KATA OMED

Jadwal Kapal Pelni KM Sirimau dari Tual ke kalabahi Alor dan Tual ke Kupang

Selain melayani rute-rute kekota Maluku dan ke Papua, pelabuhan dari kota Tual juga melayani rute ke provinis Nusa Tenggara Timur yakni melalui kota Kalabahi Alor dan Kota Kupang. Kota Tual pernah menjadi bagian dari Kabupaten Maluku Tenggara  sebelum akhirnya memisahkan diri menjadi kota Sendiri.

Kota Tual yang merupakan daerah kepulauan, keadaan ini menuntut adanya sarana transportasi laut yang memadai. Jumlah penduduk Kota Tual hingga juni 2010 berdasarkan data dari Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil Kota Tual adalah sebesar 70.367 jiwa dan tingkat kepadatan penduduk sebesar 15 jiwa/Km2 dengan perincian sebaran penduduk terbesar berada di Kecamatan Pulau Dullah Selatan dan sebaran penduduk terkecil berada di Kecamatan Pp. Kur.

Kota Tual Maluku – foto TravellersID

Penduduk asli Kabupaten ini adalah suku Kei, disamping orang-orang asal daerah lain yang menetap di kabupaten ini, misalnya orang asal Jawa, Bugis dan Makasar serta Buton dan Ambon yang menetap sebagai pedagang (wikipedia).

Baca Juga :

Berikut ini jadwal keberangkatan kapal Pelni dan harga tiket maupun rutenya dari Pelabuhan Tual  ke Alor atau Kalabahi dan tual ke Kupang.

TUAL – KUPANG

Kota Kupang adalah sebuah kotamadya dan sekaligus ibu kota provinsi Nusa Tenggara Timur, Indonesia. Kotamadya ini adalah kota yang terbesar di Pulau Timor yang terletak di pesisir Teluk Kupang, bagian barat laut pulau Timor. Dikota ini ada sebuah pelabuhan besar bernama pelabuhan Tenau yang melayani penyebrangan antara pulau baik di NTT maupun ke provinsi lainnya.

Kupang dari ketinggian – foto wikipedia

Berikut ini jadwal keberangkatan kapal pelni dari Tual ke kota Kupang melalu pelabuhan tenau Kupang.

Rute pelayaran : TUAL – SAUMLAKI – KALABAHI – TENAU (KUPANG)
Nama Kapal : KM.SIRIMAU
Berangkat dari pelabuhan Tual Maluku: 05-07-2019 pukul 21:00
Tiba di lelabuhan Tenau Kupang: 09-07-2019 pukul 05:00
Harga Tiket Km Sirimau dari Tual ke Kupang : Penumpang Dewasa Rp 390.500 dan Penumpang Balita Rp 45.000

TUAL – KALABAHI ALOR

Kalabahi adalah ibu kota Kabupaten Alor, Provinsi Nusa Tenggara Timur (NTT). Kota ini terletak di bagian dalam Teluk Mutiara (dulu bernama Teluk Kalabahi) dan memiliki pelabuhan alam sendiri. Sebagai pelabuhan alam, Pelabuhan Kalabahi telah menjadi pelabuhan penting bagi lalu-lintas barang dan penumpang dari awal berdirinya. Pelabuhan ini sekarang melayani arus lalu lintas laut bagi kapal-kapal penumpang, niaga dan kargo, disamping juga armada perahu layar tradisional dan perahu layar motor.

Baca Juga :

Kota Kalabahi Alor – foto CruiseMapper

Sebagian besar kegiatan arus lalu lintas laut di pelabuhan ini dilayani oleh armada Pelni dan ASDP Indonesia Ferry. Semua kapal ini secara regular beroperasi menghubungkan Kalabahi dengan desa-desa pantai di kabupaten Alor, kota-kota lain di Provinsi NTT dan berbagai pelabuhan lainnya di Indonesia (wikipedia).

Berikut ini jadwal keberangkatan kapal pelni dari Tual ke kota Kupang melalu pelabuhan kot aKalabahi Alor.

Rute pelayaran : TUAL – SAUMLAKI – KALABAHI
Nama Kapal pelni: KM.SIRIMAU
Berangkat dari pelabuhan tual Ambon : 05-07-2019 pukul 21:00
Tiba di Kalabahi Alor : 08-07-2019 Pukul 14:00
Harga Tiket Km Sirimau dari Tual ke Kalabahi Alor : Dewasa Rp 325.500 dan Balita Rp 39.000

Baca Juga :

Pelabuhan Tual – foto @sandalbusu

CATATAN PENTING

1. Harga, Jadwal Kapal dapat berubah sewaktu2 disesuaikan Keadaan dan waktu.
2. Jika kalian tahu ada update atau perubahan terbaru baik harga tiket maupun Jadwal kapal, silahlan komen dibawah ini agar bisa segera saya update juga.
3. Tetap hati-hati dan selalu waspada selama diperjalanan. Jangan gampang terbujuk rayu oleh orang yang menawarkan bantuan Apalagi menerima ajakan dan tawaran orang gak dikenal.
4. Biar hemat bawa makanan atau minuman saja dari luar dan bisa kalian makan saat sudah berada diatas kapal. Dikapal Pelni ada air panas gratis kok jadi bisa nyeduh kopi atau mie instan.
5. Jadwal kapal diatas hanya contoh Sebagian saja. Untuk Jadwal lengkap dan realnya silahkan dicek disitus pelni.co.id
6. Jika ingin menanyakan jadwal dan rute lebih lanjut, silahkan tulis dikolom komentar nanti saya balas.

Share Artikel ini lewat
  •  
  •  
  •  
  •  

Leave a Reply

avatar
  Subscribe  
Notify of