Jadwal Kapal Pelni Dari Gorontalo ke Luwuk Dan Harga Tiketnya

Berikut ini adalah Jadwal kapal Pelni dari Gorontalo ke Luwuk bulan ini, yang sudah dinyatakan bisa kembali beroperasi secara rutin.

Meski Jadwal Kebarangkatan kapal laut pelni dari Gorontalo ke Luwuk tidak ada setiap hari dan hanya berlayar 1-2 kali saja dalam sebulan, namun keberadaanya sangatlah dinantikan masyarakat.

Kapal pelni yang beroperasi melayani rute pelayaran dari Gorontalo ke Luwuk hanya ada 1 yakni Bernama KM Tilongkabila.

Baca Juga :

Kapal singgah di pelabuhan Gorontalo

Kapal singgah di pelabuhan Gorontalo – foto Aditya Lapu Kalua

Pelabuhan Gorontalo

Gorontalo adalah sebuah Provinsi yang berada di utara pulau Sulawesi Indonesia yang lahir pada tanggal 5 Desember 2000 lalu.

Pembentukan provinsi Gorontalo ini Seiring dengan munculnya pemekaran wilayah yang berkenaan dengan Otonomi Daerah di Era Reformasi.

Provinsi Gorontalo kemudian dibentuk berdasarkan Undang-Undang Nomor 38 Tahun 2000, tertanggal 22 Desember dan menjadi Provinsi ke-32 di Indonesia.

Gorontalo terletak pada Semenanjung Gorontalo (Gorontalo Peninsula) di Pulau Sulawesi, tepatnya di bagian barat dari Provinsi Sulawesi Utara.

Baca juga : Daftar 10 tempat wisata di Gorontalo yang wajib kalian kunjungi

Kota Gorontalo

Kota Gorontalo – foto zonautara.com

Luas wilayah provinsi ini 12.435,00 km² dengan jumlah penduduk sebanyak 1.133.237 jiwa (2016), dengan tingkat kepadatan penduduk 88 jiwa/km².

Bagi kalian yang ingin naik kapal pelni dari Gorontalo, kalian bisa membeli tiketnya di kantor pelni Gorontalo yang berada di Jl. 23 Januari No.182, Biawao, Kota Selatan., Kota Gorontalo, Gorontalo 96133.

Di kota Gorontalo ini ada banyak pelabuhan besar yang dibangun untuk masuknya berbagai kebutuh barang dan jasa melalui sektor laut.

Ada pelabuhan kapal peti kemas, pelabuhan kapal pelni dan juga pelabuhan kapal Ferry ASDP di Marisa.

Jadi jangan sampai kalian salah naik yah. Ingat jika kalian naik kapal pelni maka keberangkatanya adalah dari pelabuhan kapal pelni yang berada di Dermaga 1 Pelabuhan Pelni di Talumolo, Kecamatan. Dumbo Raya, Kota Gorontalo.

Jadwal Kapal Pelni Dari Gorontalo ke Luwuk

kota Luwuk di kabupaten Banggai – foto Travacello

Luwuk adalah sebuah kota besar sekaligus menjadi pusat pemerintahan Kabupaten Banggai di Timurnya Sulawesi atau masuk kedalam wilayah Provinsi Sulawesi Tengah, Indonesia.

Kota Luwuk berjarak 610 kilometer dari Kota Palu, ibu kota provinsi Sulawesi Tengah. Memang jaraknya sangat jauh karena kota Luwuk berada tepat diteluk sulawesi.

Dari Gorontalo, kita bisa naik kapal pelni ke kota lainnya seperti ke Luwuk yang ada di Sulawesi Tengah menggunakan Kapal Pelni KM Tiongkabila.

Kapal Pelni Tilongkabila ini berangkat dari pelabuhan awal kota Denpasar Bali hingga berakhir di pelabuhan Bitung yang ada di Sulawesi Utara.

Namun Kapal Tilongkabila akan singgah di beberapa kota atau pelabuhan seperti Pelabuhan Gorontalo, Luwuk, Kendari, Buabau Makassar, Labuan Bajo, Bima hingga Lombok.

Kapal Pelni ini akan berlayar setiap 2 kali minggu sesuai dengan rute dan jadwal yang sering berubah. Berikut ini info lengkapnya.

Rute pelayarn kapal : GORONTALO – LUWUK
Nama Kapal : KM TILONGKABILA
Jadwal kapal KM Tilongkabila dari Gorontalo ke Luwuk yakni Tanggal:

  • 01-02-2024 | 17:00
  • 03-03-2024 | 17:00
  • 17-03-2024 | 17:00

Jadwal kedatangan KM Tilongkabila di Luwuk dari Gorontalo yakni tanggal :

  • 02-02-2024 | 08:00
  • 04-03-2024 | 07:00
  • 18-03-2024 | 07:00

Sedangkan Untuk Harga Tiket Kapal Pelni KM Tilongkabila dari Gontalo ke Luwuk adalah :

  • Penumpang Dewasa Rp 87.500 dan
  • Penumpang Anak2 Rp 14.000

Ingat Guys : Untuk update terbaru Jadwal kapal Tilongkabila silahkan kalian klik linknya saja dan akan membawa kalian ke halaman jadwal terbarunya.

KM Tilongkabila

KM Tilongkabila – foto ig @pelni162_luwuk

Catatan Kapal Gorontalo – Luwuk

Harga tiket Kapal Pelni Dari Gorontalo ke Luwuk Jadwal Kapal Pelni Dari Gorontalo ke Luwuk diatas, masih dapat berubah sewaktu2 disesuaikan Keadaan dan waktu.

Jika kalian tahu ada update atau perubahan terbaru baik harga tiket maupun Jadwal kapal, silahkan komen dibawah ini agar bisa segera saya update juga.

Tetap hati-hati dan selalu waspada selama diperjalanan. Jangan gampang terbujuk rayu oleh orang yang menawarkan bantuan.

Untuk membeli tiket kapal pelni KM Tilongkabila dari Gorontalo, kalian bisa membelinya di agen resmi kantor pelni Gorntalo atau melalui alafmart dan indomart.

Mohon bantuanya untuk update jadwal terbaru bila ada perubahan dengan cara komen dibawah. Indahnya berbagi

Selamat belayar.

Kalo Berguna, Silahkan Share

Omed

Bapaknya komunitas Backpacker Jakarta yang hanya ingin menceritakan pengalaman saya berkeliling Indonesia selama 360 Hari ke 34 Provinsi dan lebih dari 380 Kabupaten atau kota se Indonesia. Jangan lupa Follow Instagram @kataomed untuk melihat aktivitas dan keseharian saya

You may also like...

2
Leave a Reply

avatar
1 Comment threads
1 Thread replies
0 Followers
 
Most reacted comment
Hottest comment thread
2 Comment authors
Kata OmedHamsir Recent comment authors
  Subscribe  
Notify of
Hamsir
Hamsir

Bisa bawa sepeda motor ga kalau naik Tilongkabila dari kendari ke gorontalo, trus kalau bisa, brapa biayanya?