Backpackeran ke Belitung, Bangka dan Palembang via Darat

Akhirnya untuk pertama kali saya bisa backpackeran dari Belitung ke Bangka dan ke Palembang via Darat atau naik kapal laut.

Perjalanan yang cukup panjang dan memakan waktu ini membuat saya tau harus naik apa.

Saya akhirnya naik kendaraan darat dari Kota Tanjung Pandan Belitung menuju Kota Pangkal Pinang di Bangka hingga ke Muntok Bangka Barat dan berakhir di Palembang.

Baca juga : Inilah info backpackeran ke lombok catat info lengkapnya

Pulau Lengkuas wisata andalan Belitung

2 hari sebelumnya saya bersama teman-teman dari komunitas Backpacker Jakarta mengadakan trip explore Belitung dan mengunjungi banyak destinasi wisata di Belitung.

Seperti salah satunya ke Pulau Lengkuas, Tanjung Kelayang dan juga pantai Tanjung Tinggi tempat Syuting Film Laskar Pelangi.

Perjalanan saya lanjutkan kembali setelah explore Belitung yakni menuju Pulau Bangka via Laut dan menuju kota Palembang juga via laut.

Tertarik buat baca keseruanya dan perjalananya? Yuk simak ceritanya berikut ini.

Rute Belitung – Bangka

Rute pertama yang saya ambil adalah Pulau Belitung menuju Pulau Bangka.

Demi menghemat waktu akhirnya saya memutuskan untuk naik kapal Express Bahari atau sejenis kapal cepat.

Kapal ii berangkat dari pelabuhan Laskar Pelangi Tanjung Pendam Belitung menuju pelabuhan Pangkal Balam Kota Pangkal Pinang Pulau Bangka.

Pelabuhan Tanjung Pandan

Pelabuhan Kota Tanjung Pandan Belitung ini merupakan salah satu pelabuhan untuk kapal-kapal cepat ataupun kapal angkutan Barang.

Sementara untuk kapal-kapal jenis Roro tidak ada dipelabuhan ini melainkan dipelabuhan satu lagi yakni Pelabuhan Roro ASDP Belitung.

Pelabuhanya menurut saya cukup bagus dan lengkap plus tidak ada calo-calo seperti dipelabuhan pada umumnya.

Pelabuhan Laskar Pelangi Tanjung Pandan Belitung

Sebenarnya selain kapal Ferry Express Bahari ada juga kapal lainnya yang bisa mengangkut penumpang dari Belitung ke Bangka yakni kapal Ferry Roro milik Asdp.

Kapal Roro ini jauh lebigh besar ukuranya dibanding kapal cepat namun lajunya cukup lambat.

Hal ini dikarenakan kapal roro mengangkut tidak hanya penumpang saja namun juga membawa barang hingga kendaraan umum.

Ruang Tunggu Pelabuhan Laskar Pelangi Tanjung Pandan Belitung

Jika menggunakan Bahari Express kita hanya membutuhkan sekitar 3 jam perjalanan laut hingga akhirnya kita bisa tiba di kota Pangkal Pinang.

Kedua pelabuhan baik pangkal Balam maupun pelabuhan Tanjunng Pendam sama-sama berada dipusat kota sehingga kita bisa dengan mudah melanjutkan perjalanan.

Bandingkan dengan kapal roro ferry yang mengharuskan kita menuju pelabuhan diluar kota dan akses transportasinya juga cukup sulit.

Harga Tiket Kapal Dari Belitung ke Bangka

Untuk harga tiket penumpang menggunakan kapal Bahari Express dari Belitung ke Bangka ataupun sebaliknya cukup mahal dibanding kapal fery roro milik asdp.

Setiap penumpang yang naik kapal cepat Express Bahari dari pelabuhan Tanjung Pendam Belitung ke pelabuhan Pangkalan Balam Bangka adalah Rp 210.000.

Harga Tiket ini Sudah termasuk peron dan ansuransi penumpang.

