KATA OMED

21 Tempat Wisata Di Kintamani Bali Yang Populer Dan Indah

Published · Updated

Tempat Wisata di Kintamani Bali – Pulau Bali terkenal akan keindahan alamnya yang mempesona. Keindahan alam Bali telah dikenal hingga mancanegara bahkan sejak puluhan tahun lalu.

Pulau yang diberi julukan Pulau Dewata karena keindahannya ini memang memiliki pantai-pantai yang indah. Tapi jangan salah, keindahan Bali tidak sebatas pantainya saja salah satunya adalah wisata yyang ada di kawasan Kintamani Bali.

Kintamani adalah sebuah kecamatan di Kabupaten Bangli, Provinsi Bali, Indonesia. Kintamani juga merupakan kawasan wisata pemandangan alam di Bali, Indonesia.

Tempat Wisata di Kintamani Bali

Tempat Wisata di Kintamani Bali – foto ig @capturedbyda

Nah, Kecamatan Kintamani merupakan salah satu daerah yang tidak dilewati pantai, karena berada di dataran tinggi.

kawasan Kintamani  memiliki pemandangan kawasan pegunungan yang unik dan menakjubkan. Kintamani  juga jaraknya cukupd dekat dari pusat kota Denpasar yakni hanya Berjarak sekitar 2 jam perjalanan saja.

Apa Saja Sih Pesona Wisata Dari Kintamani ? Berikut Ini Kami Merangkum Ada 21 Tempat Wisata Di Kintamani Bali Yang Bisa Kamu Kunjungi :

1. Gunung Batur

Gunung Batur, Tempat Wisata di Kintamani Bali

Gunung Batur, Tempat Wisata di Kintamani Bali – Source: instagram.com/yury.okh

Tempat Wisata di Kintamani Bali yang pertama adalah Gunung Batur yang  terletak di Kecamatan Kintamani, Kabupaten Bangli, Bali.

Walaupun merupakan gunung yang masih aktif, namun terbilang tidak luput dari incaran para wisatawan baik domestik maupun mancanegara.

Gunung ini berada di sebelah timur Gunung Agung, sehingga jika kamu mendaki Gunung Batur dan kebetulan langit sedang cerah, maka kamu akan mendapatkan pemandangan Gunung Agung dari kejauhan.

Kamu ingin berburu sunset atau sunrise, keduanya bisa kamu dapatkan di disini!

Biaya yang dikenakan untuk mendaki gunung dengan ketinggian 1717 mdpl ini adalah Rp 15.000,00 untuk wisatawan domestik dan Rp 30.000,00 untuk wisatawan asing.

2. Danau Batur

Danau Batur, tempat wisata di kintamani bali

Danau Batur, tempat wisata di kintamani bali – foto ig @angga.kusuma11

Tempat Wisata di Kintamani Bali yang kedua yang bisa kalian kunjungi adalah Danau Batur, sebuah danau yang menjadi pesona dari Kecamatan Kintamani, Bali.

Danau Batur ini letaknya di Desa Penelokan Utara, yaitu sekitar 65 km dari Kota Denpasar.

Tahukah kamu bahwa sebenarnya Danau Batur ini adalah kaldera dari Gunung Batur yang terbentuk akibat letusan ribuan tahun lalu?

Jadi, Danau Batur ini terletak di lereng gunung. Ditambah lagi, Danau Batur juga disebut-sebut sebagai kaldera terbesar dan terindah di dunia. Wow!

Jika kamu mengunjunginya pada pagi hari, suasana akan bertambah magis karena kamu akan ditemani udara sejuk yang berselimut kabut. Romantis, kan?

3. Pemandian Air Panas Toya Bungkah

Pemandian Toya Bungkah, Tempat Wisata di Kintamani Bali

Pemandian Toya Bungkah, Tempat Wisata di Kintamani Bali – Source: balimediainfo.com

Jika kamu ingin merasakan hangatnya air pemandian air panas alami dengan pemandangan alam Kintamani, maka Tempat Wisata di Kintamani Bali  yang satu ini yakni Pemandian Air Panas Toya Bungkah adalah pilihan yang tepat.

