dengan jam operasional buka pukul delapan pagi tutup pukul enam sore. Untuk mengunjungi lokasi wisata bukit cinta rawa pening kalian perlu membayar retribusi.

Retribusi saat weekday adalah sepuluh ribu rupiah sementara saat weekend menjadi lima belas ribu rupiah. Disamping retribusi untuk tempat wisata para pengunjung perlu membayar parkir.

Parkir motor dikenakan tarif dua ribu rupiah sementara parkir mobil dikenakan biaya lima ribu rupiah.

Lokasi Dan Rute Menuju Bukit Cinta Rawa Pening

Bukit Cinta Rawa Pening Banyubiru

Bukit Cinta Rawa Pening Banyubiru – foto ig @c.niken

Bukit cinta terletak di kawasan danau Rawa Pening, tepatnya di Desa Kebondowo, Kecamatan Banyubiru, Kabupaten Semarang, Jawa Tengah.

Jalan menuju ke Lokasi Bukit Cinta sudah baik, dapat dilewati oleh bus pariwisata tetapi masih banyak lubang di jalan yang tentunya akan membuat pengunjung kurang nyaman.

Jalur menuju bukit cinta juga sudah dipasangi penunjuk arah sehingga dapat memudahkan pengunjung yang ingin mengunjungi bukit cinta.

Untuk mencapai lokasi kalian dapat memilih beberapa rute dari kota semarang. Rute pertama melalui tol Ungaran-Bawen dengan jarak tempuh empat puluh tujuh  kilo meter, waktu yang diperlukan untuk mencapai lokasi melalui rute ini sekitar satu jam.

sunset di Bukit Cinta, Rawa Pening Banyubiru

sunset di Bukit Cinta, Rawa Pening Banyubiru – foto ig @sidiqnurseto

Melalui jalan semarang-solo kalian akan menempuh perjalann sejauh empat puluh enam kilo meter, waktu tempuh melalui rute ini sekitar satu jam lima belas menit, tetapi waktu tempuh bisa lebih lama tergantung kondisi lalu lintas.

Rute lain adalah melaui kota salatiga. Dari salatiga kalian hanya perlu menempuh jarak sepuluh kilo meter dengan waktu tempuh sekitar lima belas menit.

Fasilitas Di Bukit Cinta Rawa Pening

wisata bukit cinta rawa pening

wisata bukit cinta rawa pening – foto ig @yeti2610

Bukit Cinta sudah dilengkapi dengan berbagai fasilitas yang akan memudahkan pengunjung menikmati lokasi wisata ini. pengunjung dapat berfoto di spot selfie atau dengan background pemandangan rawa pening.

Tempat wisata ini juga dilengkapi area parkit yang luas, toilet, dan tempat beribadah.  Disekitar area parkir, pengunjung dapat mengisi ulang tenaga dengan jajan di kios-kios makan.

Kios –kios makanan disini umumnya menjual makanan dengan menu masakan ikan air tawar.

Selain fasilitas di atas, ada juga kios merchandise untuk oleh-oleh yang menjual aneka pernak Pernik kerajinan popular di daerah rawa pening.

Daerah rawa pening banyak ditumbuhi eceng gondok. Oleh karen itu kerajinan yang paling popular adalah macam pernak Pernik dengan bahan dasar eceng gondok mulai dari vas, hiasan dinding, bunga, tas, tempat tisu hingga kursi dan kerajinan lainnya.

Share Artikel ini lewat
  •  
  •  
  •  
  •  

Leave a Reply

avatar
  Subscribe  
Notify of