KATA OMED

Jadwal Kapal Ferry Dari Sintete ke Tambelan Dan Sintete ke Tanjung Uban Bintan

Published · Updated

Jadwal Kapal Ferry Dari Sintete Sambas Kalimantan Barat ke Tambelan Natuna Dan Sintete ke Tanjung Uban Bintan di Kepulauan Riau maupun sebaliknya yakni Dari Tanjung Uban ke Tambelan dan Tanjung Uban ke Sintete, kini sudah beroperasi setiap 2x dalam sebulan menggunakan salah satu kapal Roro atau kapal Roll on Roll off (RoRo) yakni KMP Bahtera Nusantara 01.

Pelabuhan Sintete sendiri merupakan salah pelabuhan penyebrangan kapal laut untuk mengangkut penumpang, kendaraan dan barang khususnya yang menggunakan kapal roro atau kapal Ferry atau kapal perintis lainnya. Pelabuhan Sintete ini berada di daerah Semparuk, Kabupaten Sambas, provinsi Kalimantan Barat Indonesia 79453.

Baca Juga ya :

Pelabuhan Sintete Sambas

Pelabuhan Sintete Sambas – foto @hayatii_08

Selama ini aktfitas penyebrangan kapal laut dari pelabuhan Sintete Sambas ke kawasan Natuna hingga kawasan Tanjung Uban Pulau Bintan Kepulauan Riau masih menggunakan kapal Perintis Sabuk Nusantara yang beroperasi 1-2 kali dalam sebulan. Namun kekurangan jika menggunakan kapal perintis atau kapal Tol laut adalah waktunyayang cukup jarang dan lama meski harga tiketnya jauh lebih murah.

SEKILAS TENTANG KMP BAHTERA NUSANTARA 01

Kapal Roro KMP Bahtera Nusantara 01 adalah salah satu kapal Ferry baru yang akan beroperasi melayani pelayaran dilintasan kepulauan Riau khususnya dikawasan Natuna dan Bintan. KMP. Bahtera Nusantara 01  berkapasitas 1.500 GT. Artinya ukurannya hampir tiga kali lipat dari kapal roro Ferry yang biasanya atau yang ada sekarang.

Kapal Ferry Bahtera Nusantara 01 ini dibangun dengan panjang hampir 72 meter dan lebar 14 meter. Tinggi 4,6 meter. Mesin 2×1850 HP dan ABK 24 orang. KMP Bahtera Nusantara 01 juga dilengkapi dengan berbagai fasilitasi umum guna kenyamanan penumpangnya mengingat waktu tempuh dilintasan ini cukup jauh dan lama.

Saat ini sudah tersedia beberapa kelas yang bisa kalian pilih saat naik kapal KMP Bahtera Nusantara 01 seperti kelas Ekonomi dengan kapasitas 104 orang di area terbuka. Kemudian ada Kelas AC dan kelas Bisnis 11 kursi. KMP Bahtera Nusantara 01 juga sudah dilengkapi tempat baring atu istirahat untuk kelas ekonomi atau kelas umum dengan kapasitas mencapai 172 orang.

KMP Bahtera Nusantara dari Sintete ke Bintan dan Tambelan

KMP Bahtera Nusantara dari Sintete ke Bintan dan Tambelan

Bagi kalian yang ingin memilih kamar di kapal ini juga ada kelasnya. Ada kelas bisnis  di KMP Bahtera Nusantara 01 yang mampu memuat 2 tempat tidur, kelas kamar full Ac kapasitas 90 orang dan kelas eksklusif yang memuat kapasitas 12 orang. Beberapa kamar diatas bahkan sudah dilengkap full AC, televisi dan lemari.

Selain fasilitas ruang dan kamar yang bisa dipilih, KMP Bahtera Nusantara 01 juga menyediakan Fasilitas lainnya seperti cafeteria, mushala, tempat informasi, TV menonton hiburan, medical room hingga ruang menyusui dan ruang bersantai. sedangkan untuk fasilitas kendaran  disediakan car deck, rampdoor, dan juga alat keselamatan.