Pemandian air panas ini masih terletak di dekat Danau Batur. Jadi, pemandangan Danau Batur akan sangat jelas dari sini. Di sini kamu bisa melepas lelah di tubuh selepas berwisata sambil bercengkerama dengan kawan seperjalanan.

Pemandian air panas ini terdiri dari dua kolam, yaitu kolam khusus wisatawan dan kolam yang bisa digunakan oleh warga sekitar.

Jika kamu berminat untuk berendam di kolam khusus wisatawan, kamu akan dikenakan biaya sekitar Rp 50.000,00/orang. Cukup pricey, ya?

Namun biaya ini sudah termasuk fasilitas seperti jus selamat datang, sampo, sabun, dan handuk, lho!

4. Desa Trunyan

Desa Trunyan, tempat wisata di kintamani bali

Desa Trunyan, tempat wisata di kintamani bali – foto @ricsnt

Apakah kamu penggemar hal-hal mistik, unik, dan menarik?

Jika ya, maka Tempat Wisata di Kintamani Bali yang satu ini yaitu Desa Trunyan bisa menjadi salah satu pilihan selanjutnya.

Tapi jangan kaget kalau di desa tertua Bali ini kamu akan menjumpai banyak tengkorak dan tulang belulang manusia.

Memang Desa Trunyan terkenal dengan cara pemakamannya yang unik dan tidak biasa. Jenazah orang yang telah meninggal hanya diletakkan begitu saja di bawah pohon taru menyan (kayu wangi) tanpa dikubur seperti sewajarnya.

Namun mayat-mayat ini tidak menimbulkan bau busuk sama sekali, karena baunya diserap oleh pohon trunyan.

Oh ya, mayat-mayat ini tidak “dipajang” begitu saja, melainkan masing-masing diberi pagar anyaman bambu di sekelilingnya.

5. Pura Ulun Danu Batur

Pura Ulun Danu Batur Kintamani

Pura Ulun Danu Batur Kintamani – Source: tripbaligo.com

Merupakan salah satu destinasi wisata sejarah dan religi yang menjadi favorit para wisatawan, pura ini adalah pura terpenting kedua setelah Pura Besakih.

Kompleks pura yang terdiri dari sembilan pura ini akan membuatmu terkesima karena pesonanya yang kental dengan nuansa Hindu.

Menurut sejarah, Pura Ulun Danu Batur ini semula berada di bawah kaldera dan kaki Gunung Batur.

Setelah mengalami kerusakan akibat letusan gunung pada tahun 1926, akhirnya pura dipindahkan ke bagian atas kaldera.

Jika kamu mengunjungi Pura Ulun Danu Batur ini, pastikan kamu menjaga sopan santun dan tata krama, ya!

6. Penelokan Kintamani

Penelokan Kintamani

Penelokan Kintamani – foto ig @ryansaputrasaryadi

Tempat Wisata di Kintamani Bali yang terakhir adalah Desa Wisata Penelokan. Desa Penelokan ini berada di Kintamani dan dapat ditempuh dari Ubud selama kurang lebih 40 menit.

Nama “penelokan” sendiri dalam bahasa Bali berarti “tempat untuk dilihat”.

Dinamakan demikian karena memang desa ini merupakan spot yang cocok untuk melihat pemandangan sekitar Kintamani. Kamu bisa melihat pemandangan Gunung dan Danau Batur dengan sangat jelas dari Desa Penelokan.

Di desa ini terdapat banyak restoran yang bisa menjadi pilihan untuk menikmati kuliner khas Bali. Kendati demikian, belum terlalu banyak tempat untuk bermalam di sini. Jadi usahakan atur itinerary-mu dengan sempurna!