Harga Tiket Kapal Bahari Express dari Tanjung Pandan Belitung ke Pelabuhan Pakal Balam Bangka

Jika dibandingkan dengan naik kapal ferry roro yang lebih lambat jalanya, harga tiket kapal roro ferry jauh-jauh lebih murah yakni Rp 30.000 – 40.000 / penumpang. Yah tentunya dengan resiko lama perjalanan akan sangat menyiksa hingga lebih dari 6 jam.

Untuk harga tiket angkutan kendaraan dan barang akan disesuaikan dengan golonganya, detailnya kalian bisa cek langsung kepelabuhan roronya.

Welcome di kota Pangkal Pinang Bangka

Mengetahui jadwal kapal Express Bahari yang hanya ada 1x penyebrangan dalam sehari.

Baik dari Belitung ke Bangka ataupun dari Bangka ke Palembang maka saya memutuskan untuk menginap semalam di kota Pangkal Pinang.

Kota ini adalah kota terbesar diprovinsi Bangka Belitung (Babel) dan kota ini juga menjadi pusat pemerintahan Ibu Kota Provinsi Babel.

Pelabuhan Pangkal Balam Bangka

Karena hari itu hari senin maka hari selasa tidak ada penyebrangan kapal express Bahari.

Nah Satu-satunya cara melanjutkan perjalanan menuju Palembang adalah menggunakan kapal Ferry Roro Asdp yang selalu beroperasi 3-4 kali dalam sehari.

Jalan-Jalan ke Danau Kaolin Air Bara

Menginap semalam di kota Pangkal Pinang adalah keputusan yang tepat.

Selain karena bisa beristirahat saya juga bisa menyempatkan diri untuk berkeliling ke beberapa destinasi wisata keren di Bangka salah satunya adalah menuju Danau Kaolin Air Bara yang sangat Indah.

Tak hanya itu saja saya juga bisa menikmati beberapa kuliner khas Bangka lainnya seperti mie Koba dan Otak-otak.

Tak ketinggalan tentunya menikmati secangkir kopi khas Bangka yang selalu saya rindukan.

Hotel Berlian Inn Pangkal Pinang Bangka

Saya menginap di Hotel Berlian In yang sudah terintegrasi dengan redoorz.

Alasan saya memilih hotel ini karena selain murah yang hanya 100 ribuan juga karena hotel ini menyediakan penyewaan motor.

Harga sewa motor seharinya juga sangat murah yakni Rp 40.000 saja tanpa bensin. Jaminannya juga hanya KTP saja, mudah dan murah kan.

Danau Kaolin Air Bara Bangka

Perjalanan dari Kota Pangkal Pinang menuju Lokasi wisata Danau Kaolin Air Bara cukup jauh yakni sekitar 1.5 Jam – 2 jam perjalanan tanpa ada hambatan alias lancar jaya.

Selama diperjalanan kita akan melewati pesisir pantai hingga tiba dipusat perkotaan kota Koba ibu kota kabupaten Bangka Tengah.

Nah dari pusat kota Koba ini hanya tinggal 20 menitan saja menuju lokasi Danau Kaolin.

Danau Kaloin Bangka memiliki 2 warna yaitu Biru dan hijau

Harga tiket masuk ke danau kaolin air bara Bangka sangkat murah. Jika kalian membawa motor hanya dikenakan biaya Rp 2000 per motor dengan maksimal 2 penumpang.

Sementara mobil pribadi dikenakan biaya Rp 5000 dan untuk Bus dikenakan biaya Rp 10.000 saja per busnya.

Saya rasa harga tiket tersebut sangat-sangat murah dibandingkan dengan keindahan Danau Kaolin yang memiliki 2 warna yakni Hijau dan Biru.

Danau Kaolin Bangka yang mempesona

Fasilitas dikawasan wisata danau kaolin juga sangat lengkap dimana sudah ada banyak warung makanan atau minuman, parkiran yang aman dan luas, toilet umum hingga mushola.

Papan nama yang terpasang dengan baik hingga beberapa wahana sepeda air yang diletakan di danau bewarna hijau dan cukup aman bagi wisatawan.

