KATA OMED

6 Tempat Wisata Di Sabang Paling Terkenal

Wisata di Sabang – Sebagai salah satu kota di Provinsi Aceh yang terletak di paling ujung barat Nusantara. Sabang berdiri di atas sejumlah pulau, yang terkenal akan keunikan serta pesona alamnya.

Selain itu, Sabang memiliki sejumlah pantai yang berpasir dan hitam dan putih, serta keindahan panorama Gunung Vulkanik yang super keren!

Masih penasaran dengan pesona wisata di Sabang? Yuk, ikuti jalan-jalan kali ini, ke beberapa tempat yang masih hits sampai sekarang!

Baca Juga:

1. Tugu Nol Kilometer

Tugu No Kilometer Indonesia Di Sabang

Tugu No Kilometer Indonesia Di Sabang

Tempat wisata di Sabang setinggi 22,5 meter ini, berdiri di atas tebing yang menghadap langsung ke Samudera Hindia. Bentuknya yang menyerupai senjata Rencong, dikenal sebagai Tugu Nol kilometer. Unik ya, namanya?!

Dari ketinggian para wisatawan dapat menikmati luasnya samudera dengan tanpa batas, maupun halangan apapun. 

Tugu yang diresmikan pada 9 September 1997, itu merupakan penanda titik nol NKRI di bagian barat. Sedangkan di sisi timur, terdapat di Merauke, Papua, yang juga sama indahnya.

2. Pantai Sumur Tiga

Pantai Sumur Tiga

Pantai Sumur Tiga – foto ig @mytrip_myadvntracehtamiang

Destinasi wisata di Sabang ini adalah Pantai Sumur Tiga. Panorama keindahan pantai di tempat ini, ibarat lukisan alam yang dapat menghipnotis para wisatawan. Pantai putihnya terasa hangat saat sedang berjalan santai di atasnya.

Belum lagi, bentang alam bawah laut yang tak kalah mempesona. Penawaran wisata bahari yang menakjubkan tersebut, sangat cocok bagi para penyuka aktivitas menyelam. Yuk, tunggu apa lagi!.

3. Goa Sarang, Tempat Wisata di Sabang

Goa Sarang

Goa Sarang – foto ig @rizka_js

Wisata menuju ke Goa Sarang di Pulau Weh, pastinya akan  memberi sensasi liburan tersendiri. Pasalnya, objek wisata ini memiliki  tujuh mulut goa yang penuh dengan semacam ukiran yang mempesona untuk dinikmati. 

Selain itu, di sekitar lokasi juga terdapat berbagai tebing batu yang selalu terisi oleh jernihnya air laut.

Perpaduan keajaiban Tuhan tersebut, bukan hanya menenangkan untuk menjadi pemandangan unik, namun juga keren sebagai spot selfie loh!

Goa Sarang juga memiliki  puluhan anak tangga, dalam kawasan hutan eksotisnya. Melalui anak-anak tangga tersebut, wisatawan dapat langsung  menuju permukaan air laut yang biru seperti langit.

Dari situ, wisatawan juga dapat menyewa kapal boat untuk mengunjunjungi ketujuh goa yang ada disana. Kerennya lagi, semua goa tersebut, juga merupakan  rumah bagi para burung walet. 

Siapapun yang berhasil  menangkap momen Burung Walet beterbangan di dalam goa dari balik kamera, hasilnya pasti Instagramable!

4. Pantai Iboih / Pantai Iboh

Pantai Iboh

Pantai Iboh – foto ig @backpackermate

Sebagai salah satu dari tempat wisata di Sabang yang terkenal, Pantai Iboih atau Pantai Iboh adalah salah satu primadonanya.

Ada dua objek keindahan pantai, yang ditawarkan tempat ini. Yaitu, pantai dengan garis berpasir putih keemasan, atau bebatuan alam yang eksotis. 

Air laut di Pantai Iboih, terkenal akan kejernihannya. Bahkan, dasar lautnya dapat langsung terlihat dengan hanya mata telanjang. Perpaduan pantulan warna airnya yang terdiri dari kombinasi hijau dan biru, sangatlah menyejukkan.

Di tempat ini, banyak sekali aktivitas bahari yang dapat dilakukan. Beberapa diantaranya seperti berenang dan menyelam, sambil berfoto underwater bersama penghuni dasar laut yang cantik, dan Instagramable!

Jika ingin melakukan aktivitas yang lebih bersifat penjelajahan, di sekitar pantai juga terdapat hutan untuk melakukan kegiatan tersebut. 

5. Pulau Rubiah, Wisata Laut di Sabang

Pesona Pulau Rubiah menjadi spot Snorkling Di Sabang

Pesona Pulau Rubiah menjadi spot Snorkling Di Sabang

Sebagai suatu destinasi wisata, Pulau Rubiah terkenal sebagai surganya wisata taman laut, yang menjadi habitat ribuan makhluk laut, termasuk Lumba-lumba.

Aktivitas utama yang dapat dilakukan di Pulau elok ini, pastinya kegiatan pantai yang umum seperti diving, dan snorkeling. Jika ingin menyelam, jangan lupa membawa kamera ya. Pasalnya, di dasar laut terdapat taman laut yang ikonik.

Saat melakukan snorkeling atau diving, para wisatawan dapat bertegur sapa dengan berbagai jenis ikan, dan berbagai biota laut lainnya. Beberapa diantaranya seperti Bintang Laut, Bunga Lili Laut, dan berbagai jenis terumbu karang yang cantik.

6. Benteng Jepang Sabang

Benteng Jepang Sabang

Benteng Jepang Sabang – foto ig @r3_photography

Selain alamnya indah, Sabang juga pernah menjadi saksi bisu dari perang dunia kedua. Hingga saat ini, jejaknya masih dapat ditemukan di suatu tempat bernama Benteng Jepang.

Para wisatawan dapat menjelajah reruntuhan benteng peninggalan Angkatan Laut Jepang. 

Memang tidak mengherankan, karena antara tahun 1942-1945 Sabang merupakan pangkalan dari Angkatan Laut Jepang. Oleh karena hal tersebut, hingga saat ini Sabang mendapat julukan sebagai Kota Seribu Benteng.

Baca Juga:

Okay Guys! Demikianlah Itu rekomendasi tempat wisata di Sabang, yang dapat menjadi referensi, bagi destinasi liburan kamu berikutnya.

Selamat berlibur!

 

Leave a Reply

avatar
  Subscribe  
Notify of