8 Cara Mengatasi Rambut Rontok dan Ketombe

Cara mengatasi rambut rontok dan ketombe, harus disesuaikan dengan penyebab dan seberapa besar kerusakannya. Sehingga penanganannya, dapat menjadi berbeda-beda, pada setiap orang, yang mengalami masalah ini.

Beberapa cara yang dapat dilakukan, diantaranya seperti mengkonsumsi makanan bernutrisi, merawat rambut dan kulit kepala dengan benar.

Selain itu, perlu juga melihat sisi psikologisnya, terutama dalam hal mengelola stres, atau penanganan yang bersifat medis.

Untuk lebih jelasnya, yuk, kita lihat cara ampuh, dalam mengatasi rambut rontok dan ketombe, baik dengan cara alami, maupun medis.

Baca Juga:

1. Mengkonsumsi Makanan Sehat Bernutrisi

Makanan Untuk Mengatasi Rambut Rontok

Makanan Untuk Mengatasi Rambut Rontok – photo by Cara Rambutku

Dengan selalu mengkonsumsi makanan sehat bernutrisi, merupakan salah satu cara ampuh untuk mengatasi rambut rontok dan ketombe.

Sejumlah makanan bernutrisi yang penting untuk menjaga kesehatan rambut dan kulit kepala, diantaranya adalah:

  • Zat besi
  • Zinc
  • Niacin
  • Selenium
  • Vitamin A, D, dan E
  • Biotin
  • Asam amino
  • Protein

Ketika mengkonsumsi makanan tersebut, sebaiknya hindari pemakain suplemen tanpa konsultasi dari dokter. Karena terkadang, mengkonsumsi suplemen secara berlebihan, justru dapat memperparah kerontokan rambut.

2. Gunakan Shampo Anti Ketombe

Mengatasi rambut rontok akibat ketombe, juga dapat diatasi dengan penggunaan shampo anti ketombe.

Namun sebelum membelinya, pastikan produknya memiliki kandungan Selenium atau Zinc. Kedua zat tersebut, sifatnya dapat membersihkan,melindungi dan melembabkan kulit kepala.

3. Dengan Mengoleskan Minyak Esensial

Minyak Esensial Untuk Mengatasi Kerontokan Rambut

Minyak Esensial Untuk Mengatasi Kerontokan Rambut – Photo by Suara

Cara mengatasi rambut rontok dan ketombe secara alami, juga bisa dicoba dengan mengoleskan minyak esensial. Meskipun belum dapat terbukti secara ilmiah, namun banyak orang yang sudah dapat merasakan khasiatnya.

Beberapa jenis dari minyak esensial yang sering digunakan, contohnya seperti rosemary dan peppermint oil. Keduanya dipercaya dapat membantu memperlambat kerontokan, dan membantu mendorong pertumbuhan rambut baru.

Ketika hendak memakai minyak esensial, jangan lupa untuk mencampurkannya terlebih dahulu dengan minyak pelarut. Salah satunya adalah virgin coconut oil, minyak zaitun, maupun minyak jojoba.

4. Terapi Pijat Kulit Kepala

Berdasarkan sebuah penelitian, ternyata cara mengatasi rambut rontok dan ketombe, juga dapat dilakukan melalui terapi pijat kulit kepala.

Pasalnya, cara ini dipercaya dapat meningkatkan aliran darah, dan merangsang pertumbuhan sel-sel rambut baru.

Selain itu, secara efektif, juga dapat membantu meningkatkan ketebalan dan memperkuat akar rambut, sehingga tidak mudah rontok.

5. Mendapatkan Asupan Sinar Matahari Yang Cukup

Mendapatkan paparan sinar matahari yang cukup ke kulit kepala, ternyata juga merupakan cara jitu untuk mengatasi rambut rontok dan ketombe.

Namun sebelum menerapkan cara ini, jangan lupa selalu menggunakan tabir surya atau sunscreen.

Tujuannya adalah, untuk melindungi kulit wajah dan tubuh yang memang lebih sensitif, apabila terkena sinar matahari secara langsung.

Sebaiknya, jangan berjemur di bawah sinar matahari terlalu lama, dan hindari juga paparan sinar matahari, antara jam 10.00-16.00.

6. Menggunakan Condisioner Secara Teratur

Pemakaian kondisioner sangat penting dilakukan. Apalagi, jika sampo yang digunakan memiliki kandungan asam salisilat.

Gunakan conditioner sehabis keramas, agar kelembapan kulit terjaga. Cara ini juga efektif, untuk mengatasi rambut rontok dan ketombe.

Bilas rambut sampai bersih, agar tidak ada residu yang tersisa dan menjadi ketombe. Cara pemakaian conditioner yang baik adalah, hanya di bagian rambutnya saja, atau tidak langsung menyentuh area kulit kepala.

7. Hindarkan Produk Yang Dapat Memicu Iritasi

Pewarna dan beberapa produk rambut, seringkali memiliki kandungan bahan yang dapat menyebabkan iritasi, pada kulit kepala yang sensitif. Hal tersebut malah dapat memicu ketombe, dan berpotensi menyebabkan kerontokan rambut.

Beberapa jenis bahan yang dapat memicu kondisi tersebut, antara lain seperti zat pengawet, wewangian, pemutih, deterjen, dan formaldehida.

Namun bagi orang yang tidak memiliki kulit kepala sensitif, semua zat tersebut tidak akan memberikan reaksi yang negatif apapun.

Meskipun begitu, dengan tidak menggunakan produk yang berbahan tersebut, dapat membantu, untuk mengatasi rambut rontok dan ketombe.

8. Perawatan Medis

Transplantasi Rambut Untuk Mengatasi Rambut Rontok

Transplantasi Rambut Untuk Mengatasi Rambut Rontok – Photo by Klik Dokter

Cara mengatasi rambut rontok dan ketombe secara medis, bisa bergantung pada penyebab rasa gatal dan kerontokan yang dialami.

Beberapa perawatan medis yang biasa direkomendasikan oleh dokter, beberapa diantaranya seperti:

  • Transplantasi rambut.
  • Finasteride untuk mengobati kebotakan bawaan.
  • Obat imunoterapi untuk mengaktifkan atau menonaktifkan respons imun.
  • Antijamur untuk melawan infeksi jamur pemicu ketombe dan rambut rontok.
  • Minoxidil untuk memperlambat kerontokan dan merangsang pertumbuhan rambut baru.
  • Steroid, baik diminum maupun dioleskan ke kulit kepala, jika berbentuk krim. Fungsinya untuk mengurangi peradangan.

Baca Juga:

Ketombe tidak secara langsung menjadi penyebab kerontokan rambut. Namun, keduanya bisa saja saling berkaitan. Cara mengatasi rambut rontok dan ketombe, dapat dilakukan secara alami maupun dengan bantuan medis.

Semoga informasi ini dapat menjadi referensi bermanfaat, dan pastikan segera mencari nasihat medis, jika cara alami tidak berhasil ya Sobat!.

 

Kalo Berguna, Silahkan Share

You may also like...

Leave a Reply

avatar
  Subscribe  
Notify of