KATA OMED

13 Daftar Cagar Alam Di Pulau Sumatera Dan Lokasinya

Indonesia memiliki banyak sekali taman nasional maupun Cagar alam yang sangat indah baik itu untuk kelestarian alam maupun untuk tujuan wisata dan pendidikan.

Cagar alam adalah wilayah yang di dalamnya ada tumbuhan, hewan, atau ekosistem yang khas. Sesuatu yang ada di cagar alam akan dibiarkan berkembang secara alami.

Peta Kepulauan nias dan sinabang di Sumatera

Peta Kepulauan nias dan sinabang di Sumatera – foto romadecade.com

Nah agar keberadaanya tidak terganggu oleh manusia, cagar alam biasanya dilindungi secara ketat. Karena itu, kegiatan wisata dan kegiatan komersial sangat dilarang di cagar alam.

Kita bisa masuk ke cagar alam namun sebelum masuk kita harus memiliki surat izin khusus terlebih dahulu.

Berikut ini adalah daftar cagar alam yang ada di Indonesia khusunya yang berada di pulau sumatera yang bisa kamu kunjungi berdasarkan lokasinya.

Daftar Cagar alam di Pulau Sumatera

  1. Cagar Alam Rimbopanti (Sumatera Barat)
  2. Cagar Alam Rafflesia (Aceh)
  3. Cagar Alam Gunung Krakatau (Lampung)
  4. Cagar Alam Batu Gajah (Sumatera Utara)
  5. Cagar Alam Lubuk Raya (Sumatera Utara)
  6. Cagar Alam Sibolangit (Sumatera Utara)
  7. Cagar Alam Air Putih (Sumatera Barat)
  8. Cagar Alam Bukit Bungkuk (Riau)
  9. Cagar Alam Buluh Hitam (Jambi)
  10. Cagar Alam Bunga Maskikim (Sumatera Selatan)
  11. Cagar Alam Sungai Bahelo (Bengkulu)
  12. Cagar Alam Pulau Anak Krakatau (Lampung)
  13. Cagar Alam Pulau Laut (Kep. Riau)

1. Cagar Alam Gunung Krakatau

Cagar Alam Krakatau

Cagar Alam Krakatau – foto ig @canro.simarmata

Cagar Alam Krakatau terletak di antara Pulau Jawa dan Sumatera, tepatnya berada di selat sunda, Indonesia.

Akibat dari letusan gunung krakatau tersebut, maka kawasan ini tersisa 3 pulau yang sekarang dikenal dengan sebutan Pulau Rakata, Pulau Panjang dan Pulau Sertung.

2. Cagar Alam Batu Gajah

Cagar Alam Batu Gajah 

Cagar Alam Batu Gajah – foto ig @edinagint

Cagar Alam Batu Gajah merupakan salah satu cagar alam di Pulau Sumatera. Lokasi Cagar Alam Batu Gajah terdapat di Kabupaten Simalungun, Sumatera Utara.

Secara administratif, Cagar Alam Batu Gajah terletak di Dusun Pematang Desa Negeri Dolok, Kecamatan Dolok Panribuan, Kabupaten Simalungun, Provinsi Sumatera Utara.

Cagar alam ini dinamai ‘batu gajah’ lantaran di dalamnya terdapat dua buah batu yang dipahat menyerupai gajah.

Batu berbentuk gajah (dan batu-batu lainnya) ini konon merupakan tempat beribadah bagi pemeluk agama Hindu di masa silam dan tetap dikeramatkan hingga sekarang.

Sampai sekarang, relief berupa pahatan dan patung jenis gajah, kerbau, harimau, cecak, dan ular ini masih terlihat jelas.

Dikelilingi oleh perbukitan yang sebagian dimanfaatkan untuk areal persawahan dan perladangan rakyat, selain sebagai kawasan konservasi, CA Batu Gajah juga menjadi Situs Cagar Budaya Megalitik Batu Gajah dibawah Balai Pelestarian Cagar Budaya Aceh (Wilayah Kerja Aceh dan Sumatera Utara)

3.  Cagar Alam Rimbopanti

Cagar Alam Rimbopanti

Cagar Alam Rimbopanti – foto ig @resor.ksda.pasaman

Cagar Alam Rimbopanti adalah salah satu cagar alam di pulau sumatera yang berada di Kabupaten Pasaman, Sumatra Barat, Indonesia.

Banyak orang-utan maupun floran dan fauna hingga tempat wisata yakni sebuah pemandian air panas dengan kandungan belerang yang cukup tinggi.

Kawasan Cagar Alam ini berdekatan dengan Gunung Talamau atau juga dikenal dengan nama lainnya Gunung Ophir.

Sekitar 570 hektar dari Cagar Alam Rimbo Panti dijadikan taman wisata karena kekayaan flora dan fauna nya. Ada banyak sekali spesies hewan dan tumbuhan yang menghuni hutan ini.

Air terjun, sungai dan sumber air panas yang selalu mengalir dari perut rimbo ini juga menjadi tujuan utama kunjungan wisatawan.

Tak heran jika Rimbo Panti saat ini merupakan Taman Wisata Alam terluas di Sumatra Barat dan dijuluki “Permata Hijau di Pasaman Timur”.

4. Cagar Alam Bukit Bungkuk

Cagar Alam BUKIT BUNGKUK

Cagar Alam BUKIT BUNGKUK – foto ig @hadlyvavaldi

Cagar alam di pulau sumatera selanjutnya adalah Cagar Alam Bukit Bungkuk. Cagar Alam Bukit Bungkuk berada di di Kabupaten Kampar, Riau.

Di kawasan CA Bukit Bungkuk terdapat beberapa jenis kodok dan katak. Kekayaan hayati yang dimiliki oleh Kawasan CA Bukit Bungkuk ini membutuhkan perhatian khusus dari pemerintahan dan masyarakat seluruhnya agar kekayaan hayati dan ruang yang diperuntukan untuk mereka bisa terjaga dengan baik dan lestari.

Selain menjadi kawasan hutan resapan bagi Bendungan Koto Panjang, CA Bukit Bungkuk juga menjadi daerah resapan bagi anak-anak sungai yang melintasi beberapa desa di pinggir kawasan ini, seperti Desa, Sungai Durian, Desa Padang Laweh, Desa Merangin, Desa Kuok dan lainnya

5. Cagar Alam Pulau Laut

CAGAR ALAM PULAU LAUT

CAGAR ALAM PULAU LAUT

Cagar Alam Pulau Laut merupakan sebuah kawasan yang dilinungi dan berlokasi di Kabupaten Natuna, Kepulauan Riau, Indonesia.

Beberapa hewan langka yang ada di Cagar Alam Pulau Laut adalah Singapuar, Burung serindit Melayu, dan sejenis primata bernama kekah Natuna. Selain itu juga terdapat ikan langka, yaitu ikan Napoleon

**

Itulah Tadi Daftar Cagar Alam Yang Ada Di pulau sumatera Indonesia. Kamu Pernah Berkunjung Ke Cagar Alam Yang Mana?

Leave a Reply

avatar
  Subscribe  
Notify of