7. Kula Gotra Pasek Trunyan

Kula Gotra Pasek Trunyan, Tempat Wisata di Kintamani Bali

Kula Gotra Pasek Trunyan, Tempat Wisata di Kintamani Bali – foto ig @mandabilly07_

Tempat Wisata Di Kintamani Bali Selanjutnya Yang Bisa Kalian Datangi Adalah Wisata Kula Gotra Pasek Trunyan.  Pemandangan Kawasan Ini Sangat Indah Karena Dekat Dengan Danau Batur Dan Pemukiman Warga.

8. Manikliyu Kintamani

Manikliyu Kintamani

Manikliyu Kintamani – foto ig @gungaay

Jika Kalian Menyukai Hutan Yang Atau Pepohonan Pinus Atau Bahkan Cemara, Coba Kalian Datangi Tempat Wisata Di Kintamani Bali Yang Satu Ini.

Namanya Adalah Manikliyu Kintamani. Kawasan Hutan Pinus Yang Berada Di Desa Glagah Linggah Di Pinggir Jalan Utama Desa Manikliyu – Kintamani, Bangli Bali Ini Kini Sering Dikunjungi Wisatawan.

9. Batur Global Geopark

Batur Global Geopark

Batur Global Geopark – foto ig @anikamarantika

Tempat Wisata Di Kintamani Bali Yang Cukup Populer Adalah Batur Global Geopark Yakni Sebuah Kawasan Bekas Letusan Gunung Yang Masih Menyisakan Bebatuan Hasil Dari Perut Bumi.

Kawasan Batur Geopark Termasuk Dalam Wilayah Kecamatan Kintamani, Kabupaten Bangli, Provinsi Bali, Berada Pada Ketinggian Diatas 1.000 Mdpl.

10. Museum Gunung Api Batur

Museum Gunung Api Batur

Museum Gunung Api Batur – foto ig @_dendyy

Selaian Kawasan Batur Global Geopark Yang Menjadi Tempat Melihat Aktivitas Bekas Letusan Gunung, Tempat Wisata Di Kintamani Bali Yang Juga Menampilkan Berbagai Aktifitas Pergunungan Dan Keanekaragaman Geologi, Hayati, Dan Budaya. Keanekaragaman Geologi Umumnya Diisi Oleh Batuan Produk Letusan Gunung Batur Adalah Museum Gunung Api Batur.

Pada Awalnya Museum Ini Bernama Museum Gunungapi Batur. Museum Ini Dibangun Atas Kerjasama Antara Direktorat Vulkanologi Dan Mitigasi Bencana Geologi, Direktorat Jenderal Geologi Dan Sumber Daya Mineral, Departemen Energi Dan Sumber Daya Mineral; Dengan Bappeda Kabupaten Bangli.

Museum Gunung Api Batur Terletak Di Taman Wisata Alam Penelokan, Kecamatan Kintamani, Kabupaten Bangli, Provinsi Bali. Museum Yang Diresmikan Pada 10 Mei 2007 Lalu, Memiliki Panorama Yang Indah Dan Udara Yang Sejuk.

11. Bukit Mande Desa Subaya

Bukit Mande Desa Subaya

Bukit Mande Desa Subaya – foto ig @joshkathey X

Bukit mende, Desa Subaya , Kintamani – Bangli, adalah salah satu bukit di antara beberapa jejeran perbukitan yang berada di Desa Subaya, Bukit Mende ini termasuk salah satu tempat yang indah, sejuk dan masih terjaga kelestarianya, karena belum banyak wisatawan yang tau keberadaan bukit mende ini.

Untuk menuju bukit mende, desa subaya anda akan melewati jalan kecil yang di dominasi dengan turunan dan tanjankan terjal, serta perkebunan dan pertanian warga. Karena warga Desa Subaya sebagian besar bekerja sebagai petani.

