32 Gereja Paling Bersejarah di Indonesia

Perkembangan ajaran nasrani di Indonesia memiliki nilai sejarah tersendiri dan hingga saat ini masih terus tetap terjaga dengan baik mulai dari bangunan peninggalnya hingga cerita dibaliknya.

Bukti dari berkembangnya ajaran Kristen di Indonesia terlihat dari kokohnya bangunan gereja yang bersejarah tersebut. Tidak hanya memiliki nilai sejarah, bangunan gereja tersebut juga memiliki nilai arsitektur yang unik dan indah.

daftar gereja paling bersejarah di indonesia

daftar gereja paling bersejarah di indonesia

Indonesia memiliki banyak gereja tua yang hingga sekarang masih dipergunakan atau dijadikan tempat ibadah. Berikut ini adalah daftar gereja tua yang bersejarah di Indonesia yang harus kamu tahu :

  1. Gereja Katedral Jakarta
  2. Gereja Katedral Bogor
  3. Gereja Katedral Bandung
  4. Gereja Immanuel Jakarta
  5. Gereja Sentrum Manado
  6. Gereja Sion Jakarta
  7. Gereja Santa Theresia Jakarta
  8. Gereja Tugu Jakarta
  9. Gereja Katolik Santa Maria de Fatima
  10. Gereja Ayam Jakarta
  11. Gereja Paulus Jakarta
  12. Gereja Zebaoth Bogor
  13. Gereja Katedral Semarang
  14. Gereja Katolik Santo Yusup Semarang
  15. Gereja Blenduk Semarang
  16. Gereja Katolik Kelahiran Santa Perawan Maria Surabaya
  17. Gereja Katedral Ujung Pandang
  18. Gereja Katolik Hati Kudus Yesus Tomohon, Sulawesi Utara 1903
  19. Gereja Maranatha Ambon
  20. Gereja Katolik Hati Santa Maria Tak Bernoda, Tanjungpinang
  21. Gereja Katolik Santo Yusup Ambarawa
  22. Gereja Katolik Santo Antonius Surakarta
  23. Gereja Kalimantan Evangelis Banjarmasin
  24. Gereja Tua Hila / Gereja Tua Immanuel Maluku
  25. Gereja Katedral Banjarmasin
  26. Gereja Tua Camp Vietnam, Batam
  27. GPIB Bethel Ayam, Tanjungpinang
  28. Gereja Tua Asei Jayapura
  29. Gereja Santa Theresia Lengko Ajang
  30. Gereja Saint Maria Imaculata Lela
  31. Hati Kudus Yesus Kayu Tangan Malang
  32. Gereja Tua Banda Naira

Yuk, kita intip langsung beberapa bangunan gereja paling bersejarah di Indonesia dibawah ini!

1. Gereja Kepanjen Surabaya

Gereja Katolik Kelahiran Santa Perawan Maria Sby

Gereja Katolik Kelahiran Santa Perawan Maria Sby – fto ig @itsvinnn._

Gereja Katolik Kelahiran Santa Perawan Maria atau yang lebih populer dikenal sebagai Gereja Kepanjen merupakan salah satu gereja paling bersejarah di Surabaya.

Dibangun pada tahun 1899, pembangunan tempat ibadah umat Nasrani ini dibuat oleh arsitek W. Westmaas dan diresmikan pada tahun 1900. 

Berkat arsitekturnya yang indah, Gereja Kepanjen pernah mendapatkan penghargaan dari komunitas Pelestarian Arsitektur Surabaya pada tahun 1996.

Dua tahun kemudian salah satu dari Gereja paling bersejarah di Indonesia ini ditetapkan sebagai bangunan cagar budaya oleh Walikota Surabaya.

2. Gereja Sentrum Manado

Gereja Sentrum Manado

Gereja Sentrum Manado – foto ig @kotatinutuan

Gereja Paling Bersejarah di Indonesia selanjutnya adalah Gereja Sentrum Manado atau lengkapnya Gereja Masehi Injil di Minahasa (GMIM) Sentrum Manado berlokasi di pusat kota Manado, tepatnya di Kelurahan Lawangirung, Kecamatan Wenang, Provinsi Sulawesi Utara.

