Danau Matano Sulawesi, Danau Purba Terdalam Ke 3 Di Asia

Danau Matano – Indonesia patut berbangga dengan kekayaan alam yang dimilikinya. Berbagai jenis flora dan fauna bisa dijumpai di Indonesia bahkan tempat-tempat wisata alam yang menarik untuk dikunjungi.

Bukan sembarang tempat, tempat wisata yang satu ini ternyata menyimpan rahasia alam yang besar dan jarang ditemukan di tempat lainnya.

Danau Matano, ya itulah tempat wisata yang menyimpan banyak rahasia alam dan patut diacungi jempol akan keindahannya.

Penasaran apa saja yang menarik dari Danau Matano? Simak informasi selengkapnya berikut ini.

Lokasi Danau Matano

danau matano

danau matano

Danau Matano berlokasi di pegunungan Verbek, Sorowako, Luwu Timur, Sulawesi Selatan.

Matano sendiri berarti mata air dan merupakan danau tektonik yang dikelola dengan baik hingga banyak fasilitas yang sudah tersedia dan juga tempatnya sangat layak untuk dikunjungi wisatawan baik dalam negeri maupun mancanegara.

lokasi google maps danau matano bisa kalian lihat dibawah ini :

 

Keunikan Danau Matano

Danau Matano berada di lahan seluas 16.000 hektare dengan panjang sekitar 28 kilometer dan lebar 8 kilometer. Tak tanggung-tanggung, danau ini memiliki kedalaman hingga 590 meter.

baca juga ya :

wisata danau matano

wisata danau matano

Siapa sangka ternyata Danau Matano adalah danau terdalam ke 3 se-Asia dan merupakan danau terdalam  ke 10 di dunia.

Mungkin bagi masyarakat Indonesia yang tinggal di bagian barat jarang sekali mendengar nama danau ini, tetapi bagi masyarakat Sulawesi Selatan khusunya danau ini sangat terkenal.

Meskipun danau ini tidak terlalu terkenal seperti Danau Toba, tapi sebenarnya danau ini punya cerita unik dan keindahannya pun tidak kalah dengan Danau Toba.

Bagaimana tidak, Danau Matano memiliki daya tarik tersendiri yang membuat wisatawan penasaran dan ingin mengunjunginya secara langsung.

danau matano berlokasi di sorowako

danau matano berlokasi di sorowako

1. Danau Matano adalah Terdapat peninggalan sejarah

Menurut Pusat Penelitian Arkeolog Nasional, pada zaman dahulu terdapat peradaban zaman besi di Danau Matano. Namun dikarenakan gempa, peradaban ini diduga hilang dan terungkap bahwa dulunya danau ini terkenal sebagai penghasil besi.

Danau Matano juga mengandung situs arkeologi yang terendam. Situs ini terbentuk akibat bencana alam gempa bumi karena letaknya yang tepat berada di jalur lempeng Matano.

danau matano danau terdalam di indonesia

danau matano danau terdalam di indonesia – foto g maps Hiezqiel Gulandary

Ada banyak sekali barang peninggalan sejarah yang sampai saat ini masih ada seperti tombak, periuk, parang, piring dan peralatan lainnya yang terbuat dari kuningan.

Tak hanya itu, terdapat juga gua yang didalamnya tersimpan banyak sekali tengkorak manusia dan telah berumur ratusan tahun.

Gua ini dulunya adalah tempat menaruh jasad untuk orang yang sudah meninggal sebelum adanya agama yang masuk ke daearah ini.

Untuk bisa ke gua yang isinya adalah tengkorak tersebut, pengunjung harus menyewa perahu dan harus bisa berenang.

Seperti yang kita tahu bahwa danau ini sangat dalam apalagi ketika air sedang naik maka pintu masuk goa tersebut akan tetutup oleh permukaan air. Dan mau tidak mau pengunjung harus berenang untuk bisa masuk ke goa itu.

Danau Matano

ikan urba di Danau Matano – sumber gambar – gocelebes.com

Bukan hanya peralatan dan gua bersejarah saja yang ada di Danau Matano, tapi juga ada banyak ikan purba yang hidup di dasar danau dengan ketinggian 382 meter di atas permukaan laut ini.

Ikan purba adalah sebutan dari warga setempat, sedangkan nama lainnya adalah ikan Buttini. Ikan tersebut dijuluki ikan purba karena warnanya kecoklatan dan bentuknya yang mirip dengan binatang purba.

Selain ikan butini, terdapat juga fauna lainnya seperti kepiting Bungka dan keong air tawar.