Tak lama saya menikmati keindahan danau kaolin air bara saya juga menyempatkan untuk mencicipi Mie Koba, Mie Khas pulau Bangka yang melegenda.

Mie Koba, Kuliner Khas Bangka

Karena sore itu mulai turun hujan dan saya juga harus bergegas kembali ke kota Pangkal Pinang,

Maka biar gak kemalaman dijalan, maka perjalanan saya akhiri dengan perut kenyang dan hati yang riang.

Pangkal pinang – Tanjung Kalian Munthok Bangka Barat

Pagi harinya yakni hari selasa saya bergegas menuju perum damri atau tempat bus Damri ngetem di pangkalanya.

Sebenarnya selain Damri ada bus umun lainnya yang menuju Tanjung Kalian atau ke Munthok namun kebetulan saya dekat dengan Perum Damri jadi saya naik dari sana.

Dari kota Pangkal Pinang ke Muntok naik Bus Damri

Dari hotel Berlian Inn, saya naik grab menuju perum bus Damri yang berlokasi di Dekat Kampung Kramat Jalan lintas Munthok – Pangkal Pinang.

Biasanya banyak penumpang yang juga menunggu bus didekat Pombensin terminal Kampung Kramat kota Pangkal Pinang.

Harga tiketnya hampir sama semua yakni dari Rp 40.000an sampai Rp 50.000an.

Harga Tiket Busa Damri dari Pangkal Pinang ke Muntok atau pelabuhan Tanjung Kalian

Setiba di perum Bus Damri ternyata ada bus yang langsung menuju Pelabuhan Tanjung Kalian Munthok jadi tak perlu naik kendaraan lagi karena langsung tiba dipelabuhanya.

Bahkan Perum Damri tersebut juga menjual Tiket Bus Damri langsung menuju Kota Palembang.

Wah sangat membantu sekali dengan keberadaan bus ini.

Oh ya karena saya mengambil rute Langsung dari Pangkal Pinang menuju Palembang maka saya harus membayar Rp 105.000 / penumpang diluar harga tiket kapal penyebrangan.

Baca juga : Catat jawal kapal pelni dari bangka ke berbagai kota di Indonesia

Pelabuhan Tanjung Kalian Muntok Bangka Barat

Untuk jam keberangkatannya sendiri setiap hari hanya 1x saja yakni pukul 10.00 jadi kalian jangan sampai ketinggalan ya gengs.

Kalo kalian ketinggalan artinya kalian harus naik bus lainnya yang mungkin akan hanya mengantar kalian samapi kota Munthok saja.

Kemudian selanjutnya kalian harus naik kendaraan lagi menuju pelabuhan Tanjung Kalian Munthok.

Tanjung Kalian Munthok – Tanjung Api Api Palembang

Pelabuhan Tanjung Kalian di Muntok Bangka

Setibanya dipelabuhan Tanjung Kalian Munthok Kabupaten Bangka saya bergegas menuju loket kapal Ferry yang ternyata mereka berjaga di depan gerbang menuju kapal.

Hemm untuk apa dibangun ruangan yang bagus jika mereka tidak memanfaatkanya yah.

Banyak calo-calo yang menawarkan sata tiket menyebrang ke pelabuhan Tanjung Api-Api Palembang hingga calo Bus yang mau mengantar saya ke Palembang.

Beruntung karena saya sudah membeli tiket Damri langsung ke Palembang jadi kita aman.

Baca juga : Catat jadwal bus palembang ke jakarta dan sebaliknya

Kapal Fery Roro dari Tanjung Kalian Muntok ke Tanjung Api api Palembang

Pelabuhan Tanjung Kalian Munthok ini cukup besar dan cukup ramai.

Banyak kapal-kapal Barang maupun kapal Ferry Roro yang datang silih berganti masuk dan keluar dari pelabuhan ini.

Ada mercusuar peninggalan Belanda tak jauh dari pelabuhan yang membuat kawasan ini terlihat cukup menarik.

Pantainya juga cukup indah dan bersih sangat berbeda dengan pelabuhan-pelabuhan Ferry lainnya di Indonesia.