Gereja Sentrum Manado Berdiri pada tahun 1677 dimana bangunan pada gereja ini adalah peninggalan masa kolonial Belanda ini merupakan gereja tertua di Manado.

3. Gereja Katedral Bogor

Gereja Katedral Bogor

Gereja Katedral Bogor – foto ig @tommy_immotz

Gereja tua paling bersejarah di Indonesia selanjutnya adalah Gereja Katedral Bogor atau bisa disebut 7 Museum Bersejarah di Indonesia yang harus kalian kunjungiCathedral Church of Bogor.

Gereja ini sudah dibangun sejak masa pemerintahan kolonial, tepatnya sejak tahun 1896.

Gereja paling bersejarah di Bogor ini memiliki nama resmi Gereja Katedral Santa Perawan Maria Seperti gereja-gereja tua dan bersejarah peninggalan kolonial pada umumnya, Gereja ini memiliki arsitektur khas yang sangat indah.

4. Gereja Ayam Jakarta, Gpib Pniel

Gpib Pniel, gereja ayam jakarta

Gpib Pniel, gereja ayam jakarta – foto ig @djgaspersz

Gereja paling bersejarah di Indonesia selanjutnya adalah Gereja Ayam.  Gereja ini  telah berdiri sejak 1850, dan memiliki penunjuk arah mata angin pada bagian puncaknya yang berbentuk ayam.

Arsitektur dari gereja yang memiliki nama resmi GPIB Pniel ini merupakan hasil rancangan dari Ed Cuypers dan Hulswit yang memadukan gaya arsitektur  Portugis dan Italia.

Selain arsitekturnya yang unik dan bersejarah, di gereja ini kamu juga bisa menemukan berbagai peninggalan bersejarah lainnya seperti sebuah Alkitab besar berbahasa Belanda dari 1855 diletakkan di atas mimbarnya..

5. Gereja Tua Sikka Maumere

Gereja Tua Sikka Maumere

Gereja Tua Sikka Maumere – foto ig @asisbai

Gereja ini didirikan dengan latar budaya Katolik pada tahun 1874 dan sampai saat ini Gereja ini merupakan salah satu Gereja Tertua di Kecamatan Lela, Kabupaten Sikka, Nusa Tengara Timur.

pada areal situs Gereja Saint Maria Imaculata terdapat bangunan utama dan dua buah bangunan lainnya yakni tempat Pastor Lama dan tempat Pastor Baru.

Gereja Saint Maria Imaculata Lela bisa ditempuh dari kota Maumere sekitar 37 menitan saja atau berjarak kurang lebih 25 Km ke arah selatan Kota Maumere

6. Gereja Candi Hati Kudus Yesus

Gereja Candi Hati Kudus Yesus

Gereja Candi Hati Kudus Yesus – foto ig @peni.respati1808

Terletak di daerah Bantul Jawa Tengah. Gereja Hati Kudus Yesus atau yang lebih dikenal dengan sebutan Gereja Ganjuran ini merupakan gereja paling bersejarah di Indonesia.

Gereja ini didirikan pada tahun 1924 oleh keluarga Schmutzer yang pernah memiliki pabrik gula di wilayah tersebut. 

Selain berusia tua, gereja ini menjadi sangat unik karena sekilas tampak seperti tempat ibadah umat Hindu dan memiliki arsitektur yang kental akan kebudayaan Jawa Hindu.

Berjalan-jalan di komplek gereja tertua dan bersejarah di Indonesia ini, kamu bisa melihat berbagai relief yang mirip seperti relief Candi Borobudur lengkap, Gua Maria berarsitektur Jawa, hingga Candi Hati Kudus Yesus.

7. GPIB Sion Jakarta

GPIB Sion Jakarta

GPIB Sion Jakarta – foto ig @duzhongshan

Sebagai salah satu gereja paling bersejarah di Indonesia, GPIB Sion yang dahulu bernama Portugeesche Buitenkerk alias Gereja Portugis merupakan gereja yang termasuk sebagai cagar budaya kelas A dan nomor 1 di Indonesia. 

