7 Museum Bersejarah Di Indonesia Yang Harus Kalian Kunjungi

Museum menjadi salah satu tempat bersejarah. Di dalamnya pun tersimpan berbagai aneka peninggalan yang sarat akan ilmu pengetahuan baru.

Sudah selayaknya jika sebuah museum dapat memberikan banyak manfaat positif, termasuk membuka wawasan terkait sejarah negara, seni dan ilmu-ilmu lainnya.

Tak kalah dengan negara lain, Indonesia pun memiliki banyak museum yang memberikan banyak pembelajaran sejarah.

Bahkan sebagian besar dari museum yang ada telah berdiri, usianya sudah cukup tua dan merupakan museum paling bersejarah di Indonesia.

Berikut ini daftra 7 Museum Paling Bersejarah di Indonesia yang mungkin harus kalian ketahui :

Baca Juga ya:

1. Museum Bahari

Museum Bahari

Museum Bahari – foto ig @jakarta_tourism

Museum Paling Bersejarah di Indonesia yang pertama adalah Museum Bahari.  Museum ini awal mulanya dikenal sebagai gudang rempah yang telah dibangun pada tahun 1652.

Kemudian pada tahun 1977, pemerintah DKI Jakarta melakukan renovasi dan meresmikannya menjadi museum bersejarah.

Museum ini merupakan museum yang paling bersejarah di Indonesia, dan termasuk salah satu tempat yang banyak menyimpan koleksi sejarah kelautan Indonesia dari Sabang hingga Merauke.

Namun sayangnya sebagian dari  koleksi tersebut ada yang hangus dilalap api,terjadi kebakaran pada tahun 2018. Lokasi yang ada saat ini seperti peta, perahu hingga alat navigasi pada zaman dahulu.

Koleksi yang cukup terkenal di dalam museum bersejarah ini yakni perahu Jukung Karere dari Papua.

Lokasi Museum Bahari: Jalan Ps. Ikan No.1, Penjaringan, Jakarta Utara.

2. Museum Fatahillah

Museum Fatahillah

Museum Fatahillah – foto ig @rfkyw

Museum Fatahillah termasuk salah satu museum paling bersejarah di Indonesia. Museum yang menyimpan benda-benda penuh sejarah ini diresmikan sejak tahun 1974.

Banyak orang yang tidak mengetahui bahwa museum ini awalnya adalah Balai Kota. Bangunannya tetap kokoh setelah berdiri cukup lama yakni sejak tahun 1707.

Museum ini juga menyimpan berbagai koleksi dari peninggalan Kerajaan Tarumanegara dan Pajajaran, dan berbagai peralatan dari zaman penjajahan.

Bangunan Museum Fatahillah, terdiri dari beberapa ruangan. Setiap ruangan memiliki banyak nilai sejarah, seperti Ruang Prasejarah Jakarta, Ruang Jayakarta, Ruang Tarumanegara hingga Ruang Fatahillah.

Lokasi Museum Fatahillah: Jalan Taman Fatahillah No.1, Pinangsia, Jakarta Barat.

3. Museum Benteng Vredeburg

Museum Benteng Vredeburg

Museum Benteng Vredeburg – foto ig @apujomartono

Museum Benteng Vredeburg menjadi salah satu bangunan tertua, dan juga merupakan museum paling  bersejarah di Indonesia.

Awalnya bangunan ini berupa benteng yang dibangun oleh Sri Sultan Hamengku Buwono I atas permintaan dari Belanda sejak tahun 1760.

Tujuan dari pembangunan benteng tersebut karena ingin menjaga keamanan keraton dan sekitarnya. Namun saat itu belanda memiliki maksud tersembunyi di balik pembuatan benteng tersebut, dan berusaha mengontrol segala pergerakan yang terjadi di dalam keraton.

Pada tahun 1980, benteng tersebut ditetapkan sebagai pusat informasi dan pengembangan budaya Nusantara. Pengunjung yang datang ke Museum Benteng Vredeburg dapat melihat berbagai interior bersejarah. 

