KATA OMED

17 Tempat Wisata Takengon Terbaru Dan Yang Paling Hits

Wisata Takengon – Jika sedang pergi ke Aceh jangan lupa untuk mampir ke Takengon. Takengon merupakan ibu kota Kabupaten Aceh Tengah, Provinsi Aceh, Indonesia.

Takengon terletak di sisi Danau Laut Tawar kecamatan Lut Tawar di tengah-tengah wilayah provinsi Aceh. Takengon merupakan dataran tinggi yang berhawa sejuk dengan ketinggian sekitar 1200 m di atas permukaan laut.

Kota Takengon Aceh Tengah

Kota Takengon Aceh Tengah

Jadi ada banyak sekali wisata Takengon terbaru dan yang super hits yang bisa dikunjungi wisatawan yang datang ke takengon.

Beberapa tempat wisata di Takengon Aceh yang layak dimasukkan ke dalam draf tujuan berwisata saat liburan pasca pandemi nanti diantaranya :

1. Danau Laut Tawar

Danau Lut Tawar Takengon

Danau Lut Tawar Takengon

Wisata Takengon hits pertama adalah Danau Laut Tawar atau masyarakat Suku Gayo yang merupakan masyarakat asli menyebutnya Danau Lut Tawar.

Tempat ini tidak hanya menjadi destinasi tetapi juga menjadi sumber air sebagian besar masyarakat Aceh khususnya yang tinggal di Takengon.

Keunggulan Danau Laut Tawar ialah panorama alamnya sangat indah karena di sekitar danau terdapat bukit menghijau jika sedang musim penghujan.

Jika dilihat dari ketinggian terpampang pemandangan indah laksana lukisan para pelukis profesional yang berhasil menyalin suasana alam ke dalam kanvas.

Sekalipun masih belum ada fasilitas memadai, traveler tidak perlu khawatir untuk berfoto karena spot banyak dan terbentuk secara alami. Makanya, hasil foto pasti instagenik dan cocok disebar di media sosial.

2. Tambatan Perahu Kampung Lot Kala

Danau lut tawar Takengon

dermaga Danau lut tawar Takengon

Jika kalian penyuka sunsite jangan lupa mampir ke Tambatan Perahu Kampung Lot Kala yang merupakan destinasi danau hits di Takengon.

Di sini, banyak sekali spot foto menarik dengan menjadikan matahari terbenam atau sunsite sebagai latar belakang.

Angle foto paling menarik adalah selfie di antara sekoci milik warga setempat yang berbaris rapi di tepi dermaga.

Kalian juga bisa mengambil pose di depan tulisan Tambatan Perahu Kampung Lot Kala yang dipasang unik dengan pengambilan angle indah.

3. Pantai Menye

Danau Laut Tawar Takengon Sangat Luas

Danau Laut Tawar Takengon Sangat Luas

Wisata Takengon terbaru layak dikunjungi selanjutnya adalah Pantai Menye yang terletak di perkampungan Gayo tepatnya di timur Danau Laut Tawar.

Ini merupakan tempat wisata yang unik karena sesungguhnya Pantai Menye adalah destinasi wisata danau yang memiliki deburan ombak seperti laut.

Sesuai namanya Pantai Menye atau Pantai Manja, traveler yang ingin memanja diri pasti datang ke tempat ini karena pemandangannya indah.

Apalagi jika datang saat matahari terbenam pasti suasananya lebih mengagumkan dan membuat kalian betah berlama-lama di pantai.

4. Bur Lancuk Lereng

Bur Lancuk Lereng

Bur Lancuk Lereng//Traveloka.com

Tempat wisata di Takengon yang hits adalah Bur Lancuk Lereng yang terletak di Aceh Tengah yang memang dikenal gudangnya wisata. Dari sini, kalian bisa melihat ibu kota Aceh dari atas ketinggian layaknya korek api yang tersusun dengan rapi.

