Wow Jakarta ke Lombok cuma Habis 190 Ribuan ? Ini Tipsnya

Buat kalian yang mau liburan ke Lombok tapi ngerasain kesulitan dan terkendala soal mahalnya harga tiket pesawat ? Tapi saat ini kalian memang lagi bener-bener butuh liburan, tenang aja guys, saya punya sedikit tips Liburan hemat ke Lombok dengan biaya sangat Murah.

Gili Kondo Wisata di Lombok

Transportasi Menuju Lombok

Kalian ngerasa kan Tiket pesawat lagi mahal banget ? Yup solusinya cuma satu yakni beralih moda transportasi. Mungkin yang selama selalu naik pesawat saatnya kalian mencoba keseruan dan pengalaman baru dengan lewat jalur darat plus jalur laut.

Jakarta – Surabaya Naik Kereta

Naik kereta sepertinya bukan hal pertama buat kalian. Jadi kalian sudah tau bakalan seperti apa saat dikereta terlebih rute Stasiun Jakarta ke Stasiun Surabaya yang cukup lama. Jangan lupa juga buat beli tiket keberangkatan kereta dari jauh-jauh hari agar tidak kehabisan tiket.

stasiun senen Jakarta – foto pegipegi

Untuk harga tiket keretanya adalah Rp 104.000 per penumpang menggunakan kereta Gaya Baru Malam Selatan dari Stasiun Senen Jakarta. Lama perjalanan dari Jakarta ke Surabaya menggunakan kereta adalah sekitar 15-16 jam. Kita akan transit dibanyak stasiun kota-kota besar pulau Jawa.

Baca JugaMau Liburan ke Morotai Maluku, Ini dia info lengkap soal Transportasi,Penginapan dan wisatanya

Jika kalian naik dari Stasiun Senen pukul 10.00 pagi maka kalian akan tiba di stasiun Gubeng Kota Surabaya sekitar pukul 01.35 pagi dini hari. Setibanya di Stasiun, lanjutkan perjalanan kalian dengan ojek online atau angkutan lainnya menuju pelabuhan Ferry Surabaya.

Gunung Rinjani

Surabaya – Lombok Lewat Laut

Kini saatnya kalian mencoba serunya naik kapal laut. Itung-itung kalian mencoba hal baru dan petualangan yang lebih menantang. Rute dari Surabaya ke Lombok bisa menggunakan 2 jenis kapal. Pertama Kalian bisa naik kapal Pelni yang gedenya segede stadion yang bisa diisi ribuan orang maupun kendaraan atau yang kedua kalian bisa naik kapal Ferry Asdp yang ukuranya jauh lebih kecil.

Pelabuhan Surabaya – foto surabayapunyawisata

Kalian juga sebenarnya sudah beruntung karena sekarang sudah tersedia jalur penyebrangan Kapal Ferry Roro milik Asdp yang berlayar dari pelabuhan Surabaya menuju Pelabuhan Lembar di Lombok di Nusa Tenggara Barat langsung tanpa transit-transit lagi. Kapal Feri Roro yang melayani rute langsung Surabaya ke Lombok adalah KMP Legundi. Tercatat ada 3 kalian jadwal penyebrangan kapal Surabaya ke Lombok dan sebaliknya dari Lombok ke Surabaya setiap minggunya.

Dibutuhkan waktu pelayaran sekitar 21 jam lamanya untuk tiba di Lombok dari pelabuhan Surabaya. Meski pelayarannya terlihat lama namun itu sangat jauh lebih hemat baik dari segi waktu dan biaya dibandingkan saat kalian melakukan perjalanan Surabaya-Lombok via jalur darat melewati berbagai pelabuan dan kota seperti Banyuwangi dan Denpasar Bali.

Baca JugaMau Liburan ke Karimunjawa, Jangan Lupa Catat Jadwal keberangkatan Kapalnya

Pelabuhan Lembar – Foto suarantb

Berikut ini saya infokan Jadwal keberangkatan Kapal Ferry Roro dari Surabaya menuju Lombok maupun sebaliknya yang sempat saya catat. Ingat, jadwal dan harga tiketnya bisa berubah sewaktu-waktu disesuaikan dengan kondisi dan keadaan.

Jadwal kapal Ferry Dari Surabaya ke Pelabuhan Lembar Lombok, jadwalnya adalah setiap :

Hari Selasa, Pukul 14.00 WIB
Hari Kamis, Pukul 14.00 WIB dan
Hari Sabtu, Pukul 14.00 WIB

Dan Jadwal Pelayanan atau keberangkatan kapal Ferry dari Pelabuhan Lembar Lombok menuju pelabuhan Surabaya

Hari Senin, pukul 09.00 WITA
Hari Rabu, pukul 14.00 WITA dan
Hari Jumat, pukul 14.00 WITA

Waktu Perjalanan : 20 – 21 jam
Jarak : 1372.0 km

Harga Tiket Kapal Ferry dari Surabaya ke Lombok

Harga Tiket penumpang kapal Ferry Roro tanpa membawa kendaraan dari Surabaya ke pelabuhan Lembar Lombok adalah :

Dewasa : Rp 87,000
Anak-anak : Rp 62,000

Sementara Biaya Penumpang Dengan membawa Kendaraan akan disesuaikan jenis Golonganya :

Golongan I – Sepeda : Rp141,000
Golongan II – Sepeda Motor (<500CC) : Rp233,000

Selengkapnya Soal Harga Tiket, Update Jadwal Ferry dan lainnya bisa kalian baca disini :  Update Jadwal Kapal Ferry dari Surabaya ke Lombok

Km lengundi menuju Lombok dari Surabaya – foto surabayatribunnews

Jika kalian sudah yakin akan menggunakan rute pelayaran ini maka kalian bisa membeli Tiket penyeberangan rute Surabaya-Lembar Lombok Pergi Pulang secara online atau langsung ke pelabuhanya. Jika kalian mau membeli tiket online, jangan lupa cek harga dan update jadwal terbarunya di situs tiket.indonesiaferry.co.id

Setibanya di pelabuhan Lembar Lombok kalian bisa melanjutkan perjalanan menuju destinasi wisata disana menggunakan sewa kendaraan motor atau mobil yang sudah kalian hubungi sebelumnya. Ingat kalian harus hati-hati selama dipelabuhan terutama dalam menjaga barang-barang.

Total Biaya atau Rincian Pengeluaran dari Jakarta ke Lombok

Tiket Kereta Api Rp : Rp 104.00
Tiket Kapal Ferry Asdp : Rp 87.000

Total biaya yang dibutuhkan adalah Rp 191.000 (Khusus transportasi).

*Catatan

1. Total biaya diatas diluar pengeluaran pribadi kalian dan juga biaya makan selama diperjalanan.
2. Harga, jadwal kapal maupun kereta selalu berubah2 dan tidak tetap karena mengikuti kondisi dan keadaan. Pastikan cek via online untuk update info terbaru

Selamat Berlayar

Omed

Bapaknya komunitas Backpacker Jakarta yang hanya ingin menceritakan pengalaman saya berkeliling Indonesia selama 360 Hari ke 34 Provinsi dan lebih dari 380 Kabupaten atau kota se Indonesia. Jangan lupa Follow Instagram @kataomed untuk melihat aktivitas dan keseharian saya

Leave a Reply

avatar
  Subscribe  
Notify of