Uniknya Rumah Adat Ume Kebubu Di Pulau Timor

Ume Kebubu – Di pulau Timor Yang menjadi bagian dari Provinsi Nusa Tenggara Timur, ternyata ada banyak suku yang berbeda-beda dan salah satu suku besarnya adalah suku Atoni atau yg biasa disebut suku Dawan.

Suku Dawan sendiri menempati hampir seluruh wilayah Timor Barat yang tersebar di Kota Kupang dan di tiga kabupaten lainnya yakni Kabupaten Kupang dengan ibu kotanya Oelamasi, Kabupaten Timur Tengah Selatan dengan ibu kota Soe dan Kabupaten Timur Tengah Utara dengan ibu kota Kefamenanu, Provinsi Nusa Tenggara Timur (NTT).

Ume Kebubu, rumah adat suku dawan

Ume Kebubu, rumah adat suku dawan

Nah selama perjalanan melintasi kota kota tersebut maka disepanjang jalan kita akan melihat banyak rumah adat yang cukup menyita perhatian karena bentuknya dan bahan bangunanya terutama atapnya yang masih terbuat dari dedaunan kering.

Salah satu ciri khas dari suku Dawan adalah bentuk rumahnya yang berbeda antara rumah perempuan dan rumah laki-laki.

Rumah Adat Ume Kebubu

Rumah Adat Ume Kebubu

Rumah perempuan yang saya abadikan ini bernama rumah Ume Kebubu yang konon melambangkan wanita orang Timor yang santun, bersahaja, merendah, dan tertutup auratnya sebagaimana dilambangkan dalam bentuk rumah adat Ume Kebubu.

Sementara itu, rumah adat laki-laki bernama Lopo yang melambangkan sosok laki-laki yang terbuka, kokoh, dan sebagai tempat berkumpulnya keluarga yang dipimpin oleh bapak selaku kepala keluarga.

Ume Kebubu, rumah adat di pulau timor

Ume Kebubu, rumah adat di pulau timor

Biasanya Lopo akan diletakan atau dibangun didepan rumah utama sementara Ume kebubu berada dibelakang rumah utama karena umumnya dijadikan tempat penyimpanan bahan makanan atau juga menjadi dapur utama.

Oh ya sekedar tips ringan, saat saya ingin memotret salah satu rumah adat ini, saya mencari rumah yang juga berjualan minum atau yang ada warungnya sehingga setelah membeli minum, kita bisa meminta izin buat mengabadikan momen sejenak.

Kalo Berguna, Silahkan Share

You may also like...

Leave a Reply

avatar
  Subscribe  
Notify of