Lokasi Museum Benteng Vredeburg: Jalan Margo Mulyo No.6, Ngupasan, Daerah Istimewa Yogyakarta.

4. Museum Nasional Indonesia

Museum Nasional Indonesia

Museum Nasional Indonesia – foto ig @dannispaji

Museum Nasional Indonesia termasuk museum paling bersejarah di Indonesia. Bangunan ini sudah ada sejak tahun 1778, yang awalnya didirikan untuk melakukan berbagai penelitian.

Museum Nasional Indonesia juga dikenal dengan Museum Gajah karena terdapat patung gajah di bagian depan.

Terdapat berbagai benda bersejarah di museum ini, mulai dari etnografi, perunggu, tekstil, keramik, relik sejarah hingga buku langka.

Lokasi Museum Nasional Indonesia: Jalan Medan Merdeka Barat No.12, Gambir, Jakarta Pusat.

5. Museum Sampoerna

Museum Sampoerna

Museum Sampoerna – foto ig @lukman_mmt

Museum Sampoerna merupakan museum paling bersejarah di Indonesia, dan didirikan oleh Liem Seeng Tee. Museum ini dibuat untuk mengenang  produksi pertama rokok Sampoerna.

Museum ini menawarkan berbagai informasi unik untuk melihat fasilitas produksi rokok tempo dulu. Bangunannya sangat mudah dikenali karena bergaya kolonial  Belanda, dengan empat pilar besar di depan gedung utama.

Museum ini juga dan termasuk salah satu situs bersejarah yang dilestarikan di Indonesia. 

Lokasi Museum Sampoerna: Taman Sampoerna No.6, Krembangan Utara, Kec. Pabean Cantian, Kota SBY, Jawa Timur 60163

6. Museum Kesenian Agung Rai (ARMA)

Arma Museum Seni Agung Rai

Arma Museum Seni Agung Rai – foto ig @agungedyprayoga

Museum Museum Kesenian Agung Raia juga menjadi museum paling bersejarah di Indonesia ini cocok banget bagi kamu pecinta seni dan budaya tradisional.

Di sini kamu bisa menikmati visualisasi seni dalam berbagai pertunjukan teater, tarian dan musik tradisional. Kamu juga bisa mengikuti kelas melukis, program pelatihan dan seminar seni.

Yang paling spesial dari museum ini adalah terdapatnya berbagai koleksi lukisan dari seniman dalam negeri dan internasional seperti Affandi, Sudjojono, Hendra Gunawan dan banyak lainnya. 

Lokasi Museum Kesenian Agung Raia: Jl. Raya Pengosekan Ubud, Ubud, Gianyar, Bali

7. Museum Taman Prasasti

Museum Taman Prasasti

Museum Taman Prasasti – foto ig @neng_ny

Museum Taman Prasasti termasuk salah satu museum paling bersejarah di Indonesia. Tempat ini pun digunakan sebagai cagar budaya peninggalan masa kolonial Belanda yang sudah ada semenjak tahun 1795.

Museum ini memiliki beragam koleksi, seperti prasasti, batu nisan, makam perunggu, marmer dan peninggalan bersejarah lainnya.

Museum ini juga menyimpan peninggalan batu nisan orang terkenal seperti Soe Hok Gie, Van Delden dan Olivia Mariamne Raffles.

Lokasi Museum Taman Prasasti : Jalan Tanah Abang I No.1, Petojo Sel., Jakarta Pusat.

Baca Juga ya

**

Nah, demikian ulasan mengenai museum-museum yang paling bersejarah di Indonesia.
Ternyata Indonesia juga memiliki berbagai museum yang tak kalah kece dengan museum luar negeri ya Guys!

Jadi jangan ragu-ragu untuk berkunjung ke salah satu museum tersebut ya!

Selamat berlibur!

Kalo Berguna, Silahkan Share

You may also like...

Leave a Reply

avatar
  Subscribe  
Notify of