KATA OMED

Jadwal & Harga Tiket Kapal Cepat Dari Tulehu Ambon ke Pelabuhan Haria dan Tuhaha

Salah satu transportasi menuju kepulauan yang ada disekitar Ambon adalah melalui kapal baik itu kapal lambat seperti kapal roro maupun kapal cepat atau kapal express. Kapal-kapal express ini memiliki jadwal dan waktu keberangkatan yang berbeda-beda serta harga tiket yang cukup lumayan mahal dibanding menggunakan kapal lambat seperti kapal roro.

Jadwal Kapal Cepat Dari Tulehu Ambon ke Pelabuhan Haria

Pelabuhan Haria adalah sebuah pelabuhan kecil yang ada di Haria dan merupakan salah satu dari 7 negeri yang tercantum ke dalam daerah kecamatan Saparua, Maluku Tengah. Pulau Saparua merupakan suatu pulau kecil sekaligus suatu kecamatan yang terletak dalam daerah Kabupaten Maluku Tengah, provinsi Maluku, Indonesia.

pulau haria saparua maluku

pulau haria saparua maluku – foto youtube werinussa

Pulau ini pula merupakan suatu kecamatan yang bernama Kecamatan Saparua, dengan ibu kotanya Saparua. Kota Saparua ialah suatu kota kecil yang tumbuh pesat dengan potensi perdagangan, pariwisata, serta pendidikan. Kota ini kerap didatangi wisatawan dalam negeri ataupun wisatawan asing, paling tidak lebih dari 50 wisatawan dalam negeri serta asing perbulan.

Untuk jadwal keberangkatan kapal cepat dari Tulehu Ambon ke Pelabuhan Haria yakni menggunakan KM. Express Cantika 99 yang akan berangkat Setiap :

  • Hari Senin : Jam 09.00 WIT
  • Hari Selasa : Jam 09.00 WIT
  • Hari Rabu : Jam 09.00 WIT
  • Hari Kamis : Jam 09.00 WIT
  • Hari Jumat : Jam 09.00 WIT
  • Hari Sabtu : Jam 09.00 WIT

Untuk harga tiket kapal cepat dari pelabuhan Tulehu ke pelabuhan Haria adalah Rp 65 ribu rupiah.

Jadwal Kapal Cepat Dari Tulehu Ambon ke Pelabuhan Tuhaha

Pelabuhan Tuhaha adalah sebuah pelabuhan rakyat yang ada di Tuhaha dan merupakan salah satu dari 10 negeri yang tercantum ke dalam daerah kecamatan Saparua Timur, Maluku Tengah. Tadinya negeri ini tercantum dalam daerah Kecamatan Saparua sampai pada tahun 2015 Saparua Timur dimekarkan jadi kecamatan sendiri bersumber pada Perda Maluku Tengah No 11 Tahun 2015. Bersumber pada catatan BPS, Tuhaha terkategori sebagai negeri swasembada.

Sebagai suatu negeri ataupun desa adat, Tuhaha dipimpin oleh seorang raja yang berkedudukan seperti kepala desa. Apabila raja belum dipilih, tampuk kepemimpinan dipegang sementara oleh pejabat negeri. Pada tahun 2017 Tuhaha dipimpin oleh Bapak Sem Loupatty selaku pejabat negeri. Jabatan raja di Tuhaha dipangku oleh fam (matarumah parentah) Sasabone serta Tanalepy. Raja Tuhaha disaat ini ialah Yance Sasabone.

Jadwal keberangkatan kapal cepat yang dilayani oleh KM. Express Cantika 88 yakni setiap :

Hari Sabtu pukul 09.00 WIT

 

Share Artikel ini lewat
  •  
  •  
  •  
  •  

Leave a Reply

avatar
  Subscribe  
Notify of