2. Terdapat pulau di tengah Danau Matano

Danau Matano

Danau Matano – sumber gambar – travellingyuk.com

Sama seperti Danau Toba yang memiliki Pulau Samosir di tengah danau, Danau Matano juga memiliki sejumlah pulau di tengahnya. Jika hendak pergi ke pulau tersebut, maka pengunjung bisa menggunakan perahu motor dari Matano Yacht Club.

Untuk bisa sampai disana, butuh waktu sekitar 40 menit. Meskipun lumayan lama, tapi ketika sampai disana kamu pasti akan sangat senang dan takjub melihat keindahan dari pulau tersebut. Kamu bisa menikmati buah dan melihat ikan-ikan yang ada di pulau itu.

3. Tempat terbaik untuk melihat sunset

Banyak sekali tempat bagus untuk melihat dan menikmati keindahan sunset di Indonesia ini, tak terkecuali dengan Danau Matano. Biasanya warga beramai-ramai untuk melihat sunset di sore hari terutama di akhir pekan dan hari libur.

4. Airnya yang jernih mampu menghipnotis pengunjung

Salah satu faktor yang sangat mempengaruhi banyak atau tidaknya pengunjung di suatu danau adalah karena faktor kejernihan airnya.

wisata danau matano sorowako

wisata danau matano sorowako – foto g mpas fathakbar taat

Semakin jernih air, maka akan semakin menarik untuk dilihat. Seperti Danau Matano yang memiliki air danau yang sangat jernih hingga  bisa melihat sampai ke dasar dengan kedalaman 20 meter.

Kamu bisa bayangkan betapa jernih air danau tersebut, hingga pengunjung pun tidak henti-hentinya melihat keindahan dari danau ini.

Tak akan pernah bosan dengan pemandangan yang ada, pengunjung bisa berkeliling menyusuri setiap sudut danau sambil sesekali mengabadikan momen bahagia.

Fasilitas yang tersedia di Danau Matano

Fasilitas yang tersedia di Danau Matano seperti shelter, perahu kino, rafting, dan fasilitas lainnya.

Pengunjung juga bisa membeli ikan Buttini hasil pancingan para nelayan dengan harga mulai dari Rp 15.000 hingga Rp 25.000 per kilogram nya.

danau matano di sorowako luwu timur

danau matano di sorowako luwu timur

Pemanfaatan Danau Matano

Keunikan Danau Matano menjadikannya masuk kedalam kategori Global Ecoregions oleh World Wide Fund for Nature. Namun selain sebagai tempat pariwisata dan rekreasi, Danau Matano juga dimanfaatkan untuk hal lain seperti

1. Danau Matano sebagai Sumber Air Minum

Mata air yang berasal dari Danau Matano ini dijadikan sebagai sumber mata air oleh warga setempat.

Warga membuat tembok persegi sehingga menjadi kolam berukuran 12 x 8 meter yang selalu dipenuhi oleh gelembung-gelembung air yang sangat jernih. Air itulah yang dijadikan sebagai bahan baku air minum oleh warga setempat.

2. Danau Matano dijadikan Pembangkit Listrik Tenaga Air

Tak hanya sebagai sumber air minum, Danau Matano juga dimanfaatkan sebagai Pembangkit Listrik Tenaga Air untuk pabrik dan juga digunakan untuk masyarakat.

3. Danau Matano menjadi Transportasi utama

danau matano sorowako

danau matano sorowako – foto ig @kataomed

Danau Matano memiliki banyak manfaat salah satunya seperti untuk jalan menyebrang dari Sorowaka ke Nuha dan dari Nuha ke Sorowaka yang menghubungkan antara Kabupaten Morowali dan Kabupaten Luwu Timur.

Akses dan jalur menuju lokasi Danau Matano

Untuk bisa sampai di lokasi Danau Matano, kamu bisa menempuh jalur darat dan udara.

rute menuju danau matan

rute menuju danau matan

Sesuaikan dengan budget, jika jalur darat menggunakan bis hanya menghabiskan Rp 150.000 per orang namun butuh waktu 12 jam perjalanan dari Kota Makassar untuk bisa sampai disana.

Jika jalur udara memang cepat, yaitu sekitar 1 jam namun dengan harga Rp 1,2 juta.

Omed

Bapaknya komunitas Backpacker Jakarta yang hanya ingin menceritakan pengalaman saya berkeliling Indonesia selama 360 Hari ke 34 Provinsi dan lebih dari 380 Kabupaten atau kota se Indonesia. Jangan lupa Follow Instagram @kataomed untuk melihat aktivitas dan keseharian saya

You may also like...

Leave a Reply

avatar
  Subscribe  
Notify of