KATA OMED

Cara Kirim Barang ke Luar Negeri Pos Indonesia, Ikuti 5 langkah ini

Tak dipungkiri jika kini semakin berkembangnya era digital dan e-comerce di tanah air, permintaan pengiriman barang baik dari Indonesia maupun dari luar negri semakin terus meningkat.

Banyak masyarakat kita yang saat ini masih belum mengerti dan berpengalaman mengenai bagaimana cara mengirim barang ke luar negri terutama menggunakan layanan PT POS Indonesia yang saat ini sudah tersebar diseluruh Indonesia.

Nah sebagai refrensi sebelum kirim barang ke luar negri, berikut ini saya mencoba merangkum secara singkat tahapan atau langkah-langkah yang harus kalian lakuka jika ingin melakukan kirim barang ke luar negri melalui Pos Indonesia.

Baca juga :

Cara Kirim Barang Ke Luar Negeri Melalui Pos Indonesia

Pos Indonesia

Pos Indonesia

Sebelum menggunakan layanan jas kirim barang atau paket ke luar negri via Pos Indonesia, perhatikan juga beberapa hal yang perlu disiapkan oleh pengirim.

1. Mempersiapkan Barang / Paket Yang Akan Dikirim

Siapkan barang atau paket yang akan kalian kirim dengan packing yang baik dan benar.  Tujuanya agar barang yang akan dikirim bisa aman dan tidak mengalami kerusakan selama dalam perjanan.

Setelah barang dipackingdengan baik jangan lupa menulis data barang apa saja yang dikirim dan juga alamat pengirim. Yang terpenting lagi adalah alamat tujuan atau penerima barang di Negara Tujuan.

2. Antar Barang Ke Kantor Pos Terdekat

Isi Formulir Data Pengirim Barang

Isi Formulir Data Pengirim Barang

Setelah barang yang akan dikirim dipacking dengan baik rapi dan benar, kemudian barang tersebut kalian antar ke kantor pos terdekat.

Nantinya pihak petugas kantor pos akan melakukan pengecekan dan pendataan mengenai barang yang akan dikirim. Pastikan barang yang akan dikirim sesuai dengan data dan tidak kalian tutup-tutupin guna meghindari kehilagan.

Mereka juga akan melakukan penimbangan barang yang akan dikirim serta mengecek biaya kirimnya yang disesuaikan dengan tarif ditiap negara dan berat serta dimensi barang.

3. Isi Formulir Data Pengirim Barang

Isi Formulir Data Pengirim Barang

Isi Formulir Data Pengirim Barang

Setelah kita diberi tahu mengenai besaran biaya pengiriman selanjutnya kita harus melalukan pengisian formulir pengirim barang yang diberikan PT Pos Indonesia.

Formulir Yang diisi ini berkaitan dengan berbagai hal mengenai pengirim barang. Seperti nama pengirim, alamat lengkap pengirim dan juga no HP pengirim yang aktif agar dapt dihubungi bila ada terjadi sesuatu.

4. Isi Formulir Barang yang Dikirim

Setelah kalian mengisi formulir data pengirim, maka tahap selanjutnya melakukan pengisian formulir untuk identifikasi barang yang akan dikimkan.

Pengisian data barang ini meliputi jenis barang yang akan dikirim maupun spesikasi barang. Ingat kalian harus menuliskan secara lengkap termasuk berat barang dan biaya serta jenis barang yang dikirim melalui Pos Indonesia dengan lengkap dan benar.

5. Isi Formulir Penerima Barang Kiriman

Formulir selanjutnya yang harus diisi oleh kalian adalah formulir si penerima barang kiriman di negara tujuan. Pengisian formulir ini meliputi nama penerima, alamt lengkap penerina dan juga telepon yang dapar dihubungi.

Pengisian formulir ini juga harus diisi dengan benar, jelas dan teliti agar memudahkan pengiriman barang nantinya. Sehingga barang tersebut dapat sampai ke alamat penerima dengan baik dan tepat waktu.

Setelah diberi No Resi dari petugas, Simpan Baik-baik No resi tersebut untuk melakukan pelacakan barang yang akan dikirim sudah sampai dimana.

**

Itulah 5 tahapan atau 5 langkah singkat yang harus kalian lakukan jika ingin melakukan pengiriman barang ke luar negri.

Cara kirim barang ke Luar Negeri Pos Indonesia memang mudah dan bisa kalian lakukan sendiri jika barang yang dikirim dalam jumlah normal baik berat maupun ukuran.

Nantinya Setelah barang sampai di negara tujuan maka petugas Pos Indonesia yang telah bekerja sama dengan pihak dinegara tersebut akan langsung mengeirimkan barang kiriman tersebut ke alamat penerima sesuai formulir atau dokumen yang telah kalian isi sebelumnya.

Namun apabila alamat penerima berada di luar jangkauan atau di luar kota yang jauh dari kantor terdekat, maka petugas akan menghubungi penerima melaui telepon.

