KATA OMED

12 Gunung Tertinggi di Papua

Published · Updated

Gunung tertinggi di Papua cukup banyak dan tersebar hampir disemua wilayah khususnya wilayah tengah papua atau yang sering disebut wilayah Puncak Papua.

Salah satunya Gunung Tertinggi di Papua ini juga tercatat sebagai salah satu gunung tertinggi di Indonesia.

Daftar nama-nama gunung di Papua tercatat ada banyak sekali. Ada lebih dari 12 gunung dan pegunungan di Papua yang terkenal.

Namun disini, saya hanya akan mengulas 7 gunung tertinggi di Papua beserta puncaknya dan juga ketinggianya.

Baca juga : Inilah Daftar nama lembah di papua yang terkenal keindahnya

gunung di papua

gunung di papua – foto milik @nuariman

Oh ya, di pulau Papua ini, ada 2 provinsi yakni provinsi Papua dengan ibu kota Jayapura dan provinsi Papua Barat dengan ibu kota Manokwari.

Namun tahun 2022 ini, pemerintah sudah memekarkan pulau Papua menjadi 5 provinsi dengan 3 tambahan provinsi baru Papua yakni :

  1. Provinsi Papua Selatan dengan ibu kota Merauke,
  2. Provinsi Papua Tengah dengan ibu kota Nabire &
  3. Provinsi Papua Pegunungan dengan ibu kota wamena

Sekilas tentang Pulau Papua

Papua adalah sebuah pulau yang berada di sebelah utara Australia dan merupakan bagian dari wilayah timur Indonesia. Sebagian besar daratan Papua masih berupa hutan belantara.

Jumlah penduduk di Pulau papua khusunya wilayah Indonesia tercatat sebanyak 4.346.593 jiwa berdasarkan sensus tahun 2019.

Papua merupakan pulau terbesar kedua di dunia setelah Greenland. Sekitar 47% wilayah pulau Papua merupakan bagian dari Indonesia, yaitu yang dikenal sebagai Netherland New Guinea, Irian Barat, West Irian, serta Papua.

peta pulau papua Indonesia

peta pulau papua Indonesia

Sebagian lainnya dari wilayah pulau Papua ini adalah wilayah negara Papua New Guinea (Papua Nugini), yaitu bekas koloni Inggris.

Jumalh Populasi penduduk di antara kedua negara sebetulnya memiliki kekerabatan etnis, tetapi kemudian dipisahkan oleh sebuah garis perbatasan.

Pulau Papua memiliki luas area sekitar 421.981 kilometer persegi dengan jumlah populasi penduduk hanya sekitar 2,3 juta.

Lebih dari 71% wilayah Papua merupakan hamparan hutan hujan tropis yang sulit ditembus karena banyak lembah yang curam dan pegunungan yang tinggi.

Bahkan sebagian dari pegunungan tersebut terdapat salju.

Gunung Tertinggi di Papua

Seperti yang disampaikan diatas jika saya hanya akan mengulas daftar 7 gunung dari 12 Gunung Tertinggi di Papua.

Berikut ini infonya penjelasnya :

1. Gunung Carstenz Pyramid / Puncak Jaya (4,884 Mdpl)

Puncak Jaya

Puncak Jaya – foto milik @abeau_champ

Salah satu gunung tertinggi di Papua bernama Gunung Cartenz atau dengan nama lain Puncak Carstenz Pyramid atau yang lebih sering disebut warga lokasl sebagai Puncak Jaya.

Puncak ini memiliki ketinggian 4,884 meter diatas permukaan laut.

Puncak Carstenz Pyramid ini tidak hanya menjadi gunung tertinggi di papua saja namun juga menjadi gunung tertinggi di Indonesia bahkan gunung Cartenz juga masuk kedalam 7 gunung tertinggi di Dunia.

Puncak Jaya atau Carstensz Pyramid sendiri sebenarnya adalah sebuah puncak yang menjadi bagian dari Barisan Sudirman yang terdapat di Provinsi Papua, Indonesia.

Di Puncak Jaya atau di Puncak Gunung Cartenz ini terdapat gletser Carstensz, satu-satunya gletser tropika di Indonesia.

Gunung Carstenz Pyramid

Gunung Carstenz Pyramid – foto milik @abeau_champ

Penamaan puncak gunung ini awalnya dikenal sebagai Nemangkawi di Amungkal.

Lalu berganti nama menjadi Piramida Carstensz setelah penjelajah Belanda Jan Carstenszoon menamainya ketika pertama kali melihat gletser di puncak gunung pada hari yang cerah pada tahun 1623.

Padang salju (gletser) Puncak Jaya berhasil didaki untuk pertama kali pada awal tahun 1909.

Pendakian ini dilakukan oleh seorang penjelajah Belanda, Hendrikus Albertus Lorentz dengan enam orang suku Kenyah yang direkrut dari Apau Kayan di Kalimantan Utara.

Oh ya gunung Cartenz ini berada dikawasan Taman Nasional Lorentz.

2. Gunung Trikora Papua (4,730 Mdpl)

Puncak Trikora, Gunung Tertinggi di Papua

Puncak Trikora, Gunung Tertinggi di Papua – foto milik @indonesiaexpeditions

Gunung tertinggi di Pulau Papua yang kedua adalah Gunung Trikora atau yang lebih sering disebut Puncak Trikora Papua. Ketinggian gunung Trikora ini adalah 4,730 meter diatas permukaan laut.

