KATA OMED

Curug Surodipo, Air Terjun Yang Menyimpan Sejarah Dibalik Keindahannya

Curug Surodipo – Bila menyebut Kota Temanggung , yang terlintas di benak banyak orang pertama kali pastilah tembakau berkualitas tinggi. Ini tak mengherankan karena kota ini sejak dari zaman kolonial memang terkenal sebagai daerah penghasil tembakau yang berkualitas tinggi.

Curug Surodipo Temanggung

Curug Surodipo Temanggung – Sumber : ramahtraveler.com

Letak kabupaten yang masih masuk provinsi Jawa Tengah ini berada di kaki gunung Sindoro Sumbing Prahu yang memang cocok untuk membudidayakan tanaman sejenis Tembakau. Tapi selain terkenal sebagai penghasil tembakau terbaik , kota ini juga terkenal akan pemandangan alam pegunungan yang sangat indah. Panorama alam dari daerah ini tidak diragukan lagi keindahannya.

Namun , tak banyak yang tahu pula bahwa kontur perbukitan dan pegunungan dari kabupaten ini juga menghasilkan beberapa air terjun yang sangat indah dan menakjubkan. Salah satunya adalah air terjun yang berada di barat laut dari pusat kota temanggung ini.

Nama air terjun ini adalah Curug Surodipo. Penamaan air terjun ini sendiri erat kaitannya dengan salah satu bangsawan dari keraton yogyakarta yang juga merupakan pahlawan nasional yang cukup terkenal Pangeran Diponegoro.

Lokasi Curug Surodipo

Letak air terjun nan cantik ini berada di Desa Tawangsari , Kecamatan Wonoboyo , Kabupaten Temanggung. Kecamatan Wonoboyo sendiri hanya dapat di akses dari arah timur melalui jalan Raya Parakan-Weleri atau melalui Kecamatan Kandangan-Jumo.

Lokasi Air Terjun Surodipo

Lokasi Air Terjun Surodipo – foto indexberita.com

Bagi yang datang dari arah selatan sebaiknya agan lewat Jalan Raya Parakan-Weleri. Untuk lewat jalan ini agan harus menuju ke Kecamatan Parakan terlebih dahulu.  Parakan sendiri adalah sebuah daerah yang masih dalam naungan Kabupaten Temanggung dan berjarak sekitar 15 km  dari pusat kota  alun-alun Temanggung. Dari Alun-alun kota Temanggung ini anda harus berkendara sekitar setengah jam ke arah barat.

Untuk menuju ke daerah Curug Surodipo berada, yaitu Kecamatan Wonoboyo adapat melalui Alun-alun kota Temanggung. Dari alun-alun kota Temanggung , anda bisa lewat Jl.Bulu-Parakan atau Jl.Ajibarang-Secang. Yang pasti ke dua rute jalan dari alun-alun kota Temanggung ini sama-sama membawa anda menuju Parakan

Rute menuju Curug Surodipo

Untuk menuju ke Curug Surodipo, para pengunjung akan berjalan melewati Jalan batu yang  membelah melewati kebun kopi dan kebun sayur milik penduduk sekitar.

Pemandangan alam dari Desa Tawangsari pun bisa anda lihat karena jalan batu ini telah sampai di ketinggian yang cukup untuk melihat pemandangan ke bawah.

Rute menuju Curug Surodipo

Rute menuju Curug Surodipo – foto superadventure.co.id

Beberapa saat kemudian jalan batu ini pun membawa anda ke tempat parkir yang terletak di ketinggian 1125 Mdpl. Di tempat parkir ini telah tersedia bangunan dari kayu beratap ijuk.

Dari area parkir yang terakhir , perjalanan harus dilanjutkan dengan jalan kaki alias tracking karena jalan yang dilalui cukup menanjak. Tapi tenang, semua kelelahan akan hilang dan terbalaskan dengan pemandangan yang di sajikan di sepanjang perjalanan .

Setelah melalui perjalanan yang cukup melelahkan, kita akan melihat dua bukit. Dan disinilah mengalir air sungai bentukan dari air terjun.

Tapi tak jarang juga dari atas bukit menyembur air membentuk air terjun kecil dengan debit air yang kecil. Karena menyembul dari ketinggian yang cukup tinggi , sehingga terlihat seperti benang putih kecil mengelantung di antara warna hijau pepohonan.

Dan setelah 5 menit berjalan menuruni jalan setapak  dan sampai dibawah lembah ditepi sungai , terlihat air terjun inilah yang  disebut Curug Surodipo.

Pemandangan di Curug Surodipo

Air terjun Surodipo memiliki tinggi sekitar 120 meter dari puncak sampai ke dasarnya. Di sekitar lokasi ari terjun ini dikelilingi oleh tebing bebatuan berbentuk setengah lingkaran. Dengan keadaan sekitarnya yang juga ditumbuhi berbagai tumbuhan yang tumbuh di tepian bebatuan menambah keindahannya yang alami.

Curug Surodipo Temanggung Jawa Tengah

Curug Surodipo Temanggung Jawa Tengah – ftoo jadwaltravel.com

Keunikan lainnya juga ialah terdapat 5 terjunan bertingkat yang berjarak 20 meter antara satu dengan yang lainnya. Airnya yang jernih dan segar semakin menambah keistimewaan tempat ini. Curug Surodipo tidak hanya menawarkan keindahan alam sekitarnya, pengunjung juga bisa menghilangkan kepenatan dan menjadikannya tempat untuk bersantai serta berelaksasi.

Selain dijadikan tempat bersantai oleh para wisatawan, lokasi ini juga sering digunakan oleh para pengunjung yang sengaja datang untuk bermeditasi. Mereka sering bermeditasi di gua-gua sekitar Watu Godheg yang berada tak jauh dari air terjun. Keindahan, legenda, serta keistimewaan lainnya patut menjadikan lokasi ini sebagai destinasi wisata yang sayang untuk dilewatkan.

Sejarah tentang Curug Surodipuro

Sejarah Curug Surodipuro

Sejarah Curug Surodipuro – foto najibtmg.wordpress

Nama Curug Surodipuro berasal dari nama salah satu panglima Perang Diponegoro, yaitu Kyai Surodipuro. Walaupun belum ada bukti sejarah secara pasti mengenai keberadaan curug tersebut, akan tetapi menurut warga sekitar terdapat Makam Kyai Surodipuro di kawasan tersebut.

Selain itu, tempat wisata yang menawan ini pernah menjadi tempat bersejarah. Tempat ini pernah digunakan oleh Pangeran Diponegoro sebagai salah satu tempat untuk mengatur siasat perjuangan melawan Belanda dalam perang gerilya yang berlangsung tahun 1925-1930 itu.

Share Artikel ini lewat
  •  
  •  
  •  
  •  

Leave a Reply

avatar
  Subscribe  
Notify of