Bukit Mende, Desa Subaya, Kintamani – Bangli dapat di tempuh dengan waktu 2,5 – 3 jam perjalanan berkendara dari Kuta, dan 30 – 45 Menit perjalanan dari kota Bangli

12. N’Jung Bali Camp

N'Jung Bali Camp

N’Jung Bali Camp – foto ig @dektajuna

Wisata N’jung Bali Camp Juga Menjadi Salah Satu Tempat Wisata Di Kintamani Bali Terbaru Yang Menawarkan Sejuta Keindahan Yang Menakjubkan Khususnya Bagi Mereka Yang Sering Liburan Bersama Keluarga Dan Orang Tersayang.

N’jung Bali Camp Menyediakan Tempat Untuk Camping Lengkap Dengan Tenda, Api Unggun, Toilet Dan Fasilitas Lainnya.

Keindahanyang Ditawarkan Oleh N’jung Bali Camp Adalah Salah Satunya Pemandangan Pada Pagi Hari Dimana Kita Bisa Menikmati Udara Segar Dengan Sensasi Romantis Dilengkapi Pemandangan Danau Dan Gunung Sambil Memancing.

N’jung Bali Camp Ini Terletak Di Banjar Dalem, Songan, Kintamani, Bangli Bali.

13. Resto Apung Kintamani

Resto Apung Kintamani

Resto Apung Kintamani – foto ig @erzaminatullah

Jika Perut Terasa Lapar Dan Kalian Ingin Menikmati Kuliner Khas Bali Namun Dengan Suasana Yang Syahdu Dan Menenangkan Cobalah Datang Ke Resto Apung Kintamani.

Kawasan Ini Tidak Hanya Sekedar Tempat Makan Biasa Sebab Sering Juga Dijadikan Sebagai Salah Satu Lokasi Tempat Wisata Di Kintamani Bali Karena Berada Ditengah Danau Batur.

Resto Apung Kintamani  Berada Di Jl. Raya Kedisan, Kintamani, Songan B, Kec. Bangli, Kabupaten Bangli, Bali.

14. Air Terjun  Yeh Panes

Air Terjun  Yeh Panes

Air Terjun  Yeh Panes – foto ig @gus_ekam

Selain Terkenal Dengan Tempat Berendam Atau Air Panas Yeh Panes Di Kintamani Bali, Disekitar Kawasan Tersebut Juga Ada Tempat Wisata Bernama Air Terjun  Yeh Panes Yang Masih Tersembunyi Dan Jarang Diketahui.

Lokasi Air Terjun  Yeh Panes  Ini Berdekatan Dengan Sumber Air Panas Yeh Panes Terletak Di Desa Penatahan, Kecamatan Penebel, Kabupaten Tabanan, Bali.

Jaraknya Sekitar 41 Kilometer Dari Pusat Kota Denpasar Dengan Waktu Tempuh 45 Menit Dengan Menggunakan Kendaraan Bermotor.

15. Kayupadi Sunrise Camping

Kayupadi Sunrise Camping

Kayupadi Sunrise Camping – foto ig @iam.diwant

kawasan kintamani yang berada di ketinggian membuatnya menjadi salah satu tempat terbaik untuk melihat pemandangan pegunungan dan alam bali dari atas ketinggian.

tak heran banyak yang ingin menyaksikan keindahan sunrise bali dari kawasan kintamani dengan view gnung batur dan danau batur yang indah disertai lautan awan disekitarnya.

salah sat area atau tempat wisata di bali yang menyuguhkan semuanya dalam satu paket wisata adalah Kayupadi Sunrise Camping.

Kayupadi Sunrise Camping tidak hanya menyediakan fasilitas camping saja namun juga kawasan ini didesign sedemikian rupa agar tampi menarik dengan banyak spot yang instagramble.

Kayupadi Sunrise Camping ini berada Jl. Kayupadi, Songan A, Kec. Kintamani, Kabupaten Bangli, Bali 80652

16. Montana del cafe

Montana del cafe

Montana del cafe – foto ig @wiraklino

Salah Satuu Tempat Nongkrong Di Kintamani Bali Yang Paling Ngehits Adalah Montana Del Cafe.

Tempat In Merupakan Tempat Nongkrong  Atau Cafe Kekinian Yang Berada Di Kawasan Pegunungan Yakni Tepatnya Masih Masuk Kawasan Kaki Gunung Batur.