Petugas akan meminta penerima barang datang ke kantor untuk mengambil barang kiriman agar bisa segera di proses.

Layanan Quick International Xpress PT Pos Indonesia

Cara Kirim Barang ke Luar Negeri Pos Indonesia

Cara Kirim Barang ke Luar Negeri Pos Indonesia

Beberapa waktu lalu PT Pos Indonesia melakukan reformasi layananya dengan mengeluarkan tau meluncurkan layanan pengiriman barang terbaru bernama Quick International Xpress (QIX) untuk jasa kiriman luar negeri ke 18 negara.

Dengan layanan baru QIX Pos Indonesia ini bertujuan untuk memenuhi meningkatnya kebutuhan layanan pengiriman ke luar negeri baik dokumen maupun barang secara cepat dan singkat.

QIX juga menjadi layanan untuk kirim barang premium yang mengedepankan waktu pengiriman dan keamanan kiriman berskala Internasional.

Produk layanan QIX ini juga diharapkan dapat menunjang pelaku bisnis guna merambah pangsa pasar Internasional yang kini tengah terus tumbuh terutama di Indonesia.

Penanganan pengiriman barang menggunakan QIX dilakukan secara khusus sehingga kiriman dapat lebih cepat sampai ke tangan penerima. Contohnya kirimn barang atau paket dari Jakarta ke Inggris ternyata hanya memerlukan waktu sekitar 2-4 hari saja.

Layanan Qix PT Pos Indonesia juga menyediakan ganti rugi apabila kiriman paket atau barang tersebut terlambat dikirim, rusak atau bahkan hilang namun tentunya sesuai dengan ketentuan yang berlaku.

Saat ini kiriman Qix Pos Indonesia sudah tersedia hampir di seluruh kota besar di Indonesia. Tercatat da 18 negara yang masuk dalam cakupan wilayah pengiriman QIX saat ini.

Selain Singapura dan Hong Kong yang dapat dilayani dengan waktu pengiriman dua hari sja Masyarakat juga sudah dapat menikmati layanan pengiriman barang atau paket ke negara-negara lainnya seperti ke negara China, Korea, Taiwan dan Vietnam hanya dengan waktu pengiriman maksimal selama 3 hari saja.

Selain itu, masih ada beberapa negara tujuan lainnya yang berada dalam cakupan wilayah pengiriman QiX seperti negara-negara Eropa.

Negara tersebut yakni Italia, Prancis, Jerman, Luksemburg, Belgia, Belanda, Inggris Raya, Republik Irlandia, Spanyol dan Slovenia.

Sementara untuk negara Timur Tengah adalah seperti negara Uni Emirat Arab, hingga di benua Afrika ada negara Afrika Selatan.

Tarif QiX Pos Indonesia

QiX Pos Indonesia

QiX Pos Indonesia

Untuk tarif menggunakan layanan QiX ini juga beragam tergantung jenis barang, berat dan dimensi barang yang akan dikirim.

Namun tarifnya juga akan ditetapkan berdasarkan harga per 500 gram. Sedangkan untuk bobot lebih dari 500 gram maka akan dihitung dengan tarif 1 kg.

Sementara untuk paket non dokumen, terdapat batasan bobot barang yang dikirimkan yakni mulai dari 500 gram hingga 30 kg sesuai dengan ketentuan yang berlaku.

Barang yang Dilarang di Kirim ke Luar Negeri Melalui Pos Indonesia

Untuk pengiriman Dokumen dan Paket atau barang yang akan dikirim melalui PT Pos Indonesia, kalian juga wajib mengikuti aturan yang beraku.

Salah satu aturanya adalah mengenai jenis barang atau paket yang akan dikirimkan harus sesuai aturan dari IATA (International Air Transport Association), yaitu Asosiasi Internasional Transportasi Udara mengenai Barang-barang yang dilarang dikirim melalui Transportasi Udara.

Berikut ini catatan mengenai barang-barang yang dilarang pengirimannya melalui angkutan udara adalah seperti :

  • Binatang Hidup
  • Narkoba
  • Barang Berharga
  • Senjata
  • Bahan atau Barang Mudah Meledak
  • Gas Mudah Terbakar atau Beracun
  • Cairan Mudah Terbakar
  • Barang Mudah Terbakar
  • Zat Mudah Terbakar
  • Zat Beracun atau menyebabkan infeksi
  • Materi Beradioaktif
  • Bahan Korosif (Mudah melapukkan) – Accu Bateray
  • Bahan Iritatif

**

Baca juga : Inlah 10 Ekpedisi murah untuk kirim barang dengan cargo di Indonesia

Sebenarnya Barang-barang tersebut bisa dikirim melalui darat atau melalui laut alias melalui cargo darat dan laut sepanjang masih memenuhi ketentuan perundang-undangan yang ada.

Untuk keterangan lebih lanjutnya, kalian bisa menghubungi customer service kantorpos terdekat.

Leave a Reply

avatar
  Subscribe  
Notify of