Bur Lancuk Lereng adalah dataran tinggi dengan ukuran 1600 mdpl yang membuat traveler tertarik untuk mendakinya sampai ke puncak. Sebab, jika sudah tiba di puncak kalian akan disambut dengan pemandangan alam yang indah sekaligus udara yang bersih dan menyehatkan.

Bur Lancuk Lereng dilengkapi fasilitas wisata yang memadai salah satunya ialah sudah dibangun spot foto yang jumlahnya mencapai puluhan unit.

Salah satu spot yang paling digemari adalah berfoto di depan tulisan “Love Gayo” yang dibuat secara kreatif oleh masyarakat setempat.

5. Dermaga Lukup Penalam

Dermaga Lukup Panalan

Dermaga Lukup Panalan – foto ig @adit_nainggolan

Dermaga Lukup Panalan adalah tempat wisata sekaligus area berolahraga yang berada di Kota Takengon Aceh.

Di sini, pengunjung tidak hanya menikmati pemandangan pantai tetapi juga bisa ber-joging atau lari-lari kecil bersama seluruh anggota keluarga.

Pengelola membangun fasilitas jogging yang bagus dengan jarak tidak sampai 1 km yang lokasinya masih berada tepat di dermaga.

Maka dari itu, untuk berolahraga datang ke Dermaga Lukup Panalan bersama keluarga, kerabat, teman dan orang-orang terdekat yang lainnya.

6. Air Terjun Mengaya

Air Terjun Mengaya

Air Terjun Mengaya -foto ig @rah.nb_

Wisata Takengon yang terakhir adalah Air Terjun Mengaya yang terletak di Desa Mengaya Kecamatan Bintan Takengon Aceh. Ini merupakan tempat liburan yang bagus terutama bagi kalian pencinta wisata alam yang asri dan sejuk.

Karena lokasi air terjun berada di tengah hutan, maka silakan datang di siang hari atau sore hari menjelang matahari terbenam.

Jika kalian beruntung akan bertemu dengan satwa langka seperti tenggiling, burung jalak dan ayam hutan.

7. Puncak Patan Terong

puncak Pantan Terong Takengon

Namanya adalah Wisata Pantan Terong yakni sebuah bukit yang berada pada ketinggian lebih dari 1.350 meter di atas permukaan laut.

Dari tempat ini selain tampak ibu kota Takengon dan Danau Laut Tawar secara keseluruhan, juga lapangan Pacuan Kuda Belang Bebangka di Kecamatan Pegasing, bandar udara Rembeledi Simpang Tiga Redelong.

Pemandangan keceh lainnya yaitu Hamparan perbukitan yang mengelilingi kawasan Danau Laut Tawar dan Jalanan yang berliku2 ditengah kebun kopi warga yang membuatnya semakin terlihat apik.

8.  Air Terjun Tansaran Bidin

Air Terjun Tansaran Bidin

Air Terjun Tansaran Bidin

Air Terjun Tansaran Bidin merupakan air terjun yang berada di Kabupaten Bener Meriah, air terjun ini menawarkan keindahan alam yang masih alami serta air terjun setinggi 50 meter.

9. Air Terjun Rerebe

Air Terjun Rerebe

Air Terjun Rerebe

Air Terjun Rerebe Kolam Biru adalah salah satu air terjun indah yang mempunyai lebar lebih kurang 100 meter dan panjang lebih kurang 110 dengan kedalaman kolam 2-8 meter.

Memang bukan perkara yang mudah untuk menengok pesona dari Air Terjun Kolam Biru Rerebe ini. Anda harus melewati pemukiman warga sekitar, serta melalui jalur yang masih berupa tanah.

 

**

Itulah wisata Takengon terbaru yang hits dan viral tahun 2020 ini.

Untuk kalian yang ingin berpelesir bersama keluarga, silakan datangi saja tempat wisata yang review-nya sudah dijelaskan panjang lebar di atas. Dijamin, perjalanan lebih mengesankan dan menyenangkan.

Share Artikel ini lewat
  •  
  •  
  •  
  •  

Leave a Reply

avatar
  Subscribe  
Notify of