Tempat Wisata Sekaligus Tempat Makan Di Kintamani Ini Berada Di Jl. Raya Penelokan No.889, Batur Tengah, Kec. Kintamani, Kabupaten Bangli, Bali 80652.

Untuk Rute Menuju Montana Del Cafe Bisa Ditempuh Dari Pusat Kintamani Dengan Jarak Sekitar 4,3 Dan Membutuhkan Waktu Perjalanan Hanya Sekitar 15 Menit Saja.

17. Batur Coffee 1926

Batur Coffee 1926

Batur Coffee 1926 – foto ig @baturcoffee1926

Selain Montana Del Caffe, Salah Satu Tempat Nongkrong Di Kintamani Bali Yang Juga Seru Dan Ngehits Adalah Batur Coffee 1926.

Cafe Ini Juga  Menyguhkan Pemandangan Alam Latar Backgroud Gunung Bau Dan Juga Spot Foto Yang Instagenik Yang Biasa Dijadikan Pilihan Para Anak Nongkrong Atau Wisatawan Yang Datang Ke Kintamani.

Batur Coffee 1926  Berada Di Jl. Raya Kintamani, Batur Sel., Kec. Kintamani, Kabupaten Bangli, Bali 80652.

18. Alengkong Bali Camp

Alengkong Bali Camp

Alengkong Bali Camp – foto ig @alengkongbalicamp

Kawasan Kintamani Bali Memang Menuguhkan Pemandangan Alam Yang Indah. Banyak Spot Foto Dan Tempat Melihat Sunrise Bali Dari Atas Ketinggian Seperti Salah Satunya Adalah Alengkong Bali Camp.

Alengkong Bali Camp Ini Terletak Di Kubu Penlokan Kintamani Bai Dan Menampilkan Pemandangan Danau, Gunung Batur Serta Menawarkan Akomodasi Dan Taman Maupun Fasilitas Untuk Camping.

19.  sukawana sunrise

sukawana sunrise

sukawana sunrise – foto ig @sukawana_sunrise

Salah Satu Tempat Swafoto Kekinian Yang Menyuguhkan Pemandangan Alam Yang Indah Di Kintamani Dan Juga Menjadi Salah Satu Tempat Wisata Di Kintamani Bali Adalah Sukawana Sunrise.

Sukawana Sunrise Menyuguhkan Keindahan Sunrise Dari Kintamani Dan Gunung Batur Saat Pagi Hari. Pemandangan Lautan Awan Bisa Kita Saksikan Saat Sunrise Datang.

Sukawana Sunrise Berada Di Jalan Pura Penulisan – Balingkang. Banjar Paketan Ds, Sukawana, Kecamatan. Kintamani, Kabupaten Bangli, Bali.

20. Akasa kintamani coffee

Akasa kintamani coffee

Akasa kintamani coffee – foto ig @iraardaniii

Menikmati Keindahan Alam Gunung Batur Dari Kintamani Tidak Hanya Melalui Spot Foto Kekinian Saja Tapi Juga Bisa Dinikmati Sambil Bersantai Dan Menikmati Cofee Seperti Salah Satunya Yang Ditawarkan Oleh Akasa Kintamani Coffee.

Akasa Kintamani Coffee Kini Mulai Ngehits Dikalangan Traveller Yang Datang Ke Kintamani Untuk Menjadi Lokasi Foto Dengan Latar Gunung Batur. Akasa Kintamani Coffee Berada Di Penelokan Main Rd No.777, Batur Tengah, Kintamani, Bangli  Bali.

**

Itulah Tadi Daftar 21 Tempat Wisata Di Kintamani Bali Yang Bisa Kamu Kunjungi Bersama Teman Dan Orang Yang Kamu Sayangi. Selamat Liburan Ke Kintamani.

Share Artikel ini lewat
  •  
  •  
  •  
  •  

Leave a Reply

avatar
  Subscribe  
Notify of