Harga Tiket Kapal Ferry Roro dari Bangka ke Palembang dan Lama tempuhnya

Oh ya, saya sudah menjelaskan sebelumnya mengapa saya naik kapal Roro Ferry milik asdp ini.

Yap karena kapal Express Bahari yang beroperasi dengan Rute Bangka ke kota Palembang hanya beroperasi setiap hari :

Hanya setiap hari Senin, Rabu dan Jumat saja.

Sementara hari selasa,kamis dan sabtu mereka libur. Maka dari itu akhirnya saya naik kapal roro ferry yang beroperasi setiap 3 kali sehari.

Kapal Ferry Roro Asdp yang saya naiki dari Bangka ke Palembang

Untuk harga tiket kapal laut ferry roro dari Pelabuhan Pangkalan Balam Muntok Bangka menuju pelabuhan Api-api Palembang yakni Rp 40.000/ penumpang.

Sementara untuk harga tiket angkutan kendaraan dan barang bisa kalian lihat langsung di loketnya.

Waktu yang dibutuhkan untuk menyebrang menggunakan kapal roro ferry dari Munthok Bangka menuju Tanjung Api-Ai Palembanng adalah sekitar 3-4 jam.

Meski cukup lama namun tenang saja karena diatas kapal banyak yang menjual makanan dan kapalnyapun cukup nyaman.

Ada ruang tiduran, sofa yang empuk, dek atas untuk bersantai, toilet, mushola hingga layanan Tv dan hiburan lainnya secara Gratis.

Suasana didalam Kapal Fery Roro dari Tanjung Kalian Muntok ke Tanjung Api api Palembang

Info Tambahan saja, jika kalian naik kapal Bahari Express dari Bangka ke Palembang maka kalian naik dari pelabuhan Pangkalan Balam Kota Pangkal Pinang Bangka.

Pastinya pilihanya menuju pelabuhan Boom yang berada tepat dipusat kota Palembang.

Nah yang menjadi Keuntunganya, tentunya kalian tak perlu naik bud atau kendaraan lagi dari pelabuhanya.

Sebab sudah langsung ada dipusat kota meski harga tiket kapal Express Bahari dari Bangka ke Palembang Cukup Mahal.

Pelabuhan Tanjung Api Api Palembang

Jika kalian memilih naik kapap Roro Fery artinya kalian harus turun naik kendaraan.

Seperti yang sudah diceritakan diatas jika saya harus menuju pelabuhan Tanjung Kalian kota Munthok Bangka Barat dulu selama 3 jam naik Bus.

Baru setelah tiba di Tanjung Kalian kita naik kapal Ferry lagi sekitar 3-4 jam kepelabuhan Tanjung Api-Api di Palembang.

Dan Sedihnya lagi dari pelabuhan roro Fery Palembang Tanjung Api-Api ini kita harus naik bus lagi selama 2 jam hingga akhirnya sampai dipusat kota Palembang.

Akhirnya pukul 17.00 sore kapal yang kami naiki tiba dipelabuhan Tanjung Api-Api.

Karena saat kapal tiba masih ada kapal yang sedang memuat barang jadi terpaksa kapal kita antri menunggu sekitar hampir 1 jam lamanya.

Saya tidak bisa mengabadikan banyak foto-foto dipelabuhan Tanjung Api-Api ini dikarenakan sudah gelap gulita.

Bus Damri yang tersedia di pelabuhan ini juga sudah menunggu penumpang yang baru turun dari kapal.

Perjalanan dari Pelabuhan Tanjung Api-Api Palembang ke pusat Kota hampir 2 jam lamanya dan bus damri sendiri akan berakhir di pool damri dipusat kota Palembang.

Lokasi pool damri Palembang ini dekat dengan stasiun LRT Palembang jadi bisa dilanjutkan perjalanan kalian dengan naik MRT.

Kalian juga jangan khawatir, karena kota Palembang ini kota Besar jadi ada banyak angkutan online yang beroperasi hingga malam hari.