Puncak Trikora juga merupakan puncak gunung tertinggi kedua di Indonesia selain Puncak Jaya dan Puncak Mandala.

Puncak Trikora mempunyai kawasan hutan Dipterokarp Bukit, hutan Dipterokarp Atas, hutan Montane, dan Hutan Ericaceous atau hutan gunung.

Sebenarnya pada zaman pemerintahan Belanda Puncak Trikora ini lebih dikenal dengan nama Gunung Wilhelminatop atau Puncak Wilhelmina.

Banyak tim
 pendaki yang mendaki puncak Trikora tetapi hanya beberapa yang berhasil menggapai puncak
nya.

Hal ini dikarenakan Puncak Trikora sangat sulit untuk didaki jauh lebih sulit dari puncak jaya atau cartenz pyramid.

3. Gunung Ngga Pilimsit (4,717 Mdpl)

Gunung Ngga Pilimsit

Gunung Ngga Pilimsit – foto milik @izzy004

Gunung Ngga Pilimsit adalah salah satu Gunung yang ada dikawasan Pegunungan Sudirman Papua dan memiliki ketinggian 4717 meter diatas permukaan laut atau setara dengan 15476 kaki.

Gunung Ngga Pilimsit ini memang jarang sekali dikenal dan bahkan didaki. Hal ini selain medan yang sulit juga dikarenakan banyak yang lebih mengenal gunung disekitarnya seperti Puncak Jaya atau Puncak Trikora.

Sama dengan puncak gunung lainnya di pegunungan Sudirman, Puncak Gunung Ngga Pilimsit juga memiliki Salju meski semakin hari semakin menyusut jumlahnya.

4. Gunung Idenburg Papua (4,643 Mdpl)

Danau di Puncak Gunung Idenburg

Danau di Puncak Gunung Idenburg – foto milik @aditrawidagama

Gunung Idenburg adalah salah satu guung tertinggi di Papua yang juga bagian dari kawasan pegunungan Sudirman Papua.

Ketinggian Gunung Idenburg ini ada pada puncaknya yang lebih sering disebut Puncak Idenburg yakni sekitar 4643 Meter diatas permukaan laut.

Pada Tahun 2009 lalu, Tim Ekspedisi Perhimpunan Mahasiswa Pecinta Alam Mahitala Universitas Katolik Parahyangan berhasil mencapai salah satu puncak Gunung Idenburg di Pegunungan Sudirman, Papua ini.

5. Gunung Mandala Papua (4,640 Mdpl)

Pegunungan Sudirman Papua

Pegunungan Sudirman Papua – foto milik @nuariman

Menjadi salah satu dari sekian banyak gunung tinggi di Papua, Gunung Mandala tentunya memiliki keunikan dan keistimewaan sendiri.

Gunung Mandala juga merupakan salah satu gunung yang berada dikawasan pegunungan Sudirman dengan puncak tertingginya atau yang biasa disebut sebagai Puncak Mandala memiliki ketinggian 4640 mdpl.

Puncak Mandala membentuk bagian Pegunungan Bintang bagian timur dan berada dekat perbatasan Papua Nugini.

Puncak Mandala ini sering dijadikan sebagai salah satu target pendakian utama para penikmat ketinggian dari berbagai belahan dunia.

6. Gunung Yamin (4.535 Mdpl)

Puncak Yamin

Puncak Yamin – foto milik @pustakatropis.wanadri

Satu lagi Gunung tertinggi di Paua yang ketinggianya diatas 4000 Mdpl adalah Gunung Yamin. Gunung Yamin adalah salah satu gunung yang berada di kawasan Kabupaten Pegunungan Bintang provinsi Papua.

Gunung Yamin memiliki puncak tertinggi atau yang biasa disebut Puncak Yamin dengan ketinggian 4.535 Meter diatas permukaan Laut.

Puncak Yamin sendiri terletak di dua kabupaten, yaitu Kabupaten Pegunungan Bintang dan Kabupaten Yahukimo, Papua.

Salah satu permukiman terdekat di kaki Puncak Yamin adalah Osua Annin di Distrik Bime Kabupaten Pegunungan Bintang. Puncak Gunung Yamin disebut juga Olsua Vamin atau Gunung Lim.

Bebera waktu lalu atau tepatnya tanggal 1/10/2018 salah satu Tim dari Wanadri berhasil menaklukan Puncak Gunung Yamin selama 11 hari pendakian.

Pada pendakian ini tim Wanadri ini juga dibantu oleh Masyarakat Distrik Bime Kabupaten Pegunungan Bintang Provinsi Papua.

Pendakian ini tercatat sebagai orang dan tim Indonesia pertama di dunia yang berhasil melakukan pendakian bersama Masyarakat Distrik Bime, Kabupaten Pegunungan Bintang Provinsi Papua.

Daftar Gunung tertinggi di pulau Papua lainnya adalah :

7. Gunung Derabaro (4,150 m.dpl)
8. Gunung Yaramamafaka (3,370 m.dpl)
9. Gunung Redoura (3,083 m.dpl)
10. Gunung Togwomeri (2,680 m.dpl)
11. Gunung Cyrcloop (2,034 m.dpl)
12. Gunung Foja (1,800 m.dpl)
13. Gunung Dom (1,332 m.dpl)

Leave a Reply

avatar
  Subscribe  
Notify of