KATA OMED

Melihat Sejarah Istana Kuning, Sisa Peninggalan Kerajaan kutaringin

Setelah puas menikmati alam Kalimantan dan melihat penangkaran orang utan di kawasan Taman Nasional Tanjung Puting, esok harinya saya kembali menikmati liburan dengan berwisata sejarah dan budaya ke Istana Kuning.

Istana yang masih kokoh berdiri ditengah pusat kota Pangkalanbun ini menyimpan banyak jejak sejarah peradaban dan masa kejayaan Kerajaan Kesultanan Kutaringin.

Istana Kuning di kota Pangkalan Bun

Sejarah menceritakan jika Istana Kuning merupakan Istana Kerajaan pada masa Kesultanan Kutaringin. Istana Kuning sendiri menjadi salah satu istana yang ada dikawasan kalimantan khususnya daerah Kabupaten Kota Waringin Kalimantan Tengah. Istana kuning ini berada di tengah kota Pangkalanbun dan bersebelahan dengan lapangan tugu atau Tugu Adipura.

Beberapa design berbeda pada Istana Kuning kerajaan Kutaringin

Monumen prasasti di Pintu masuk Istana Kuning

Saya sempat masuk dan berkeliling istana dipandu oleh seorang guide Istana Kuning yang menjelaskan asal usul dan sejarah tentang istana ini. Beliau juga mengatakan jika Istana ini cukup unik karena terdiri dari empat bangunan yang memilki ciri berbeda yaitu Gerbangnya atau pintu masuknya seperti bangunan China, Lalu ada Bangunan Dayak dan ada juga Bangunan Melayu. Hal ini tak terlepas dari asal usul istri Raja yang berlatar belakang berbeda.

Beberapa Raja yang ada di Istana Kuning

Koleksi istana Kuning

Ruangan dan Koleksi Istana Kuning

Ada beberapa ruangan yang ada di Istana Kuning seperti Bangsal yang digunakan sebagai tempat penerimaan tamu kerajaan, Rumbang sebagai tempat raja bersemedi, Dalem Kuning yang difungsikan sebagai pusat pemerintahan, dan tempat tinggal raja dan Pedahiran sebagai ruang makan kerajaan.

Ruang dalam Istana kuning di Pangkalanbun

Meriam di depan Istana Kuning

sekitar tahun 1986 istana Kuning pernah di bakar oleh seorang wanita gila bernama Draya dan tidak meninggalkan satu barang pun. Namun akhirnya warga dan pemerintah setempat mulai sadar akan kewajiban menjaga dan melestarikan sejarah hingga akhirnya membangun kembali replika istana kuning pada tahun 2000 silam.

Lorong Bagian Dalam Istana Kuning

Buat kamu yang ingin kesini jangan lupa selalu menjaga sikap dan perbuatan selama diistana. Oh ya ada hal yang menarik disini seperti salah satunya Pohon sawit dan tiang bendera yang sudah ada sejak puluhan tahun lalu sebelum istana kuning terbakar dan masih kokoh berdiri. Bahkan pohon sawitnya masih terus tumbuh dilindungi oleh pohon beringin yang juga ikut tumbuh mengelilingi pohon sawit ini.

Share Artikel ini lewat
  •  
  •  
  •  
  •  

Omed

Bapaknya komunitas Backpacker Jakarta yang hanya ingin menceritakan pengalaman saya berkeliling Indonesia selama 360 Hari ke 34 Provinsi dan lebih dari 380 Kabupaten atau kota se Indonesia. Jangan lupa Follow Instagram @kataomed untuk melihat aktivitas dan keseharian saya

Leave a Reply

avatar
  Subscribe  
Notify of