RUTE KMP BAHTERA NUSANTARA 01

KMP Bahtera Nusantara 01 yang beroperasi diwilayah kepulauan Riau dibagi kedalam 2 rute pelayaran yang berbeda dengan waktu keberangkatan bergantian setiap minggunya yakni :

RUTE 1 :

Rute 1 KMP Bahtera Nusantara 01 adalah Dari Tanjung Uban – Matak – Natuna – Serasan – Sintete (PP). Itu artinya KMP Bahtera Nusantara 01 akan singgah dibeberapa pelabuhan yakni :

  • Pelabuhan Tanjung Uban
  • Pelabuhan Matak
  • Pelabuhan Penagi Natuna
  • Pelabuhan Serasan
  • Pelabuhan Sintete

RUTE 2 : 

Dan untuk rute 2 Rute 1 KMP Bahtera Nusantara 01 adalah Dari Sintete – Tambelan – Tanjunguban (PP). KMP Bahtera Nusantara 01 akan singgah di beberapa pelabuhan yakni :

  • Pelabuhan Sintete
  • Pelabuhan Tambelan
  • Pelabuhan Tanjung Uban
Pelabuhan Tambelan

Pelabuhan Tambelan – foto kumparan.com

JADWAL KAPAL FERRY DARI TANJUNG UBAN

Untuk jadwal keberangkatan kapal KMP Bahtera Nusantara 01 Dari Sintete Sambas Kalimantan Barat ke Tambelan Natuna Dan Sintete ke Tanjung Uban Bintan di Kepulauan Riau maupun sebaliknya yakni Dari Tanjung Uban ke Tambelan dan Tanjung Uban ke Sintete adalah 2x setiap bulanya.

Hal ini dikarenakan KMP Bahtera Nusantara 01 harus bergantian dengan rute lainnya setelah kembali kepelabuhan Tanjung Uban di Bintan Kepulauan Riau. Detail Jadwal keberangkatanya akan diinfokan dibawah ini :

RUTE LINTASAN WAKTU HARGA TIKET
Sintete – Tambelan Jumat – 09:00 Rp 57.000
Sintete  – Tanjung Uban Jumat – 09:00 Rp 192.000
Tambelan – Tanjung Uban Jumat – 21:00 Rp 135.000
Tambelan – Sintete Kamis – 21:00 Rp 57.000
Tanjung Uban – Sintete Rabu – 20:00 Rp 192.000
Tanjung Uban – Tambelan Rabu – 20:00 Rp 135.000
Sintete – Serasan Sabtu – 10:00 Rp 56.000
Serasan – Sintete Jumat – 20:00 Rp 56.000

Sebenarnya jadwal kapal diatas adalah dalam 1 lintasan rute KMP Bahtera Nusantara 01. Nantinya setiap rute akan singgah selama beberapa jam untuk beristirahat kemudian melanjutkan perjalanannya kembali menuju rute selanjutnya.

HARGA TIKET KMP BAHTERA NUSANTARA 01

Daftar Harga Tiket kapal KMP Bahtera Nusantara 01 Dari Dari Sintete Sambas Kalimantan Barat ke Tambelan Natuna Dan Harga Tiket dari Sintete ke Tanjung Uban Bintan di Kepulauan Riau maupun sebaliknya harga tiket Dari Tanjung Uban ke Tambelan dan harga tiket Tanjung Uban ke Sintete adalah sama.

Untuk detail harga tiket masing-masing angkutan kendaraan, barang maupun angkutan penumpang berbagai kelas, baik dari Sintete menuju Tambelan, Sintete menuju Natuna atau Sintete menuju Tanjung Uban Bintan, bisa kalian lihat dibawah ini :

Harga Tiket KMP Bahtera Nusantara 01 Dari Bintan ke Natuna dan Sintete

Harga Tiket KMP Bahtera Nusantara 01 Dari Bintan ke Natuna dan Sintete Kalimantan Barat

CATATAN PENTING

  1. Jadwal Kapal dan harga tiketnya dapat berubah sewaktu2 disesuaikan Keadaan dan waktu.
  2. Jika kalian tahu ada update atau perubahan terbaru baik harga tiket maupun Jadwal kapal, silahlan komen dibawah ini agar bisa segera saya update juga.
  3. Tetap hati-hati dan selalu waspada selama diperjalanan. Jangan gampang terbujuk rayu oleh orang yang menawarkan bantuan
  4. Karna perjalananya cukup panjang maka bawa sesuatu yg bikin nyaman.
  5. Biar hemat bawa makanan atau minuman saja dari luar dan bisa kalian makan saat sudah berada diatas kapal.
  6. Selalu bawa identitas diri yang lengkap
Share Artikel ini lewat
  •  
  •  
  •  
  •  

Leave a Reply

avatar
  Subscribe  
Notify of