Selain arsitekturnya yang sangat khas dan otentik, gereja tua ini juga merupakan makam bagi salah satu pemimpin Hindia Belanda. Keunikan lainnya adalah, terdapatnya sebuah lonceng tua yang indah, dimana lokasinya berada pada bagian luar gereja.

8. Gereja Blenduk Semarang

Gereja Blenduk Semarang

Gereja Blenduk Semarang – foto ig @van.chariel08

Gereja Blenduk disebut pula GPIB Immanuel merupakan salah satu gereja tertua dan juga bersejarah. Gereja itu dibangun warga Belanda yang tinggal di Semarang pada 1753.

Nama Blenduk merupakan pemberian nama dari warga Semarang, yang merujuk kubah gereja, yang berbentuk setengah lingkaran atau blenduk.

Gereja Blenduk memiliki kubahnya besar berlapis perunggu, dan di dalamnya terdapat sebuah orgel Barok.

Gereja ini sempat direnovasi pada 1894 oleh W. Westmaas dan H.P.A. de Wilde, yang menambahkan kedua menara di depan gedung gereja ini.

Hingga saat ini gereja Blenduk masih beroperasi sebagai gereja dan juga menjadi salah satu destinasi wisata dikawasan kota lama Semarang .

9. Gereja Santo Fidelis Sejiram

Gereja Santo Fidelis Sejiram

Gereja Santo Fidelis Sejiram – foto ig @kosmas_fikie_a

Gereja Fidelis Sejiram atau Gereja Santo Fidelis Sejiram menjadi salah satu gereja tertua di kalimantan selatan dan juga di indonesia. Gereja Fidelis Sejiram ini terletak di Seberuang, provinsi Kalimantan Barat.

Gereja ini tidak kalah tua dengan Gereja Katedral Bandung, hanya berselisih 3 tahun, yaitu sejak 1892.

Gereja ini menjadi saksi bisu Pastor Looymans yang menyebarkan ajaran nasrani kepada masyarakat di Kalimantan Barat. Ciri khas yang ada pada gereja ini adalah adanya patung ayam di atas gereja.

10. Gereja Immanuel Jakarta

GPIB Immanuel Jakarta

GPIB Immanuel Jakarta foto ig @ernestmario

Gereja paling bersejarah di Indonesia lainnya adalah GPIB Immanuel Jakarta yang berlokasi di Jakarta, tepatnya  di seberang Stasiun Gambir. Gereja bersejarah ini selesai dibangun pada tahun 1839.

Lewat konstruksinya yang unik dan dilengkapi kubah, salah satu gereja bersejarah di Indonesia ini mendapat penerangan sinar matahari yang merata.

Pada bagian kubah gereja bersejarah ini juga dilengkapi dengan menara bundar atau lantern yang terletak di atasnya. Lantern tersebut juga dihiasi dengan plesteran bunga teratai dengan enam helai daun, sebagai simbol dari Dewi Cahaya.

11. Gereja Santa Maria de Fatima Jakarta

Gereja Santa Maria de Fatima Jakarta

Gereja Santa Maria de Fatima Jakarta – foto ig @rsu430991

Gereja yang berada di kawasan pecinan Glodok, sekilas terlihat seperti kuil ataupun klenteng.

Gereja paling bersejarah  ini dibangun oleh seorang kapiten keturunan Tionghoa bermarga Tjioe pada 1954.

Jadi nggak heran jika bangunan gereja yang masih digunakan hingga saat ini tersebut, sangat kental dengan arsitektur khas bangunan China.

Karena  nilai sejarah dan juga keunikan arsitekturnya, bangunan gereja Santa Maria de Fatima ini ditetapkan pemerintah sebagai bangunan cagar budaya.

Baca Juga ya:

Nah Guys! Demikianlah ulasan mengenai gereja paling bersejarah di Indonesia.

Tak hanya sebagai tempat ibadah, berbagai gereja bersejarah di atas juga kerap menjadi tujuan wisata religi dan sejarah yang populer. Ayo, tunggu apa lagi!

 

You may also like...

Leave a Reply

avatar
  Subscribe  
Notify of