Curug Ciangin, Air Terjun Paling Sejuk di Subang

Subang, kabupaten di Jawa Barat yang dijuluki kota nanas. Selain berpotensi di bidang ekonomi dan perkebunan, Subang juga memiliki potensi di bidang lain, lho. Di bidang pariwisata, Subang tidak kalah unggul. Satu di antaranya adalah Curug Ciangin. Katanya, sih, kalau ke sini pasti hati jadi adem. Kok bisa, ya?

image source: Google Review/CuacaKaca Kania

 

Hampir di setiap daerah di Indonesia, pasti ada daya tarik wisata. Tidak terkecuali Jawa Barat.

Jawa Barat, provinsi yang berada di sebelah Jawa Tengah ini termasuk provinsi yang kaya akan objek wisata. Tidak sedikit orang dari provinsi lain, bahkan luar Jawa, yang mengantre untuk mengunjungi objek-objek wisata di Jawa Barat.

Satu di antaranya adalah wisata alam Curug Ciangin. Berada di Subang, wisata ini lebih dikenal dengan nama “Curug Ciangin Muara Jambu”.

Terkenal sejak 2015, curug ini semakin diminati turis lokal hingga luar Subang. Seindah apa, ya?

 

Nama Ciangin

Asal mula nama Ciangin ini terbilang unik, lho.

Kata pengelolanya, aliran deras air curug ini bisa menimbulkan hembusan angin ke sekitarnya. Karena itulah warga sekitar memberi nama Ciangin, yang maksudnya berangin.

Hal ini juga yang dirasakan oleh wisatawan Curug Ciangin. Jadi, tidak heran jika mereka menyebut wisata alam ini sebagai curug paling sejuk di Subang.

images source: Google Review/Upuy 99

 

Top 10 Wisata Jawa Barat

Curug Ciangin berada di Desa Cibeusi , Kecamatan Ciater, Kabupaten Subang. Ketika Anda menuju wisata curug ini, sepanjang mata Anda memandang akan tampak keasrian dan kehijauan alam pedesaan.

Keindahan tersebutlah yang membuat semakin banyak pengunjung yang datang ke Curug Ciangin. Meski baru resmi dibuka 2015 silam, wisata alam yang indah ini sempat menjadi Top 10 Wisata Desa di Provinsi Jawa Barat, lho.

 

Baca juga: 6 Tempat Wisata Di Bandung Barat

 

Berwisata dan Berkemah

Berada di dekat sungai, area wisata Curug Ciangin sangat cocok untuk dijadikan lokasi camping atau berkemah.

Karenanya, pengelola wisata ini juga menyediakan fasilitas berkemah untuk pengunjung dari berbagai kalangan, baik sekolah hingga lembaga lainnya.

Aliran sungai yang jernih, udara yang sejuk, dan pesawahan yang hijau membuat area perkemahan ini populer.

Tidak hanya camping ground, pihak pengelola juga menyediakan fasilitas penginapan bagi rombongan wisatawan yang ingin bermalam di Curug Ciangin. Harganya mulai dari Rp 195.000,-/orang, lengkap dengan tiga kali makan dan fun games yang diadakan pihak pengelola.

images source: www.naradipawisata.co.id

Air Terjun Berlantai Dua

Istilah dua lantai tidak hanya bisa dipakai untuk rumah, lho, travellers. Curug Ciangin ini bisa dibilang satu-satunya air terjun yang memiliki dua lantai di Subang.

Maksudnya, jika Anda berkunjung ke sini, Anda bisa menikmati air terjun dari atas maupun dari bawah.

Di lantai pertama, Anda bisa menikmati air terjun dengan aliran air yang lebih pendek dengan danau kecil yang menampung aliran air dari curug. Kedalaman danau ini sekitar 4 – 5 meter, jadi Anda harus berhati-hati jika ingin berenang di area tersebut.

Beda lagi di lantai kedua, Anda bisa mencoba sensasi melompat dari ketinggian 9 meter. Untuk bisa merasakan sensasi lompatan dari air terjun, Anda diwajibkan untuk menggunakan pelampung.

Dari lantai kedua inilah aliran airnya menjadi deras dan menciptakan hembusan angin yang sejuk.

images source: Google Review/Ibeth Bethi

Baca juga: Berburu Keeksotisan Air Terjun Karang Bolong di Pacitan

 

Fasilitas dan Harga Tiket

Jika Anda sekadar berkunjung ke Curug Ciangin, Anda perlu bersiap-siap, ya. Mengapa?

Karena di area ini belum ada toilet khusus untuk pengunjung maupun musala. Namun karena dekat dengan rumah warga, jika benar-benar membutuhkan, Anda bisa meminta tolong kepada mereka atau pengelola.

Sedangkan untuk kuliner, jangan terlalu khawatir, travellers. Karena di area curug ini sudah ada beberapa warung yang menjual makanan untuk pengunjung.

Satu jenis makanan yang patut Anda coba adalah nasi liwet. Menu nasi liwet yang dijual biasanya sudah cukup untuk 12 porsi lengkap beserta lauk yang enak.

Pasti menyenangkan bisa makan nasi liwet bersama kerabat dan keluarga sambil menikmati suasana pedesaan dan kesejukan Curug Ciangin.

Bagaimana dengan harga tiket masuknya?

Seperti wisata lokal pada umumnya, wisata curug ini murah meriah. Untuk bisa masuk ke area Curug Ciangin Anda hanya perlu membayar Rp 15.000,- saja.

 

Rute Menuju Curug Ciangin

Bagi Anda yang berasal dari luar Subang, Anda bisa mengambil rute dari arah Bandung untuk bisa mencapai lokasi wisata ini, yakni Kampung Neglasari. Dari Kota Bandung, butuh waktu 1,5 jam untuk bisa sampai ke Ciater. Dari arah Kota Bandung, Anda bisa melewati pintu masuk Sari Ater Hot Spring Resort. Kemudian, Anda akan melewati jalanan yang dekat dengan pemukiman warga.

Semakin dekat, Anda akan menjumpai perkebunan sayur, bungan, dan pepohonan rindang. Tandanya, lokasi Curug Angin sudah semakin dekat.

Sekitar 15 – 20 menit Anda akan melewati pemukiman padat penduduk. Setelah itu, Anda akan menemukan papan tanda bertuliskan “Curug Ciangin”. Berjalan kaki sekitar 10 menit, Anda akan sampai di Curug Ciangin.

images source: Google Review/Upuy 99

Baca juga: Bukit Seribu Bintang Kuningan

 

Bagaimana?

Tertarik untuk datang,  travellers?

Jangan lupa untuk selalu jaga kebersihan objek wisata, gunakan fasilitasnya sebaik mungkin, dan senantiasa awasi anak-anak Anda, ya.

Semoga liburan Anda menyenangkan, travellers!

 

Baca juga artikel menarik kami lainnya, ya 😊

 

You may also like...

Leave a Reply

avatar
  Subscribe  
Notify of